fbpx

Percakapan Bahasa Inggris Tentang Asking For and Giving Help

Gede Murta

Tolong menolong adalah salah satu budaya yang kita kenal sejak dulu.  Hal tesebut tercermin pada budaya gotong royong yang sudah turun temurun kita lakukan.

Apabila ada seseorang baik yang kita kenal maupun tidak, selama dia memang membutuhkan pertolongan dan kita mampu untuk menolongnya, tidak ada salahnya jika kita memberikan bantuan.

Begitupun sebaliknya, jika kita memerlukan bantuan, tak hayal kita juga akan meminta bantuan.

Nah, dalam Bahasa Inggris, meminta dan memberi bantuan disebut dengan asking for and giving help. Secara umum, tentunya kalian pasti tahu kan bagaimana cara meminta dan memberi bantuan.

Adakah yang tahu bagaimana caranya meminta dan memberikan bantuan dalam Bahasa Inggris?

Bagi yang masih bingung, disimak baik-baik ya 3 contoh percakapan Bahasa Inggris tentang asking for and giving help beserta artinya dibawah ini.

Percakapan 1

Shanti : Rina, are you free this evening? (Rina, apakah kamu memiliki waktu luang sore ini?).

Rina : Yes, I don’t have any plan to go out. What’s going on? (Ya, aku tidak memiliki rencana untuk pergi keluar . Ada apa?).

Shanti : Could you help me for a second? (Bisakah anda membantu saya sebentar?).

Rina : Sure. I would love to. What can I do for you Shanti? (Tentu saja. Saya akan senang membantu. Apa yang bisa saya lakukan untukmu Shanti?).

Shanti : Yesterday, my English teacher gave me a task, but I really don’t understand it. I need your help. (Kemarin, guru Bahasa Inggrisku memberi sebuah tugas, namun aku sungguh tidak memahaminya. Aku butuh bantuanmu). 

Rina : Okay. No problem. What is it about? (Oke. Tidak masalah. Tentang apa?)

Shanti : It is about simple present tense. I’m still confused. (Tentang simple present tense. saya masih bingung).

Rina : Just come to my house Shanti. What time will you come this evening? (Datang saja kerumahku Shanti. Jam berapakah kamu akan datang sore ini?).

Shanti : Maybe around 7 P.M. Is that okay? (Mungkin sekitar jam 7 malam. Apakah tidak masalah?)

Rina : Yes, that’s okay. (Ya, tidak masalah).

Shanti : Thanks Rina. See you. (Terima kasih Rina. Sampai jumpa).

Rina : You are welcome Shanti.  (Terima kasih kembali Shanti).

 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

Percakapan 2

Mom : Are u busy Rio? (Apakah kamu sibuk Rio?).

Rio : No, I’m not Mom. What’s the matter? (Tidak, saya tiduk sibuk Bu. Ada apa?).

Mom : I want to make pizza for us, but unfortunately we run out of flour. Could you give me a hand to buy some flour? (Ibu ingin membuat pizza untuk kita, tapi sayangnya kita kehabisan tepung. Bisakah kamu membantu Ibu untuk membeli tepung?).

Rio : Yay! I like pizza.  Let me help you to buy some flour, Mom. (Yay! Saya suka Pizza. Biarkan aku menolongmu untuk membeli tepung Bu).

Mom : Thank you, my son. You can buy it in the market. (Terima kasih anakku. Kamu bisa membelinya di pasar).

Rio : Sure Mom. I will go now. (Tentu Bu. Saya akan pergi sekarang).

Mom : Alright, please be careful. (Baiklah, tolong berhati-hati).

Rio : Okay Mom. (Baik Bu).

Percakapan 3

Dimas : Hi Bob. (Hai Bob).

Bobi : Hi Dimas. (Hai Dimas).

Dimas : I came to your house yesterday, but you were not there. (Kemarin aku datang kerumahmu, namun kamu tidak ada disana).

Bobi : Yeah, I had an appointment to play futsal with my friends. I thought you wouldn’t come to my house yesterday because you didn’t tell me before. (Ya, aku punya sebuah janji untuk bermain futsal dengan teman-temanku. Aku pikir kamu tidak akan datang kerumahku kemarin karena kamu tidak ada memberitahu sebelumnya).

Dimas : I went to my friend’s house and i passed yours. So I just stopped by. Do you still have the football game? (Aku pergi kerumah temanku dan itu melewati rumahmu. Jadi aku singgah. Apakah kamu masih memiliki permainan sepakbola?).

Bobi : Oh, I see. If you want to come, I am available this evening. Yes, I still have it. What’s up? (Oh begitu. Jika kamu ingin datang, aku ada sore ini. Ya, aku masih punya. Ada apa?).

Dimas : Alright Bob. I will come this evening. Yeah, I want to play it too. If you don’t mind, can you help me to install the game? (Baiklah Bob. Aku akan datang sore ini. Ya, aku ingin memainkannya juga. Jika kamu tidak keberatan, bisakah kamu menolongku untuk menginstal permainannya?).

Bobi : Yes, sure. Let me give you my hand to install it. (Ya, tentu saja. Biarkan aku membantumu untuk menginstalnya).

Dimas : Thank you very much Bob. Can’t wait to play it. (Terima kasih banyak Bob. Tidak sabar untuk memainkannya).

Bobi : Let’s play together then while waiting for the installation process. (Ayo kita mainkan bersama sementara kita menunggu proses penginstalannya).

Dimas : Yeah, great idea. (Ya, ide yang bagus).

Alright guys, itu dia 3 contoh percakapan tentang asking for and giving help. Setelah membaca percakapan diatas pastinya kalian lebih paham kan dengan penggunaan ungkapan asking for and giving help.

Nah, jika kalian ingin mempelajari contoh-contoh percakapan lainnya secara lebih eksklusif, yuk gabung segera dengan English Café Bali.

English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang berlokasi di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Let’s join and study with EC guys!

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Tentang Offering Help Beserta Artinya

Baca Juga : Mengucapkan Selamat Dalam Bahasa Inggris

Baca Juga : Ungkapan Bahasa Inggris Tentang Meminta, Memberi dan Menawarkan Bantuan

Baca Juga : Mengungkapkan Rasa Simpati Dalam Bahasa Inggris

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Asking dan Giving Opinion

Leave a Comment