maxresdefault (1)

Bahasa Inggris kadang cukup sulit untuk dimengerti. Seringkali kita membuat kesalahan hanya karena perbedaan makna dan fungsi sebuah kata. Contohnya adalah kata for dan to. Kedua kata ini kadang membuat orang yang sedang belajar bahasa Inggris kebingungan. Kapan saya harus menggunakan to atau for? Padahal artinya ‘kan sama-sama ‘untuk’. Perbedaannya akan lebih jelas jika kita gunakan kalimat untuk menjelaskan fungsinya masing-masing. Daripada berlama-lama, yuk kita lihat perbedaannya!

Prepositions Fungsi dan Contoh kalimat
For
  • Untuk menunjukkan cara penggunaan sesuatu. Contoh: “This place is for exhibitions and shows.”, “I baked a cake for your birthday.”, “I put a note on the door for privacy.”
  • Untuk menyatakan alasan (diikuti kata benda). Contoh: “Let’s go for a drink!”, “I’m going out for an hour.”, “I’m so happy for you.”
  • Untuk menunjukkan waktu atau durasi. Contoh: (“This is what I have for today.”, “We have lived here for 2 years.”, “I attended the university for one year only.”
  • Untuk menyatakan jadwal. Contoh: “I made an appointment for May 2.”, “I have set up the meeting for June 6.”, “Jim has booked a table in the restaurant for tonight.”
  • Untuk menyatakan fungsi suatu hal (diikuti kata kerja bentuk –ing). Contoh: “A ladle is a big spoon used for serving soup.”, “This mat is only for doing yoga exercise.”, “That pan is for cooking only.”
To
  • Untuk menyatakan pergerakan seseorang atau sesuatu menuju tempat lainnya. Contoh: “I’m heading to the entrance of the building.”, “The package was mailed to Mr. Kim yesterday.”, “All of us will go to the movie theater tomorrow.”
  • Untuk menyatakan alasan (diikuti kata kerja). Contoh: “I came here to see you.”, “I asked you to write this letter.”, “My father wants to build a house by the lake.”
  • Untuk menunjukkan batas atau titik akhir suatu hal. Contoh: “The snow has piled up to the roof.”, “The stock prices rise up to 100 dollars.”, “The package could be delivered up to three days.”
  • Untuk menunjukkan waktu atau periode waktu. Contoh: “My working hours start from nine to five.”, “It is now ten to five (04.50).”, “It is a quarter to two (01.45).”
  • Untuk membandingkan sesuatu (menggunakan prefer). Contoh: “I prefer sleeping to working.”, “She prefers cooking to buying food.”, “Her Father prefers building a house to buying one.”

 

Penjelasan diatas tadi itu hanya untuk menjelaskan beberapa perbedaan penggunaan to dan for. Coba sekarang kita lihat perbandingan kalimat di bawah ini agar perbedaannya terlihat semakin jelas.

To For
My friend brought lunch to me.

 

Teman saya membawakan makan siang untuk saya (teman saya yang membawakan sendiri makan siang itu kepada saya).

My friend brought lunch for me.

 

Teman saya membawakan makan siang untuk saya (makan siang itu dibelikan oleh teman saya).

 

I made a quick phone call to my Mom.

 

Saya membuat sebuah panggilan cepat ke ibu saya (saya menelepon ibu saya dan saya yang berbicara dengannya).

I made a quick phone call for my Mom.

 

Saya membuat sebuah panggilan cepat untuk ibu saya (saya yang membuat panggilan itu – karena ibu saya tidak bisa menggunakan handphone – lalu ibu saya yang berbicara).

 

Yang harus kamu ingat adalah, bahasa Inggris itu tidak bisa diterjemahkan per kata. Terkadang yang menyebabkan kalimat memiliki arti berbeda adalah adanya frase atau idiom. Bahasa Inggris itu sebenarnya mudah dipelajari. Yang menyebabkan orang menganggap bahasa Inggris sulit adalah orang itu sendiri; apakah dia berniat untuk bisa berbahasa Inggris atau tidak? Jika kamu mau belajar bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan menyenangkan, join di English Café yuk! Tunggu apalagi? Segera hubungi (0361) 481910 untuk informasi lebih lanjut! 🙂

By | 2017-05-16T16:40:53+00:00 June 3rd, 2016|Categories: Artikel Terbaru, Perbandingan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment