fbpx

Perbedaan To dan For Beserta Contohnya

Gede Murta

Terkadang memang bahasa Inggris cukup sulit untuk dimengerti. Seringkali kita membuat kesalahan hanya karena perbedaan makna dan fungsi dari hanya sebuah kata. Contohnya adalah kata for dan to. Kedua kata ini serupa tapi tak sama sehingga kadang membuat orang yang sedang belajar bahasa Inggris mengalami kebingungan. Kebingungan biasanya melanda ketika kapan saya harus menggunakan to atau for padahal artinya ‘kan sama-sama ‘untuk’. Perbedaannya akan lebih jelas jika kita gunakan dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan fungsinya masing-masing. Daripada berlama-lama, yuk kita lihat tabel dibawah ini tentang perbedaan to dan for!

Prepositions

Fungsi dan Contoh kalimat

For
  • Untuk menunjukkan cara penggunaan sesuatu, contoh: “This place is for exhibitions and shows.”, “She baked a cake for your birthday.”, “I am happy for you”
  • Untuk menyatakan alasan (diikuti kata benda), contoh: “Let’s go for a drink!”, “I’m going out for an hour.”, “I’m going to make pasta for tonight”
  • Untuk menunjukkan waktu atau durasi, contoh: “This is what I have for today.”, “We have lived here for 2 years.”, “Thalia has attended the class for an hour”
  • Untuk menyatakan jadwal, contoh: “The doctor made an appointment for May 2.”, “Zara has set up the meeting for June 6.”
  • Untuk menyatakan fungsi suatu hal (diikuti kata kerja bentuk –ing), contoh: “A ladle is a big spoon used for serving soup.”, “This mat is only for doing yoga exercise.”
To
  • Untuk menyatakan pergerakan seseorang atau sesuatu menuju tempat lainnya. Contoh: “The Lim family is heading to the entrance of the building.”, “The package was mailed to Mr. Kim yesterday.”, “All of us will go to the movie teather.”
  • Untuk menyatakan alasan (diikuti kata kerja). Contoh: “Budi came here to see you.”, “He asked you to write this letter.”, “My father wants to build a house.”
  • Untuk menunjukkan batas atau titik akhir suatu hal. Contoh: “The snow has piled up to the roof.”, “The stock prices rise up to 100 dollars.”, “The package could be delivered up to three days.”
  • Untuk menunjukkan waktu atau periode. Contoh: “My working hours start from nine to five.”, “It is now ten to five (04.50).”, “It is a quarter to two (01.45).”
  • Untuk membandingkan sesuatu (menggunakan prefer). Contoh: “Diana prefers sleeping to working.”, “Fania prefers cooking to buying food.”, “Her father prefers building a house to buying one.”

Baca juga:

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Tabel diatas merupakan penjelasan mengenai beberapa perbedaan penggunaan to dan for. Coba sekarang kita lihat tabel dibawah ini mengenai perbedaannya dalam kalimat agar  terlihat semakin jelas dan kalian tidak bingung lagi.

To (in a sentence)

For (in a sentence)

My friend brought lunch to me.

 

Teman saya membawakan makan siang untuk saya (teman saya yang membawakan sendiri makan siang itu kepada saya).

My friend brought lunch for me.

 

Teman saya membawakan makan siang untuk saya (makan siang itu dibelikan oleh teman saya).

 

I made a quick phone call to my Mom.

 

Saya membuat sebuah panggilan cepat ke ibu saya (saya menelepon ibu saya dan saya yang berbicara dengannya).

I made a quick phone call for my Mom.

 

Saya membuat sebuah panggilan cepat untuk ibu saya (saya yang membuat panggilan itu – karena ibu saya tidak bisa menggunakan handphone – lalu ibu saya yang berbicara).

Yang harus kamu ingat adalah bahwa bahasa Inggris tidak bisa diterjemahkan kata per kata. Terkadang yang menyebabkan kalimat memiliki arti berbeda adalah adanya frase atau idiom. Yang menyebabkan orang menganggap bahasa Inggris sulit adalah orang itu sendiri; apakah dia berniat untuk bisa berbahasa Inggris atau tidak? Nah sekarang saatnya kalian mempraktekkan contoh-contoh diatas ya. Kalian bisa mempraktekkan perbedaan to dan for dalam percakapan sehari-hari lho baik dengan teman ataupun sanak saudara keluarga agar kemampuan berbicara bahasa Inggris kalian meningkat. Good luck and happy studying!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp 087838733111, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Leave a Comment