Jika dilihat sekilas, kata “maybe” dan “may be” terlihat tidak memiliki perbedaan atau mirip.  Adakah yang suka bingung dengan perbedaan kedua kata tersebut guys? Nah, kedua kata tersebut meskipun memiliki bentuk yang hampir sama, memiliki penggunaan yang berbeda. Agar kalian tidak kebingungan lagi, yuk simak perbedaan penggunaan “maybe” dan “may be” lengkap dengan contoh kalimatnya berikut ini.

MAYBE 

Maybe memiliki arti mungkin dan digunakan untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang mungkin terjadi. Kata tersebut merupakan suatu adverb atau kata keterangan yang memiliki fungsi hampir sama dengan perhaps atau probably (kalian bisa membaca perbedaan maybe, perhaps, dan probably di website English Café Bali). Kata maybe bisa diletakkan di awal, tengah, maupun akhir suatu kalimat dan bisa diikuti oleh kata kerja (verb).

Berikut contoh kalimatnya:

  • Maybe it will rain tonight. (Mungkin akan hujan malam ini).
  • Tania looks pale. Maybe she didn’t sleep well last night. (Tania terlihat pucat. Mungkin dia tidak tidur nyenyak tadi malam). 
  • Maybe you should get another job. (Mungkin kamu harus mencari pekerjaan lain).
  • They are maybe playing futsal right now. (Mereka mungkin bermain futsal sekarang).
  • Maybe I will go for swimming tomorrow. (Mungkin aku akan pergi berenang besok).

 

Jika kamu kamu ingin penjelasan lebih detail dengan sistem belajar mengajar yang efektif dan fun, yuk tanya tanya kursus bahasa inggris bersama kami di sini. 

Tanya kursus

 

MAY  BE

Kata may be terdiri dari dua kata yaitu kata may yang berfungsi sebagai modal dan be yang merupakan auxiliary verb. May be memiliki arti mungkin dan bisa digunakan untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang mungkin terjadi. Berbeda dengan kata maybe, penempatan may be dalam suatu kalimat adalah setelah subjek. May be bisa diikuti oleh kata sifat (adjective), kata benda (noun), gerund (V1+ing), dan kata kerja bentuk ketiga (verb 3). 

Berikut contoh kalimatnya:

  • Putri may not be at your party tonight because she is busy. (Putri mungkin tidak ada di pestamu malam ini karena dia sibuk).
  • He may be waiting for us (Bisa jadi dia sedang menunggu kita) 
  • I may be at home around 7 PM. (Saya mungkin ada dirumah sekitar jam 7 malam).
  • Toni was sick yesterday so he may be absent from work today. (Toni sakit kemarin jadi dia mungkin tidak masuk kerja hari ini).
  • She may be a lecturer in that university. (Dia mungkin adalah seorang dosen di universitas itu).

Okay guys, itu dia penjelasan mengenai perbedaan kata “maybe” dan “may be” lengkap beserta contoh kalimatnya. Apakah sekarang sudah lebih paham? Jika sudah, yuk coba buat contoh kalimat masing-masing menggunakan kedua kata tersebut. Jika kalian berencana untuk menambah wawasan bahasa Inggris kalian, yuk gabung segera dengan English Café Bali. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon di nomor (0361) 481910 atau WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!