fbpx

Perbedaan Kata Look For, Look After, Look Into, dan Look Up Beserta Contoh Kalimatnya

Gede Murta

Perbedaan kata yang memiliki makna hampir sama dalam Bahasa Inggris terkadang membuat kita menjadi bingung. Suatu kata yang sama bisa saja memiliki penggunaan dan juga arti yang berbeda apabila ditambahkan dengan suatu kata lain seperti ditambahkannya suatu preposisi/ kata depan pada kata tersebut. C

ontohnya saja kata look yang merupakan kata kerja dan memiliki arti melihat. Perbedaan kata dengan kata look seperti look for, look after, look into, dan look up merupakan yang cukup membingungkan.

Kata look bisa dikombinasikan dengan beberapa preposisi dan tentunya akan memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda. Contohnya saja kata look ditambahkan dengan preposisi for, after, into, dan up maka akan menjadi look for, look after, look into, dan look up.

Nah guys, tentunya keempat kata tersebut memiliki arti dan fungsi atau penggunaan yang berbeda dibandingkan dengan kata look tanpa tambahan preposisi. Supaya tidak bingung membedakannya, mari simak artikel English Cafe Bali kali ini tentang perbedaan kata look for, look after, look into, dan look up beserta contoh kalimatnya.

1. Look for

Kata ini terbentuk dari kata kerja look dan diimbuhkan preposisi for. Look for berarti melihat untuk mencari suatu hal. Semisal kita kehilangan ataupun mencari sesuatu yang kita inginkan.

Contoh kalimatnya:

  • Tina is looking for a new handphone because hers is broken. (Tina sedang mencari telepon genggam yang baru karena punyanya rusak).
  • I’m looking for my dog, have you seen it? (Aku sedang mencari anjingku, apakah kamu pernah meilhatnya?).

2. Look after

Kata look after disini memiliki arti melihat untuk menjaga/ merawat/ mengawasi sesuatu. Misalkan kita meminjam suatu barang di teman kita dan kita diminta untuk menjaga/merawatnya dengan baik. Kata ini terbentuk dari kata kerja look dan ditambahkan preposisi after.

Contoh kalimatnya:

  • Could you please look after my dog while I’m away? (Bisakah kamu menjaga anjingku ketika aku pergi?).  
  • I’d love to come to your party, but tonight I have to look after my grandmother who is sick. (Aku ingin datang ke pestamu, namun malam ini aku harus merawat neneku yang sedang sakit).

3. Look into

Dalam konteks ini, kata look into diartikan sebagai menatap/melihat dengan seksama ataupun melihat sesuatu yang ada di bagian dalam. Sehingga, ketika orang meminta kita untuk melihat suatu hal menggunakan kata look into, kita harus melihatnya dengan teliti. Kata ini terbentuk dari kata kerja look yang ditambahkan dengan preposisi into.

Contoh kalimatnya:

  • I cannot find my pencil case, can you look into my bag, please? (Aku tidak bisa menemukan kotak pensilku, bisakah kamu melihat kedalam tasku?).
  • I looked into your Instagram account yesterday. Your photos are amazing. (Aku melihat akun Instagrammu kemarin. Foto-fotomu mengagumkan).

4. Look up

Kata look up memiliki arti melihat untuk menemukan/mencari suatu informasi tertentu. Semisal ketika kita mencari informasi tentang suatu barang di internet dan lain sebagainya. Kata ini terbentuk dari penambahan preposisi up setelah kata kerja look.  

Contoh kalimatnya:

  • Before I bought this laptop, I have looked it up on the internet. (Sebelum aku membeli laptop ini, aku sudah melihatnya di internet).
  • If you don’t know the meaning of the words, you may look up your dictionary. (Jika kamu tidak tahu arti katanya, kamu bisa melihat kamusmu).

Yap guys, seperti itulah perbedaan kata look for, look after, look into, dan look up. Keempat kata tersebut memiliki penggunaan yang berbeda seperti yang kalian bisa lihat pada contoh kalimat diatas. Sebelum menggunakan salah satu dari kata – kata tersebut, kita harus memahami konteks kalimat yang akan kita buat terlebih dulu agar kata yang digunakan bisa sesuai.

Apabila kalian ingin mengetahui perbedaan kata-kata lainnya dalam Bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan English Café Bali yaitu tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar. Kalian juga bisa menghubungi kami melalui nomor (0361) 481910.

Leave a Comment