fbpx

Penggunaan Kata Lend, Borrow, dan Owe Dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Penggunaan Kata Lend, Borrow, dan Owe Dalam Bahasa Inggris

Terkadang kita mengalami kesulitan dalam beberapa penggunaan suatu kata dalam bahasa Inggris. Misalnya, kata meminjam, meminjamkan, mengembalikan, dan lain sebagainya. Tentunya kita harus cermat dalam penggunaan suatu kata agar maksud dan makna kalimatnya tidak berubah. Beberapa kesulitan biasanya ditemukan dalam penggunaan kata lend, borrow, dan owe dalam bahasa Inggris. Adakah yang tahu bagaimana perbedaan penggunaan ketiga kata tersebut guys?

Nah ketika kalian meminjamkan sesuatu, kata yang kalian gunakan adalah lend. Ketika kalian meminjam sesuatu, maka kata borrow bisa kalian pakai. Sedangkan ketika kalian berhutang sesuatu, maka kata yang bisa kalian gunakan adalah kata owe. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan mengenai penggunaan kata lend, borrow, dan owe dalam bahasa Inggris berikut ini.

Penggunaan kata lend, borrow, dan owe dalam bahasa Inggris

1. Lend

Lend” berarti memberi atau meminjamkan. Jadi, kalian memberi sesuatu kepada seseorang dalam batasan waktu yang singkat dan kalian mengharapkan mereka untuk mengembalikannya segera. Dalam penggunaannya, “lend” memiliki dua objek, yaitu “you lend something to someone” atau kamu meminjamkan sesuatu kepada seseorang, dan juga “you lend somebody something” atau kamu meminjamkan seseorang sesuatu. Contohnya:

  • My brother lent $5 to me (Saudara laki-laki saya meminjamkan uang 5 dolar kepada saya).
  • My brother lent me $5 (Saudara saya meminjamkan saya uang 5 dolar).
  • Money is lent by banks to people (Uang dipinjamkan oleh bank kepada orang-orang).

Baca Juga: Perbedaan kata remind dan remember dalam bahasa Inggris

2. Borrow

Kata “borrow” berarti kalian meminjam suatu barang dari seseorang dimana kalian akan menggunakan barang tersebut dalam batasan waktu/periode tertentu. Biasanya penggunaan kata ini diawali oleh preposisi. Preposisi yang digunakan adalah “from”, sebagai contoh:

  • I borrowed $5 from my brother (Saya meminjam 5 dolar dari saudara laki-laki saya)
  • Some of his cars are borrowed from his brother (Beberapa mobil-mobilnya dipinjam dari saudara laki-lakinya).

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

3. Owe

Owe” memiliki arti sesuatu yang harus kita kembalikan setelah meminjamnya. kata “owe” merupakan hasil dari “borrowing” atau “lending”. Kata ini juga dapat memiliki dua objek, yaitu “you owe somebody something” atau kamu berhutang kepada seseorang sesuatu, dan “you owe something to somebody” atau kamu berhutang sesuatu kepada seseorang. Contoh:

  • I borrowed $5 from my brother, so I owe my brother $5 (Saya meminjam uang 5 dolar kepada saudara saya, jadi saya berhutang kepadanya sebesar 5 dolar).
  • My brother lent me $5, so I owe $5 to my brother (Saudara saya meminjamkan saya uang 5 dolar, jadi saya berhutang kepada saudara laki-laki saya sebesar 5 dolar).

Baca Juga: Inilah perbedaan kata accept dan receive

Alright guys, itu dia penjelasan mengenai lend, borrow, dan owe dalam Bahasa Inggris.  Semoga penjelasan diatas dapat membantu kalian ya yang masih bingung dengan cara penggunaan kata-kata tersebut.

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa Inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa Inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa Inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris adalah dibawah ini:

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan bahasa Inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar bahasa Inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas bahasa Inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Leave a Comment