fbpx

Penggunaan kata Choose dan Select

Gede Murta

Choose Vs. Select

Kata Choose dan Select memiliki arti yang sama yaitu “memilih”. Maka dari itu kedua kata ini sering membingungkan. Pernah ga sih kalian salah menggunakan kata-kata ini dalam membuat kalimat ? Supaya tidak salah lagi menggunakan kata-kata ini, yuk kita simak perbedaannya dalam kalimat.

 

Kata choose (verb 2 chose; verb 3 chosen) berarti memilih ( seseorang atau sesuatu ) yang terbaik atau yang paling cocok dari dua alternatif yang tersedia atau lebih.

  • Jane has to choose either Alex or Peter to be her boyfriend as soon as possible. (Jane harus memilih Alex atau Peter sebagai pacarnya secepat mungkin.)
  • We chose to buy the black car over the white car last month. ( Kami memilih untuk membeli mobil hitam dari pada mobil putih bulan lalu. )
  • They had chosen to go to Hawaii as their holiday destination this year. (Mereka sudah memilih untuk pergi ke Hawaii sebagai tempat berlibur mereka tahun ini.)

 

Kata select (verb 2 selected; verb 3 selected) berarti memilih ( seseorang atau sesuatu ) yang terbaik dengan sangat hati-hati dan dengan pertimbangan matang.

  • Jane has to carefully select the best man to be her husband. (Jane harus memilih dengan hati-hati pria yang akan menjadi suaminya. )
  • We selected these people as our team based on strict assessment. (Kami memilih orang-orang ini sebagai tim kami berdasarkan penilaian yang ketat.)
  • She has selected the best ingredients for her wedding cake. ( Dia sudah memilih bahan-bahan yang terbaik untuk kue pernikahannya. )

So, apakah kalian sudah jelas dengan perbedaan dua kata ini? Kalau sudah jelas, coba jawab soal di bawah ini.

  1. When I went to the mall last night, I was confused whether to __________ the white dress or the pink dress.
  2. Mario will have to __________ his surgery team with careful thoughts.

 

Key:

  1. Choose
  2. Select

Baca juga:

Leave a Comment