fbpx

British English vs American English

Gede Murta

Taukah kalian kalau bahasa inggris di Amerika dan Inggris itu berbeda? Sama seperti orang Indonesia dan Malaysia yang memiliki bahasa yang hampir sama, orang Amerika dan orang Inggris pun seperti itu. Gak usah takut harus belajar bahasa Inggris dua kali, karena kedua jenis Bahasa Inggris ini sebenarnya sama. Perbedaannya hanya ada di beberapa bagian saja. Mau tau? Yuk kita liat perbedaannya.

 

  1. Spelling (Ejaan)

Ada beberapa perbedaan dalam segi pengejaan, tapi tidak semua kata dalam bahasa Inggris British dan Amerika itu berbeda. British English cenderung mengguna kanejaan yang berasal dari bahasa Prancis, sedangkan American English, sistem pengejaannya mendekati cara membacanya dan membuang huruf yang tidak diperlukan.

British English

 

Colour

Favourite

Centre

Metre

Apologise

Memorise

American English

 

Color

Favorite

Center

Meter

Apologize

Memorize

  1. Pronunciation (Pengucapan atau logat)

Nah, yang ini yang paling membedakan British English dan American English. Logat orang Amerika dan orang Inggris sangat lah berbeda. Orang Amerika, selalu menyebut huruf  ‘r’  yang ada dalam sebuah kata dengan cara menggulung lidah kelangit – langit mulut dan seperti orang cadel. Sebaliknya dengan orang Inggris, mereka tidak menyebutkan huruf  ‘r’ yang ada di tengah kata atau akhir kata. Pernah nonton Harry Potterkan? Menurutkamu, logat Harry Potter, Hermione dan Ron apaya?

  1. Vocabulary

Suka sepak bola? Bahasa Inggrisnya sepak bola apa sih? Kamu menebak football? Yup, betul sekali. Tapi kalau kamu bilang ‘I love football’ ke orang Amerika, mereka akan mengira kalau kamu suka olahraga rugby ( yang menggunakan bola bulat lonjong). Did you know? Ada banyak kata-kata dalam bahasa Inggris Amerika dan Inggris yang berbeda tapi memiliki arti yang sama. Contoh lainnya adalah musim gugur (di Inggris disebut Autumn sedangkan di Amerika disebut Fall), kue kering (di Inggris disebut biscuit sedangkan di Amerika disebut cookies), celana panjang (di Inggris disebut trousers sedangkan di Amerika disebut pants). Coba tebak kata movie, apartment, dan motorbike itu British English atau American English?

 

Nah, kira-kira Bahasa Inggris mana sih yang selama ini kamu pakai? Keduanya tentunya punya keunikan sendiri. Jadi yang manapun kamu pakai, asalkan benar pengucapan dan penggunaannya, siapapun yang berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris akan mengerti maksudmu.

Baca juga:

Leave a Comment