fbpx

Pengertian Narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya

Gede Murta

Dalam Bahasa Inggris kita mengenal beberapa jenis teks yang sering kita temui pada sesi membaca/ reading. Salah satunya yang  paling sering muncul adalah Narrative text.

Nah, untuk mem-flash back ingatan kalian tentang jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris, yuk dibaca lagi artikel kami sebelumnya yang berjudul “Jenis Text dalam Bahasa Inggris”. Namun untuk artikel kali ini kita akan berfokus pada definisi/fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan dari narrative text akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Selain itu, kami juga akan memberikan satu contoh teks naratif yang bisa dibaca nantinya.

Nah bagi yang belum tahu atau masih bingung, simak baik-baik ya artikel English Cafe Bali kali ini tentang pengertian narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya.

Siapa tahu nih nantinya kalian menemukan soal terkait jenis teks berikut ini nantinya.

A. Definisi dan fungsi narrative text.

Narrative text adalah suatu jenis teks yang berupa cerita khayalan, kisah nyata yang direkayasa, atau dongeng. Narrative text menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung. Jenis teks ini bertujuan untuk menghibur pembacanya.

B. Struktur narrative text (generic structure).

Adapun struktur dari narrative text adalah sebagai berikut:

  • Orientation: pendahuluan atau pembuka yang berupa pengenalan tokoh, waktu, dan tempat.
  • Complication: pengembangan konflik atau pemunculan masalah pada cerita.
  • Resolution: penyelesaian konflik atau langkah yang diambil untuk merespons masalah.
  • Re-orientation: ungkapan – ungkapan penutup yang menunjukan berakhirnya suatu cerita. Re-orientation bersifat opsional atau tidak selalu ada pada narrative text.
  • Coda: perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran/ nilai moral yang bisa dipetik dari cerita. Coda juga bersifat opsional. 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

C. Unsur kebahasaan narrative text

Pada umumnya, narrative text memiliki unsur kebahasaan sebagai berikut:

  • Noun: pada umumnya kata benda (noun) digunakan sebagai kata ganti orang hewan, atau benda dalam cerita, misalnya stepmother, the dwarfs, carriage, dan lain-lain.
  • Past tense: narrative text menggunakan kata kerja bentuk lampau (verb 2), misalnya went, ate, met, dan lain-lain.
  • Time connective: merupakan kata penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian, misalnya after, before, after that, dan lain sebagainya.
  • Action verbs: kata kerja yang menunjukan peristiwa atau kegiatan, misalnya stayed, climbed, wrote, dan lain-lain.
  • Saying and thinking verb: kata kerja yang menunjukan pelaporan atau ujaran, misalnya said, told, thought, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia guys penjelasan mengenai definisi, fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan dari narrative text. Kalian bisa membaca satu contoh narrative text pada bacaan dibawah ini.

Contoh Teks Naratif : The Monkeys and The Cap Seller

Once, a cap seller was passing through a jungle. He was very tired and needed to rest. Then, he stopped and spread a cloth under a tree.

He placed his bag full of caps near him and lay down with his cap on his head. The cap seller had a sound sleep for one hour.

When he got up, the first thing he did was to look into his bag. He was startled when he found all his caps were not there.

When he looked up the sky, he was very surprised to see monkeys sitting on the branches of a tree, each of the monkeys is wearing a cap of on its head.

They had evidently done it to imitate him. He decided to get his caps back by making a humble request to the monkeys.

In return, the monkeys only made faces of him. When he begun to make gesture, the monkeys also imitated him.

At last, he found a clever idea. ” Monkeys are a great imitator,” he thought. So he took off his own cap and threw it down on the ground.

And as he had expected, all the monkeys took off the caps and threw the caps down on the ground. Quickly, he stood up and collected the caps, put them back into his bag and went away.

Okay guys, itu dia salah satu contoh narrative text yang berjudul “The Monkeys and The Cap Seller”.

Bagaimana ceritanya? Menarik bukan? Seperti yang kalian baca pada penjelasan diatas tadi, tujuan utama dari narrative text adalah untuk menghibur pembacanya.

Apabila kalian tertarik untuk mempelajari jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris selain narrative text, yuk buruan gabung segera dengan English Café Bali.

English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa mengubungi kami di nomor (0361) 481910.

6 thoughts on “Pengertian Narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya”

Leave a Comment