Dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa jenis teks yang sering muncul pada bagian membaca/ reading comprehension contohnya seperti descriptive text, narative text, recount text, report text, dan jenis text yang lainnya. English Café Bali sudah pernah membahas salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris yaitu narrative text. Apabila kalian lupa akan jenis teks tersebut dan ingin melihat penjelasan dan contohnya, kalian bisa membaca artikel English Cafe Bali yang berjudul “Pengertian Narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya”.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai descriptive text. Selain mengulas mengenai pengertian descriptive text dalam bahasa inggris beserta contohnya, informasi mengenai fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan dari descriptive text tersebut juga akan dibahas. Agar kalian tidak penasaran dengan descriptive text, yuk simak baik-baik artikel English Cafe Bali kali ini tentang pengertian descriptive text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya.

1. Definisi dan fungsi Descriptive text. 

Descriptive text adalah suatu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan orang, binatang, tempat ataupun suatu benda. Umumnya, yang dideskripsikan adalah bentuk, ciri, ataupun sifatnya.

2. Struktur teks (generic structure).

Adapun struktur dari descriptive text adalah sebagai berikut:

  • Identification: pengenalan objek atau hal yang akan dideskripsikan.
  • Description: penginformasian ciri-ciri objek, misalnya sifat-sifat psikologis perilaku, tampilan fisik, dan yang lainnya secara spesifik.

3. Unsur kebahasaan.

Descriptive text biasanya menggunakan unsur kebahasaan sebagai berikut:

  • Noun: kata benda yang spesifik, misalnya my best friend, my dog, Borobudur Temple, dan lain – lain. Selain itu, terkadang juga menggunakan kata benda yang mendapat pemberian kata sifat, misalnya an intelligent student dan a big garden.
  • Simple present tense: menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb1) dan juga kata kerja yang dapat menggambarkan keadaan objek atau mengisyaratkan kepemilikan, misalnya my house has 2 living rooms, Sinta is beautiful, dan lain – lain.
  • Adjective: kata sifat digunakan untuk menjelaskan objek.  
  • Figurative language: menggunakan bahasa figuratif seperti simile atau metafora sebagai cara untuk memberikan ilustrasi perbandingan, misalnya:

          My throat is as dry as a dessert (tenggorokanku sekering gurun).

         Her skin is as white as cloud and smooth as water (kulitnya seputih awan dan selembut air).

Itulah penjelasan mengenai definisi, fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan dari descriptive text. Silahkan baca salah satu contoh descriptive text pada bacaan dibawah ini untuk menambah pemahaman kalian dan cobalah untuk melihat kalimat mana yang mengandung descriptive text.

My Best Friend, Ernesto

I have a best friend. His name is Ernesto and he is my classmate. We go to school together.
Ernesto comes from an educated family. His father is a school principal and his mother is also a teacher.

He is punctual, well-educated, and has good manners. He is really hard working. He always does his homework. He is also well-dressed and well-behaved. All teachers have a high opinion of him. Ernesto has a well-built body. He is gentle but fearless. Moreover, Ernesto takes part in all sports, scout, trekking and mountaineering activities. He has a good heart and he is truthful.

He also plays the guitar, and he makes his parents very proud of him. He secures good marks and is usually top of his class in examinations. He inspires me to work harder. He keeps me away from bad company. I am happy to have such a friend.

Alright guys, itu dia sebuah contoh descriptive text yang berjudul “My Best Friend, Ernesto”. Setelah membaca contoh diatas, bisakah kalian membuat sebuat descriptive text tentang sahabat kalian? Silahkan dicoba ya guys. Apabila kalian tertarik untuk mempelajari jenis-jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris, yuk buruan gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa mengubungi kami di nomor (0361) 481910.