fbpx

Jenis Text dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Mata pelajaran bahasa Inggris menjadi salah satu momok menakutkan bagi hampir seluruh siswa SMP dan SMA, apalagi karena bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang ada di Ujian Nasional. Biasanya, yang selalu diujikan dalam beberapa soal adalah salah satu dari 13 jenis text dalam bahasa Inggris seperti Narrative, Recount, Procedure, dan berbagai jenis text lainnya.

13 Jenis text dalam bahasa Inggris atau yang disebut juga Genre dipelajari sebagai materi utama dalam bahasa Inggris khususnya oleh sekolah menengah, khususnya dalam pembelajaran Generic Structure dan Language Features yang meliputi tujuan penulis membuat text tersebut, fungsi dari masing – masing text, struktur kebahasaan serta ciri – ciri bahasa yang digunakan dalam teks tersebut. Nah, hal itulah yang menjadi pembeda dari setiap jenis text bahasa Inggris yang ada.

Jenis teks dalam bahasa Inggris secara keseluruhan berjumlah 13, namun di sekolah menengah, tidak semua teks akan dipelajari secara mendetail. 13 Jenis teks tersebut diantaranya:

  1. Narrative Text
  2. Recount Text
  3. Spoof Text
  4. Anecdote Text
  5. Procedure Text
  6. Report Text
  7. Hortatory Exposition Text
  8. Analytical Exposition Text
  9. Descriptive Text
  10. Explanation Text
  11. Discussion Text
  12. News Item Text
  13. Review Text

Saking banyaknya, pasti kalian bingung ya? 😀

Tenang, kita klasifikasikan dulu secara garis besarnya. Kalau diklasifikasikan seperti ini totalnya cuma ada tiga, kok. Apa saja itu?

Narration

Teks yang tergolong narration biasanya menceritakan sebuah peristiwa dan menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah peristiwa. Adapun teks yang masuk ke dalam jenis narration yaitu Narrative Text, Recount Text, Anecdote Text dan News Items Text.

Description

Lain halnya dengan narration, description cenderung kepada mendeskripsikan tentang suatu hal atau penggambaran sesuatu. Jenis teks yang dimaksud adalah Report Text, Descriptive Text dan Explanation Text.

Argumentation

Adapun teks yang termasuk dalam argumentation adalah Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, dan Descussion Text. Jenis teks ini lebih menekankan kepada alasan untuk mendukung atau mematahkan suatu anggapan atau fenomena yang terjadi.

Agar kalian mudah memahami jenis text tersebut, penjelasan secara rinci dapat disimak di slideshow berikut. Selamat belajar!

Leave a Comment