fbpx

Parallel Structure

Gede Murta

Ada yang pernah mendengar apa itu Parallel Structure dalam Kalimat Berbahasa Inggris / Parallel Sentence ?

parallel structure

Parallelism merupakan kata-kata yang digunakan dalam rangkaian atau kelompok yang harus mempunyai bentuk yang sama secara grammar. Paralellism diterapkan pada elemen-elemen yang dihubungkan oleh coordinate conjunction (end, or, etc). Pada saat kita menggunakan kata-kata atau frasa yang dihubungkan dengan kata penghubung dalam sebuah rangkaian, maka bentuknya harus sama secara grammar.

Maka bisa disimpulkan bahwa Parallel sentence adalah kalimat yang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki pola struktur yang sama. Misalnya, ketika kalimat tersebut menggunakan predikat dengan menggunakan pola past tense maka unsur yang lain juga menggunakan past tense. Jika menggunakan pola Adjective, maka yang lain juga mengikutinya.

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan Parallel Structure:

Dengan menggunakan Gerund:

  1. I love reading and writing
  2. My hobbies are diving, hiking, and running

Kalimat Parallel Structure Dengan menggunakan part of speech (Noun, Verb, Adjective, Adverb)

Noun:  – I have cleaned the window and the floor.

Verb: – I will write the letter and will send it tomorrow.

Adjective:  – This room is dirty and dark.

Adverb: – The students study seriously and compete fairly.

Alright guys, itu dia penjelasan mengenai kalimat menggunakan parallel structure beserta contoh penggunaannya dalam suatu kalimat. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang parallel structure diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

 

Leave a Comment