fbpx

Imperative Sentence

Gede Murta

Kalimat imperative sangat penting dalam Bahasa inggris, karena kalimat ini digunakan untuk membuat perintah. Nah, apa itu kalimat imperative (imperative senteces)? Yup! Kalimat imperative adalah kalimat perintah. Yuk kita lihat pembahasan lebih lanjut mengenai imperative sentence dibawah ini.

Imperative Sentence

Jika dilihat dari segi struktur, kaimat imperative umumnya tidak menggunakan subject “you” karena dianggap subject yang dituju sudah mengerti.

Contoh:

  1. Close the window!
  2. Switch off the light!

Nah, bisa dilihat dari contoh kalau subject “you” tidak diperlukan, karena si pembicara langsung memerintahkan ke orang yang bersangkutan.

Untuk verb-nya, yang digunakan adalah “bare infinitive” yang merupakan bentuk dasar dari verb, tanpa tambahan –s ataupun –es. Untuk membuat kalimat imperative jadi lebih sopan, kita dapat menambahkan kata “please” di awal atau di akhir kalimat. Jika imperative sentence tidak terlalu kuat, maka biasanya diakhiri oleh fullstop (titik) , namun jika melibatkan emosi yang kuat (strong emotion) maka akan diakhiri oleh exclamation mark (tanda seru).

1562703_634855544335213750-1

Macam-macam imperative sentence dan contohnya:

  1. Command (perintah)
  • Get out of here!
  • Follow me!
  1. Request (permintaan)
  • May I borrow your book?
  • Let me know about the progress.
  • Please, help me!
  1. Direction (petunjuk)
  • Put some coffee in a cup and then add some hot water.
  • Go straight ahead then turn right.

Alright guys, itu dia penjelasan mengenai imperative sentence lengkap dengan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang kalimat imperatif diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

 

Leave a Comment