fbpx

Membuat Kalimat dengan Appositive

Gede Murta

Teman-teman apakah sudah familiar dengan Appositive? Apa sih appositive itu? Bagaimana susunan kalimatnya? Well, sebelum kita membahas cara membuat kalimat dengan appositive, yuk kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan appositive.

 

What is Appositive?

Appositive adalah kata benda, frasa kata benda, atau klausa kata benda yang berada setelah atau sebelum kata benda lainnya. Appositive memiliki tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan.

maxresdefault (1)

Bentuk dan Contoh Appositive

Berdasarkan bentuknya, appositive dibagi menjadi 2 yaitu appositive sebelum noun dan appositive setelah noun.

Sebelum noun:

  1. Rosa, my friend, is an English Teacher

(Rosa, temanku, adalah seorang guru Bahasa Inggris)

  1. Nancy, Ratna’s sister, is very tall.

(Nancy, kakaknya Ratna, sangat tinggi.)

Pada kalimat di atas dapat dilihat kata yang bercetak tebal sedang mendeskripsikan, siapa si subject yang dimaksud, pada kalimat pertama dijelaskan siapa “Rosa”, dan pada kalimat kedua dijelaskan siapa “Nancy”.

 

Setelah noun:

  1. My friend, Rosa, is an English Teacher

(Temanku, Rosa, adalah seorang guru Bahasa Inggris)

  1. Ratna’s sister, Nancy, is very tall

(Kakaknya Ratna, Nancy, sangat tinggi)

Pada kalimat di atas bisa dilihat kata yang bercetak tebal lagi-lagi berperan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan, appositive terletak setelah noun dimana dijelaskan bahwa “my friend” adalah Rosa, disana diperjelas bahwa si penulis memiliki teman lebih dari satu dan yang sedang dibicarakan adalah salah satu temannya, yaitu “Rosa”. Begitupun pada kalimat kedua, disana dijelaskan “Ratna’s Sister” dimana Ratna memiliki lebih dari satu saudara perempuan, dan yang sedang dibicarakan adalah salah satu saudaranya yang bernama “Nancy”.

2D624EDD-D457-4333-89C1-33A2157B96C7

Baca juga:

Leave a Comment