fbpx

Kosakata tentang Bandara (Part II)

Gede Murta

Ada rencana berpergian keluar negeri dengan pesawat? Grogi karena kosakata tentang bandara kamu terbatas? Takut nyasar karena salah ngomong? Nah artikel ini akan membantu mengurangi rasa khawatirmu.

Bepergian kemanapun memang selalu mengasikkan, apalagi bagi yang pertama kali merasakan dag-dig-dug menjamah bandara dan bepergian ke luar negeri. Kekhawatiran akan istilah-istilah asing pasti akan selalu muncul. Jika kalian telah menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, maka tak akan ragu lagi, kalian bisa keliling dunia dengan percaya diri!

Bagian 1 sudah saya bahas disini, tapi hanya masih sebatas arti dari kosa kata. Pada bagian kedua, mari kita simak bagaimana mengaplikasikannya dalam kalimat yang biasa ditanyakan di bandara. Simak beberapa istilah berikut:

1. Do you have an e-ticket or a paper ticket?

Jika kalian ingin bepergian, ada 2 jenis tiket yang ditawarkan perusahaan penerbangan. Jika kalian membeli E-ticket (electronic ticket), berarti catatan pembelian kalian terekam dalam sistem komputer perusahaan penerbangan tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah tanda identifikasi diri kalian. Nggak ada bedanya sih dengan paper ticket. Paper ticket lebih ke dokumen fisik, seperti ketika kalian membeli tiket konser, kalau hilang ya mesti beli baru.

2. Are you checking baggage or carrying on?

Baggage adalah semua jenis barang yang kalian kemas dalam koper, tas ransel, maupun kardus-kardus. Kelebihan barang karena teman-teman banyak minta oleh-oleh? Barang-barang itu akan disimpan pada bagian kargo pesawat tersebut dan biasanya kena biaya tambahan jika melebihi kapasitas yang ditentukan. Istilah Carry-on artinya bagasi kecil yang dapat kalian bawa ke dalam pesawat, misalnya tas untuk meletakkan barang-barang berharga dan benda yang gampang kalian ambil.

3. Would you like a window or aisle seat?

Pertama kali ditawari pertanyaan seperti ini dan nggak tahu mesti jawab apa? Jika kalian adalah tipe orang yang nggak suka duduk di kursi tengah, kalian bisa pilih duduk di dekat jendela atau di kursi paling pinggir. Pilihlah window seat kalau kalian senang melihat pemandangan dari jendela, atau aisle seat jika lebih ingin mudah berdiri dan stretch your legs.

4. Here’s your boarding pass.

Kalimat di atas sering kita dengar ketika telah memasuki bandara. Boarding pass adalah dokumen yang diberikan dibandara dengan nomor tempat duduk dan informasi gerbang keberangkatan. Kalian memerlukannya untuk melewati keamanan dan memasuki pesawat.

5. Is this flight non-stop or does it have a layover?

Layover adalah pemberhentian sebelum tujuan akhir penerbangan, istilah lainnya transit. Misalnya nih mau ke Bangkok dari Bali, kadang ada penerbangan yang mesti transit dulu di Jakarta. Non-stop flight berarti penerbangan langsung ke tujuan tanpa ada pemberhentian.

6. After the security check, board your flight at gate 3.

Security check adalah proses yang paling penting di mana kalian dan tas bawaan di periksa untuk mengidentifikasi adanya benda-benda berbahaya yang kalian bawa atau nggak (duh, amit-amit deh jangan sampai bawa barang aneh-aneh ya!). Setelah melewati proses itu, kalian langsung menuju gate yang diinformasikan. Gate maksudnya area tempat kalian menunggu si pesawat ini berangkat.

7. Is my flight delayed or on-time?

Pernah kan mendengar istilah delayed? Nggak banget kalau pesawat kalian harus delayed lama-lama. Bila pesawat akan terlambat berangkat, kalian pasti akan mendengar bahwa pesawat telah delayed. Lain halnya dengan on-time, pesawat tentu akan berangkat sesuai jadwal.

8. Pick up your bags at baggage claim.

Baggage claim adalah area tempat kalian mengambil checked baggage (tas yang tidak dibawa ke dalam pesawat).

Itu dia 8 kosakata tentang bandara yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari di bandara.

Siap untuk bepergian dengan pesawat? Semoga istilah-istilah tersebut tidak menyulitkan kalian untuk menempuh perjalanan yang menyenangkan. Enjoy your flight!

Leave a Comment