fbpx

Kosakata tentang Bandara (Part I)

Gede Murta

“Jemput aku di airport!”. Kalimat ini sungguh terdengar tidak asing bagi kalian, bukan? Apalagi kata airport. Airport dalam bahasa Indonesia artinya bandara (bandar udara). Nah guys, sudah pernah berpergian menggunakan transportasi udara alias pesawat terbang? Bagi yang sudah pernah memasuki bandara internasional mungkin sudah tidak asing lagi dengan kosakata yang sering dijumpai dalam bahasa Inggris. Nah, jika kalian baru pertama kali dan bingung harus gimana, kalian harus mengenal kosakata di bandara part I terlebih dulu karena akan ada part II nya.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Kosakata di Bandara Part I

1. Airline: nama perusahaan penerbangan atau maskapai penerbangan (perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang), contohnya Garuda Indonesia, Etihad Airways, Korean Airlines, Emirates, etc.

2. Aisle seat: Kursi di dalam pesawat yang terletak di pinggir

3. Aviation: institusi penerbangan

4. Apron: lapangan tempat pesawat parkir

5. Arrival: bagian kedatangan. Misalnya nih kalian baru pulang dari Jakarta, kamu akan disambut oleh keluargamu di bagian domestic arrival atau bagian kedatangan domestik.

6. Alternate Aerodrome: bandara alternatif yaitu bandara lain yang akan dipilih jika tidak bisa mendarat di bandara tujuan

7. Anything to declare?: pertanyaan ini diajukan oleh Petugas bea dan cukai, “Apakah Anda membawa benda-benda seperti alkohol dan rokok?”

8. Boarding pass: dokumen yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada para penumpangnya pada saat check in, Boarding Pass ini berguna sebagai pass masuk kedalam pesawat untuk penerbangan tertentu. Boarding Pass berisikan identitas penumpang, nomor penerbangan, seat atau tempat duduk serta tanggal dan jam keberangkatan.

9. Boarding time: waktu dimana para penumpang memasuki atau menaiki pesawat yang telah ditentukan.

10. Business class: jenis seat/ kursi dimana orang-orang yang duduk disana membayar jauh lebih mahal dibandingkan dengan economy class dan tentunya mendapatkan pelayanan-pelayanan lebih. Jika kalian adalah seorang budget tourist alias penganut prinsip pengiritan, belilah tiket economy class. Tingkatan paling tinggi dikenal dengan first class dan ini dari segi harga dan kenyamanan memang tiada duanya.

11. Book a ticket: istilah ketika kalian sudah memesan kursi dan membayar tiket pesawat.

12. Cabin/ flight attendant: penjaga kabin atau lebih dikenal dengan pramugari dan pramugara. Kita bisa juga menyebut (flight) steward untuk pramugara dan (flight) stewardess untuk sebutan pramugari.

13. Carry on (lugagge): Barang bawaan yang boleh kalian bawa ke pesawat. Biasanya beratnya tidak lebih dari 8 kg. Selain itu dikenal juga check in lugagge yakni barang-barang yang diletakkan di kargo pesawat.

Baca juga:

14. Check in counter: setelah diperiksa menggunakan X-Ray, maka kita menuju check in counter dimana kita harus menyiapkan tiket, kartu identitas, serta membayar airport tax.

15. Climbing: saat pesawat sedang terbang naik

16. Connecting flight: pergantian pesawat lain atau menggunakan airline lain biasanya saat transit

17. Conveyor belt/ arousel/ baggage claim: ketika pesawat kalian telah sampai, koper dan tas kalian akan berada di sebuah ban berjalan yang dinamakan dengan conveyor belt, carousel, atau baggage claim.

18. Crash: pesawat mengalami kecelakaan

19. Cruising: pesawat sedang terbang datar

20. Departure: lawan kata dari arrival, kata departure artinya keberangkatan.

21. Delayed (adjective): situasi ketika penerbangan tersebut mengalami keterlambatan, penyebabnya bisa jadi karena lalu lintas penerbangan yang terlalu padat, cuaca buruk, dan masalah teknis.

22. Descending: pesawat sedang terbang turun

23. Ditching: pesawat mendarat darurat di air

24. Destination: tujuan akhir suatu penerbangan

25. Divert: mendarat di bandara yang bukan tujuan – dialihkan ke bandara lain

26. Emergency Landing: Pendaratan darurat yang dilakukan di bandara

27. Force Landing: Pendaratan dilakukan di luar Bandara

28. Flight: Penerbangan

Baca juga:

29. Fragile: Fragile artinya rapuh atau gampang pecah. Saat berada di bandara, terkadang kita membawa barang yang mudah rusak di perjalanan. Untuk membuat orang lain tahu mengenai hal itu dan berhati-hati, maka ada stiker bertuliskan fragile di koper Anda.

30. Gate: Gate adalah pintu atau gerbang yang harus Anda ketahui secara detail agar tidak salah

31. Holding Bay: Tempat pesawat menunggu di darat biasanya menunggu antrian untuk berangkat

32. Holding Area: Tempat pesawat menunggu di udara, dengan cara berputar-putar biasanya menunggu antrian untuk landing

33. Landing: Pesawat mendarat

34. Long-haul flight: Sebuah penerbangan jarak jauh misalnya dari New York ke Sidney.

35. Metals: Benda-benda seperti perhiasan, uang logam, dan kunci.

36. Pax (Passenger): Penumpang pesawat udara

37. Runway: Tempat pesawat mengambil ancang-ancang dalam takeoff atau juga sebagai tempat landing

38. Return ticket vs one way ticket: return ticket adalah tiket yang kalian beli untuk  pulang pergi (misalnya Denpasar-Jakarta dan juga tiket Jakarta-Denpasar) yang dibeli dalam waktu bersamaan. Sementara itu one way ticket adalah sekali jalan atau satu kali dari kota asal ke kota tujuan.

39. Pay Tax: Membayar pajak untuk negara baik skala domestik maupun internasional

40. Safety belt: Sabuk Keamanan

41. Security check: Pemeriksaan keamanan

42. Take off: Pesawat terbang landas

Baca juga:

Demikian kosakata di bandara atau tentang bendara yang bisa kalian pelajari agar semakin banyak kosakata kalian. Kalian bisa praktekkan langsung ya ketika kalian ada di bandara. Sekarang kalian gak perlu bingung lagi deh jika ada teman atau petugas bandara yang menyebutkan istilah-istilah diatas karena kalian sudah membaca kosakata di bandara part I diatas. Jika ada yang mau menambahkan lagi, feel free to drop your comment here 😉

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment