fbpx

Informasi TOEFL Sebagai Standar Belajar ke luar Negeri

Gede Murta

TOEFL untuk keluar negeri. TOEFL atau Test of English as a Foreign Language (lazim diucapkan Tufel oleh orang Indonesia) adalah test yang ditujukan bagi mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, dengan kata lain, bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

TOEFL menjadi indikator bagi siapapun yang ingin kuliah ke luar negeri, agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Biasanya, tujuan kampus menetapkan TOEFL score sebagai salah standarnya adalah agar yang bersangkutan mampu berkomunikasi dengan baik, melalui uraian yang diberikan dosen misalnya dan hal ini tergolong listening skill yang harus dikuasai.

TOEFL

A. Bagaimana dengan bentuk tes TOEFL?

TOEFL untuk keluar negeri sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS atau Educational Testing Service (sebuah lembaga di Amerika Serikat yang mengorganisir TOEFL test).

Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu yang pertama adalah PBT-TOEFL atau Paper Based Test TOEFL (tes TOEFL berbasis kertas).

Seperti namanya, tes ini dilakukan di atas kertas dengan tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Jenis TOEFL ini memiliki rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677 sebagai nilai paling maksimum.

Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun, ada banyak instansi lokal di Indonesia yang masih mau menerima hasil score PBT-TOEFL.

Baca juga: Tips dan trik lulus TOEFL bagian listening

B. Jenis tes TEOFL

Nah yang kedua ada CBT-TOEFL (Computer Based Test- TOEFL) atau tes TOEFL berbasis komputer. Tes ini menggunakan perangkat lunak resmi sebagai media pengujian. Pada tes jenis ini terdapat empat sesi ujian yaitu Listening, Structure, Reading, dan Writing. Tes ini berlangsung selama 2 hingga 2,5 jam. CBT-TOEFL memiliki rentang nilai antara nol hingga 330 sebagai nilai paling tinggi.

Tes TOEFL untuk keluar negeri yang disahkan dan diakui secara global adalah iBT-TOEFL (internet Based Test TOEFL) atau tes TOEFL berbasis internet. Peserta ujian akan mengerjakan soal-soal tes yang langsung disediakan oleh ETS secara online.

Tes terdiri dari empat sesi ujian yaitu Listening, Writing, Reading, dan Speaking dengan nilai maksimum 120, dan berlangsung selama 4 jam. Jenis ujian pun dibagi menjadi dua bagian yaitu Individual Test dan Integrated Test. Jenis tes inilah yang cocok bila anda ingin melanjutkan studi anda di luar negeri karena universitas di luar negeri mensyaratkan skor iBT-TOEFL sebagai salah satu syarat wajib.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

C. Kesulitan dan tips menghadapi tes TOEFL

TOEFL memiliki tes katagori yaitu  reading skill, selain itu orang tersebut juga menguasai writing skill, artinya mampu membuat tulisan ilmiah, jurnal atau laporan dengan tata bahasa (grammar) yang benar. Orang-orang yang mengikuti tes TOEFL memiliki tujuan tersendiri untuk mendapatkan standar skor TOEFL yang mereka targetkan.

Tujuan mengikuti test TOEFL berkaitan erat dengan score yang ingin dicapai. Ketika Anda mengikuti tes TOEFL, Anda tentu akan berpacu dengan waktu. Dengan mengetahui jenis test di atas Anda tentu bisa merencanakan test TOEFL mana yang akan Anda ambil, sehingga Anda dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal sekaligus mengatur waktu untuk mengerjakan soal.

Baca juga: Cara lulus TOEFL dengan skor tinggi

Fenomena skor TOEFL fluktuatif yang terjadi di Indonesia memberi gambaran bahwa nilai TOEFL seseorang tidak menjamin kemampuan bahasa Inggrisnya. Bisa jadi karena faktor human error, nilai TOEFL seorang lulusan Sastra Inggris atau Akademi Bahasa Inggris belum memenuhi standar nilai 550.

Atau mungkin seseorang yang rajin latihan soal dan mempersiapkan test TOEFL dengan baik pada akhirnya bisa mendapatkan skor TOEFL 550, meskipun dia tidak secara formal mengikuti kursus atau memiliki latar belakang studi bahasa Inggris. Rata – rata orang Indonesia dengan jenjang pendidikan minimal S1 sangat fluktuatif.

Bahkan ada beberapa yang tidak mengetahui apa dan untuk apa itu TOEFL. Pertanyaannya adalah apakah Anda merasa TOEFL ini penting? Segera hubungi (0361) 481 910 untuk merencanakan kelas persiapan TOEFL bersama English Café!

Baca juga:

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak.

Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Jika ingin kursus online, pilih kursus online dengan Zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberikan jaminan 100% uang kembali.

Kursus bahasa inggris online terjamin

English Cafe Bali adalah lembaga professional dalam memberikan program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau kelas Conversation, General dan program spesial untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kami juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua pengajar kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan pembelajaran kami.

Leave a Comment