fbpx

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Gede Murta

Mulyadi - TEST - English School - Pengerian dan Perbedaan TOEFL ITP dengan ITB

 

Tahukah kamu kalo TOEFL bisa jadi penentu masa depanmu? Jika kamu memiliki skor TOEFL yang tinggi, bukan tidak mungkin kamu bisa masuk ke universitas yang bonafit di luar negeri bahkan memiliki kesempatan untuk meraih beasiswa yang prestise. Namun, bila skor TOEFL-mu rendah, maka itu semua akan jadi mimpi indah di siang hari. Ada banyak cara untuk memudahkanmu meraih skor TOEFL yang tinggi. Mau tau? Yuk kita lihat sama-sama.

Sebelum membahas tips-tips untuk meraih skor tinggi dalam tes TOEFL, kamu perlu tahu bahwa jika kamu mau mengikuti tes ini kamu harus punya pengetahuan bahasa Inggris yang cukup luas. Tidak cukup jika hanya tahu basic English, karena isi dari tes ini bisa dibilang cukup sulit. Semakin kamu mengerti bahasa Inggris, semakin besar peluangmu mendapat skor tinggi.

Mungkin kalian sudah tahu kalau bahasa Inggris itu ada dua jenis, yaitu British English dan American English. Tes TOEFL menggunakan American English sebagai topik utamanya. Soal-soal yang tersedia dalam tes TOEFL biasanya seputar hal-hal yang umum terjadi di lingkungan sosial Amerika. Jadi, kalian yang mendalami American English akan sangat diuntungkan.

Mengikuti kelas persiapan tes TOEFL juga tidak akan merugikanmu karena tentunya itu akan membantumu meraih skor tinggi. Tapi jika kamu percaya diri kalo kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, kamu bisa mencari buku mengenai TOEFL di toko buku terdekat dan belajar secara mandiri. Fokuslah dengan bagian yang kamu rasa agak lemah, namun jangan juga melupakan bagian-bagian lainnya. Yang terpenting, belajarlah membaca petunjuk tes di setiap bagian soal dengan hati-hati.

Waktu yang disediakan untuk tes TOEFL terbilang cukup singkat, maka dari itu kamu harus pintar-pintar mengatur waktu dalam mengerjakan setiap bagian soal. Sebagai contoh, waktu yang disediakan untuk mengerjakan 50 soal listening adalah 35-40 menit. Bagaimanapun teknik yang kamu gunakan kamu harus mengerjakan semua soal yang ada, karena jika kamu melewatkan satu soal maka nilai tesmu juga berpotensi untuk menurun.

Selain waktu yang singkat, banyak soal di tes ini bersifat distractor alias pengecoh. Kadang jawaban yang sebenarnya salah akan terlihat benar. Banyak orang terkecoh dengan soal-soal yang seperti ini. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk melakukan banyak latihan sebelum mengambil tes yang sebenarnya. Ada banyak cara untuk mengetahui soal-soal pengecoh seperti ini. Ingin tahu caranya?

Buruan datang ke English Café dan daftar TOEFL Preparation segera! Kami punya banyak tips dan trik jitu untuk kalian yang ingin mendapat skor TOEFL yang tinggi. Dengan mengikuti kelas preparation kami, kamu bisa dapat GRATIS TOEFL test simulation agar kamu lebih mantap menghadapi tes yang sebenarnya!

Leave a Comment