Hello English learners, beberapa kali English Cafe bali telah membahas mengenai idiom pada topik atau kata tertentu. Hal ini tidak lepas dari pentingnya pengetahuan akan idiom yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Idiom sering ditemui pada lagu berbahasa inggris atau film. Kali ini English Cafe Bali akan membahas beberapa idioms yang berkaitan dengan waktu. Idiom-idiom tentang waktu berikut mungkin kalian pernah dengar beberapa di lagu kesukaan kalian. Apa saja contoh idiomnya? Berikut penjelasannya.

  • Time flies (time passes quickly) = waktu berjalan dengan cepat

Contoh kalimat:  Time flies when we are in holiday. (Waktu berjalan dengan cepat ketika kita lagi berlibur).

  • On time (arriving at the correct time) = tiba pada waktu yang tepat

Contoh kalimat: The train arrived on time. (Kereta tiba pada waktu yang tepat).

  • In time (early enough) = cukup awal/lebih awal

Contoh kalimat: I want to be at the office in time for preparing the computer. (Aku ingin tiba di kantor lebih awal untuk menyiapkan komputernya).

 

  • Time is up (you’ve run out of time, there’s no more time to finish something) = (Kamu telah kehabisan waktu, sudah tidak ada waktu lagi untuk menyelesaikan sesuatu)

 

Contoh kalimat: Time is up. No more movement. Put everything down. (Waktu sudah habis. Tidak ada pergerakan lagi. Taruh semua di bawah).

  • Only time will tell (we’ll have to wait to find out the truth in the future) = Kita harus menunggu untuk mencari tahu kebenarannya di masa depan.

Contoh kalimat:

A: Does she know about the rumours that happen with her husband? (Apakah dia tahu tentang rumor yang terjadi dengan suaminya?).

B: I don’t know. Only time will tell. (Aku tidak tahu. Hanya waktu yang bisa memberitahunya)

 

  • As time goes by (as time passes or moves) = seiring berjalannya waktu

 

Contoh kalimat: As time goes by, you’ll always remember this remarkable moment. (Seiring berjalannya waktu, kamu akan selalu mengingat momen yang berkesan ini).

 

  • Time heals all wounds (our emotional hurts will leave us as time passes by) = rasa sakit kita akan meninggalkan kita seiring berjalannya waktu.

 

Contoh kalimat: “They say time heals all wounds, but that presumes the source of the grief is finite.” Cassandra Clare, Clockwork Prince. (Mereka mengatakan bahwa waktu menyembuhkan semua luka, namun itu berarti menganggap bahwa sumber kesedihan itu terbatas.)

 

  • Kill time (do something unimportant and uninteresting to pass time) = melakukan sesuatu yang tidak penting dan tidak menarik untuk menghabiskan waktu.

 

Contoh kalimat: We have been waiting for three hours and they still don’t come. How are we going to kill the time guys? (Kami telah menunggu selama tiga jam dan mereka masih belum datang. Bagaimana kita akan menghabiskan waktu teman?

Bagaimana guys! Demikian beberapa idiom yang berkaitan dengan waktu beserta contoh kalimat dan artinya dalam bahasa Indonesia. Belajar idiom sangatlah menarik karena membuat bahasa Inggris kita menjadi tidak kaku, terdengar seperti native. Jadi, mulai sekarang belajarlah idiom untuk mempercantik bahasa kita.

Jangan lupa coba “online test” di website kami. Dengan mengikuti online test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan dijamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WhatsApp kami di 0821 4545 8411.