fbpx

Idioms Menggunakan Kata Buah dalam Bahasa Inggris beserta Artinya

Gede Murta

Bagi yang suka mempelajari tentang idioms, pasti sudah cukup sering membaca artikel English Cafe Bali yang membahas tentang kombinasi beberapa kata yang artinya kadang berbeda atau tidak masuk akal. Hari ini pembahasan akan berlanjut ke topik idiom lain yang berhubungan dengan alam yaitu buah-buahan. Ternyata dengan menggunakan kata buah di dalam sebuah idioms terdapat makna dan arti yang unik, English learners. Jadi, kata buah jika diletakkan pada konteks tertentu akan memiliki pengertian dan makna yang berbeda.  Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. The apple of your eye. (the person who you are very fond of = orang yang sangat kamu sayangi)

Contoh kalimat: My grandson is the apple of my eye. He’s so adorable. (Cucu laki-laki ku adalah orang yang sangat aku sayangi. Dia sangat menggemaskan).

2. Go bananas. (to become very angry, crazy or annoyed = menjadi sangat marah, gila atau kesal)

Contoh kalimat: I go bananas when I am stuck in a bad traffic jam. (Aku sangat kesal ketika aku terjebak macet)

3. A bite at the cherry. (an opportunity to achieve something = kesempatan untuk mencapai sesuatu)

Contoh kalimat: It will be your last bite at the cherry, take it or you’ll regret it. (Ini akan menjadi kesempatan untuk mencapai sesuatu terakhirmu, ambil atau kamu akan menyesal)

4. Not give a fig. (not to feel interested in something = tidak merasa tertarik pada sesuatu)

Contoh kalimat: You can do whatever you want to do. I don’t give a fig. (Kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan.  Aku tidak tertarik)

5. Apples and oranges. (to be different from each other = menjadi berbeda satu sama lain)

Contoh kalimat: Even though my sisters are twin, they are apples and oranges. (Walaupun saudara-saudara perempuan saya kembar, mereka berbeda satu sama lain)

6. Buy a lemon. (to buy something that is worthless = membeli sesuatu yang tidak berharga)

Contoh kalimat: This washing machine doesn’t work well. I don’t want to buy a lemon. (Mesin cuci ini tidak bekerja dengan baik. Aku tidak ingin membeli sesuatu yang tidak berharga).

7. Go Pear-shaped. (to fail; to be unsuccessful = gagal, tidak berhasil)

Contoh kalimat: Our plan to study abroad went pear-shaped because our IELTS score didn’t meet the expectation. (Rencana kita untuk belajar ke luar negeri gagal karena skor IELTS kita tidak mencapai target).

8. A plum job (very good job = pekerjaan yang sangat baik)

Contoh kalimat: She got a plum job in an international airline. (Dia mendapatkan pekerjaan yang sangat baik di maskapai internasional).

Nah demikian beberapa contoh idioms beserta kalimat dan arti dalam bahasa Indonesia. Jika kalian tertarik mempelajari tentang idioms lainnya, bisa ikuti terus website kami ya. Banyak terdapat kumpulan-kumpulan idioms yang menarik.

Jangan lupa coba “online test” di website kami. Dengan mengikuti online test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan dijamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WhatsApp kami di 0821 4545 8411.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Leave a Comment