fbpx

Idiom – Idiom Yang Berkaitan Dengan Teman Beserta Artinya

Gede Murta

Dalam Bahasa Indonesia ada yang dikenal dengan peribahasa, nah di dalam Bahasa Inggris pun juga terdapat istilah serupa yang dinamakan idiom. Masih ingatkan kalian dengan idiom? Jika lupa, yuk kita kilas balik terlebih dahulu. Idiom ­adalah suatu kalimat yang maknanya memiliki arti yang bisa dibilang sangat jauh dari arti kalimat sebenarnya.

Terdapat banyak jenis idiom yang digolongkan pada lingkup tertentu seperti idiom yang berkaitan dengan makanan, tempat, binatang, sifat, dan lain – lain. Nah guys, pada artikel kita kali ini, idiom yang akan dibahas adalah idiom-idiom yang berkaitan dengan teman beserta artinya. Bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu, yuk simak idiom-idiom yang berkaitan dengan teman beserta artinya dibawah ini.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Idiom-idiom yang berkaitan dengan teman beserta artinya

1. A fair-weather friend: someone who is only your friend when you are happy and successful (seseorang yang hanya menjadi teman saat kamu bahagia dan sukses).

Example:

  • I had a lot of money and friends, but now they become a fair-weather friend when I’m poor. (Saya dulu punya banyak uang dan teman, tapi sekarang mereka sudah pergi ketika saya miskin)
  • Dody never expected that he has such a fair-weather friend like Maya. (Dody tidak pernah menyangka bahwa dia memiliki teman yang ada saat dia sukses saja seperti Maya)

2. A friend in need is a friend indeed: someone giving you help when you need is really good friend (seseorang yang menolong kamu ketika kamu sedang membutuhkan itu adalah teman yang benar-benar baik).

Example:

  • Zyva lent me her money when I lost my wallet. A friend in need is a friend indeed. (Zyva meminjamkan saya uang nya ketika saya kehilangan dompet saya. Sungguh dia teman yang benar-benar baik).
  • Clara is such a friend in need is a friend indeed when I lose my hope. (Clara adalah benar-benar seorang teman untukku ketika aku kehilangan harapan)

3. Bosom friend: closest friend (teman yang sangat dekat).

Example:

  • We went to the same school from kindergarten until college, so we have been bosom friends. (Kita bersekolah di tempat yang sama dari TK sampai Kuliah, jadi kita sudah menjadi teman yang sangat dekat).
  • Eventhough I just knew him , I think we become bosom friends now. (Meskipun saya baru mengenalnya, saya rasa kami menjadi sahabat karib sekarang)

4. Fast friends: loyal friends (teman yang setia).

Example:

  • The two of them had been fast friends since college. (Mereka berdua telah menjadi teman yang setia sejak kuliah).
  • Ronald is such fast friends because he is always there for me. (Ronald adalah teman yag setia, dia selalu ada untukku)

Baca juga:

5. Man’s best friend: a dog (seekor anjing).

Example:

  • A study of man’s best friend shows that the relationship between humans and dog started 100,00 years ago. (Sebuah studi dari seekor anjing menunjukan bahwa  hubungan antara manusia dan anjing dimulai dari 100,000 tahun yang lalu).
  • The name is that man’s best friend is Lucky. (Nama anjing lelaki itu adalah Lucky)

6. Make friends with: to work to become a friend of someone (bekerja untuk berteman dengan seseorang).

 Example:

  • I want to make friends with all the people I am going to be working with. (Saya mau berteman dengan semua orang yang dimana saya akan bekerja dengan nya)
  • People in my new office are those I want to make friends with. (Orang-orang di kantor baru saya adalah orang yang ingin saya ajak berteman.)

7. Friend or foe: a friend or an enemy (teman atau musuh).

 Example:

  • I doubt whether he is a friend or foe. (saya ragu apakah dia adalah seorang teman atau musuh).
  • Why are you stabbing me? Are you a friend or foe? (Mengapa kamu menusukku? Kamu ini seorang teman atau musuh?)

8. With friends like that, who needs enemies? : when someone you thought was your friends treats you in unpleasant way (ketika seseorang yang kamu kira itu adalah teman tapi memperlakukan mu dengan cara yang tidak menyenangkan).

Example:

  • He told my girlfriend I was boring. With friends like that, who needs enemies?. (Dia berkata ke pacar saya bahwa saya membosankan. Teman yang sangat menyebalkan).
  • Tiara always acts well in front of me, but it becomes different when I’m not around. With friends like that, who needs enemies? (Tiara selalu bertingkah baik di depanku, tapi berbeda saat aku tidak ada. Teman macam apa dia?)

Baca juga:

Itu dia guys idiom-idiom yang berkaitan dengan teman beserta artinya yang bisa kalian praktekkan ke dalam percakapan sehari-hari. Baik dipraktekkan dengan teman ataupun dengan sanak saudara kalian, ya. Semakin banyak frasa atau idiom yang kalian gunakan, semakin lancar juga kemampuan berbicara bahasa Inggris kalian. Kalian juga bisa menghafal idiom-idiom yang berkaitan dengan teman beserta artinya diatas sebagai referensi kalian ke depannya. Good luck!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment