fbpx

How We Use CAN, COULD and BE ABLE TO correctly

Gede Murta

How do we use CAN, COULD, and BE ABLE TO correctly?

Dalam artikel kali ini kami khusus membahas tentang bagaimana cara yang tepat menggunakan kata “Can, Could dan Be Able To”. Sekilas kata – kata tersebut memiliki arti yang sama, memang benar adanya kata – kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu bisa/dapat. Namun, terdapat perbedaan cara menggunakannya di setiap “can, could and be able to”. Mau tau cara yang tepat untuk penggunaannya. Here we go.. let’s check it out!

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

CAN

“Can” merupakan auxiliary verb, modal verb yang dapat berfungsi sebagai:

  • Kemungkinan dan kemampuan (possibility and ability)

Menggunakan “Can” jika Anda pada kondisi dapat/ bisa melakukan sesuatu pada waktu luang (free time) atau bisa/ dapat untuk situasi umum.

Example:  He can drive a car.

Biasanya “Can” digunakan dalam bentuk “Present” tetapi bisa juga digunakan dalam bentuk “Future”.

Example: Can you help to fix the computer? (present)

I can’t help you now, but I can help you tomorrow (future)

  • Menanyakan dan memberikan ijin (ask for and give permission)

Example: Can I sit over there?

You can’t park here, but you can park near the school.

  • Membuat suatu permintaan (make a request). Biasanya “Can” disini digunakan dalam situasi informal.

Example: Can you turn off the Air Conditioner (AC)?

Can you do this?

Baca juga:

COULD

“Could” merupakan auxiliary verb, modal verb yang dapat berfungsi sebagai:

  • Kemungkinan dan kemampuan di masa lampau (possibility and ability in the past)

Menyatakan “dapat/bisa” pada masa lampau.

Example: I could dance when I was 10 years old.

She couldn’t speak English when she was in Elementary School.

  • Membuat suatu permintaan dengan makna yang lebih sopan (make a request). Biasanya dibentuk dalam kalimat Tanya.

Example: Could you please open the window, please?

Baca juga:

BE ABLE TO

“Be able to” bukanlah merupakan modal seperti “Can” dan “Could”, tetapi merupakan kata kerja “Be” yang ditambahkan kata sifat “able” dan diikuti oleh kata kerja bentuk “to” atau sering Anda dengar dengan sebutan “Verb to infinitive”. “Be able to” berfungsi untuk menyatakan kemampuan atau ability yang dimana artinya memiliki kemampuan yang lebih, lebih spesifik. “Be able to” bisa digunakan ke dalam semua bentuk tenses, biasanya “can” hanya bisa digunakan dalam bentuk “present” dan “could” hanya digunakan dalam bentuk “Past”. Coba perhatikan contoh di bawah ini:

  • She has been able to sing when she was 4 years old. (Present perfect)
  • We will be able to perform in front of many audiences soon. (Simple Future)

Nah guys itulah tadi perbedaan dan penggunaan can, could, dan be able yang wajib kalian ketahui. Semakin sering kalian mempraktekan tiga kata tersebut maka semakin terasah pula kemampuan bahasa Inggris kalian. Jangan lupa untuk mempraktekkannya melalui percakapan sehari-hari baik dengan teman ataupun keluarga. Darisitulah nanti kemampuanmu akan semakin meningkat. Good luck ya!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp 087838733111, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Comment