fbpx

Membedakan “Some” dan “Any”

Gede Murta

Sebagian orang yang belajar bahasa Inggris, ada yang sudah paham betul dengan grammar, namun masih bingung dengan hal remeh temeh seperti yang satu ini. Yup, membedakan penggunaan kata “some” dan “any”!

some any

SOME

Kata SOME digunakan dalam kalimat positif, untuk benda countable dan uncountable nouns. Some tidak digunakan pada kalimat negatif atau tanya.
Example:
1. I need some water.
2. There’s some ice in the fridge.
3. We made some mistakes.
4. To make a cake, you need some special ingredients.

Note:
Jika menggunakan some untuk benda yang bisa dihitung (countable nouns), maka benda tersebut haruslah berbentuk jamak/ plural. Contoh kalimatnya pada nomor 3 dan 4. Tetapi jika kalian menggunakan benda yang tidak bisa dihitung (uncountable nouns) maka kata benda yang mengikutinya tidak ditambahkan s/es.

Kata some tidak dipergunakan baik dalam kalimat negatif, ataupun pada kalimat tanya.

Untuk menawarkan sesuatu (offering something) dan juga permintaan (asking for request), gunakan kata some dalam kalimat tanya.

Example:some

1. Would you like some coffee? > menawarkan sesuatu

2. Can you lend me some money? > permintaan

ANY

Kata ANY hanya digunakan dalam kalimat negatif dan kalimat tanya, yang kemudian diikuti baik oleh countable atau uncountable nouns. Kata benda yang ditambahkan adalah kata benda yang bisa dihitung/countable noun dan harus berbentuk jamak/plural.

Example:

Countable noun:

  • I’m not going to buy any clothes.
  • Has he got any friends?

Uncountable noun:

  • There isn’t any milk in the fridge.
  • Do you need any help?

Well, itu dia tadi penjelasan tentang some dan any. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris. See ya! 🙂

Leave a Comment