fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Present Perfect Continuous

Gede Murta

Kegiatan yang dimulai di masa lampau namun masih tetap dilakukan dimasa sekarang dan sedang dilakukan adalah fungsi dari present perfect continuous tense. Inilah tense yang akan dibahas pada artikel ini. Dalam pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang percakapan dengan menggunakan Simple Present Perfect Tense. Nah kali ini kami membahas percakapan dengan menggunakan Simple Present Perfect Continuous Tense yang sebenarnya hampir memiliki makna yang sama dengan Simple Present Perfect Tense. Supaya lebih dapat mengetahui perbedaan dan penggunaanya, mari analisa tense tersebut dalam dialog berikut ini.

Present Perfect Continuous Tense

Percakapan 1

Jessica: I have to go to station because someone is waiting for me there. (Aku harus pergi ke stasiun, seseorang sedang menungguku).

Biarn : Who is waiting for you Jes? (Siapa yang sedang menunggumu Jes?).

Jessica : My relative from my Mom. (Saudara dari Ibuku).

Biarn : Go now then. Don’t let someone waiting for you too long. (Pergi sekarang. Jangan biarkan seseorang menunggumu terlalu lama).

Jessica: Yep, i’ll go now. See ya (Ya, aku akan pergi sekarang. Daaa).

Jessica : (at station) Hi Bill, how have you been? (di stasiun) Hai Bill, bagaimana kabarmu?).

Bill : Couldn’t be better. How’s it going Jess?  (Sangat baik. Bagaimana dengan kabarmu Jess?).

Jessica: I do really sorry Bill, i am late to pick you up. I have something to do with my classmates. How long have you been waiting for me? (Aku minta maaf Bill, aku terlambat menjemputmu. Ada sesuatu yang aku kerjakan dengan teman sekelasku. Sudah berapa lama kamu menungguku?).

Bill : I have been waiting you for an hour. It doesn’t matter Jess. How’s everyone? (Aku telah menunggumu selama satu jam. Tidak apa-apa Jess. Gimana kebar semua orang?).

Jessica: Everyone is great. Tim is doing the final exam. He wants to continue his study. Ann is still doing her hobby, drawing and painting. What have you been doing recently Bill? (Semuanya baik. Tim sedang menghadapi ujian akhir. Dia ingin melanjutkan studinya. Ann masih mengerjakan hobinya, menggambar dan melukis. Apa yang kamu lakukan akhir-akhir ini Bill?)

Bill : I have been so busy recently with work stuff. (Aku sedang sibuk akhir-akhir ini dengan urusan pekerjaan).

Jessica: Kind of boring stuff, ha! (Hal yang membosankan, hah).

Percakapan 2

Timoty : Hi, what are you doing? (Hi, apa yang sedang kamu lakukan?)

Pretty : I am reading a novel. What are you doing Tim? (Aku sedang membaca sebuah novel. Apa yang sedang kamu lakukan Tim?)

Timoty : I’m searching some references  for my research paper. (Aku sedang mencari beberapa referensi untuk penelitian ku).

Pretty : What will you describe about your research Tim? And how long have you been doing it? (Apa yang akan kamu bahas dalam penelitianmu Tim? Dan sudah berapa lama kamu mengerjakannya?)

Timoty : So stressful. It’s about the language from mix-marriage. I have been doing it for almost 6 months and my lecturer still asks me to add some more evidence on my paper. (Stres banget. Tentang bahasa yang muncul pada pernikahan campuran. Aku sudah mengerjakannya sudah hampir 6 bulan).

Pretty : It seems your paperwork will be so complicated but rich with knowledge and insight.  (Sepertinya tugas akhirmu ini akan menjadi sangat rumit tetapi kaya akan pengetahuan dan wawasan).

Timoty : Yahh but it’s so hard to do, quite takes a long time to finish it. Anyway, what sort of novel are you reading? ( Ya tapi sulit untuk mengerjakannya, lumayan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Ngomong-ngomong, novel apa yang kamu sedang baca?).

Pretty : I’m reading “A Walk to Remember”. I have been reading it for a week recently. I can’t stop reading it. Love the story so much. It’s so romantic and touching. (Aq sedang membaca novel “A Walk to Remember”. Aku telah membacanya selama 1 minggu. Aku tidak bisa berhenti untuk membacanya. Ceritanya sangat romantis dan menyentuh).

Timoty : I have read that novel though, yepp i feel the same. (Aku sudah membaca novel itu, iyaa saya merasakan hal yang sama).

 

Jadi fungsi dari Present Perfect Continuous Tense adalah menceritakan tentang aktifias yang masih dilakukan dari sebelumnya, sekarang dan masih akan berlanjut di beberapa waktu ke depan. Praktekkan bahasa Inggrismu dengan menggunakan tense yang lebih bervariatif. Lebih banyak praktek akan membantu kalian untuk berbicara bahasa Inggris yang lebih fasih. Yuk datang ke English Cafe dijamin bahasa Inggris kalian akan digunakan lebih banyak dibandingkan dengan teori.

Leave a Comment