fbpx

Kata Ganti (Pronouns)

Gede Murta

Halo English lovers, how’s your day? Saya harap kalian selalu baik-baik saja dan tetap semangat belajar bahasa Inggrisnya 🙂

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang kata ganti dalam bahasa Inggris. Kata ganti ini dapat digunakan untuk menggantikan kata benda, bisa berupa manusia, tempat, atau sesuatu yang abstrak. Tujuannya untuk menyingkat kalimat.

Kalau kalian ingin membuat kalimat dan tidak ingin menyebut kata benda tersebut berulang-ulang sehingga kalimatnya menjadi berbelit-belit, gunakanlah PRONOUNS. Kata ganti di dalam bahasa Indonesia dapat dituliskan penggunaannya pada bagian yang tercetak tebal dalam kata berikut: motornya, bukuku, sepatumu, dan lain-lain.

10415722_845315885487572_5604145829519498047_n

Penggunaan Pronouns dalam bahasa Inggris terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya:

1. Personal Pronouns

Personal pronoun ini dikenal dengan subyek dan obyek dalam sebuah kalimat untuk menggantikan kata benda tertentu. Contoh sebagai subyek adalah they, we, I, you, he, she dan it, sedangkan sebagai obyek adalah them, us, me, you, him, her dan it. Penggunaan kata benda dalam bahasa inggris yang bersifat jamak dapat menggunakan they/them.

Contoh:

Sinta is very happy to buy the books, though they are quite expensive. (Sinta sangat senang membeli buku-buku tersebut, meskipun harganya cukup mahal)

My friends have already arrived at the airport so I pick them up. (Teman-teman saya telah tiba di bandara, jadi saya menjemput mereka).

2. Demonstrative Pronouns

Pronoun ini dikenal untuk menyatakan kata benda yang berjumlah tunggal ataupun jamak. Demonstrative pronouns adalah “this” dan “these” yang secara berurutan dalam bahasa Indonesia berarti “ini” tunggal dan jamak. Dan juga “that” dan “those” yang berarti “itu” tunggal dan jamak. Contoh:

These books are cheap (buku-buku ini murah) dan This book is cheap (buku ini murah).

3. Indefinite Pronouns

Indefinite Pronouns adalah kata ganti untuk kata benda yang tidak dijabarkan secara spesifik, bisa berupa kata benda tunggal, jamak atau juga kedua-duanya.

Contoh Indefinite Pronouns tunggal: another, anyone/anybody, anything, each, everybody/everyone, everything, nobody/no one, one, someone/somebody, something dan the other.

Contoh Indefinite Pronouns jamak:  each other, one another dan the others.

Jamak dan tunggal: any, anywhere, none dan somewhere.

4. Interrogative Pronouns

Interrogative Pronouns digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak kita ketahui. Berikut adalah contoh dari jenis pronouns ini.

Jenis-jenis Interrogative PronounsArtinyaContoh pronouns
Whom“Siapa”, untuk menanyakan ObjekWith whom do you go to the cinema? I go there with my sister
Who“Siapa”, menanyakan SubyekWho is your classmate? She is Rina
What“Apa”, bendaWhat is your favorite food?
Why“Kenapa”, alasanWhy they come here?
When“Kapan”, waktuWhen were you born?
Which“Yang mana”, bendaWhich one is your book?
Where“Dimana”, tempatWhere is your house?
Whose“Kepunyaan siapa”, kepemilikan dan dijawab possessive pronounsWhose glass is this?- this is mine
How“Bagaimana” menanyakan caraHow do they get this?

5. Possessive pronouns

Kalimat kata ganti dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menggantikan kepemilikan baik orang, benda maupun hewan.

Milik sayaMine
Milik kamuYours
Milik dia laki-lakiHis
Milik dia perempuanHers
Milik merekaTheirs
Milik kitaOurs
Milik hewanIts

6. Reflexive Pronouns

Digunakan untuk menunjukkan bahwa subyek menerima aksi dari kata kerja pada suatu kalimat. Reflexive Pronouns  menggunakan -self untuk singular sedangkan plural menggunakan –selves.

SayaMyself
KamuYourself
Dia laki-lakiHimself
Dia perempuanHerself
MerekaThemselves
Kamu banyakYourselves
KitaOurselves
Dia benda atau binatangItself

7. Reciprocal Pronouns

Menunjukkan bahwa dua subyek atau lebih sebagai pelaku atas kegiatan yang sama. Contohnya adalah each other dan one another.

8. Relative Pronouns

Memperkenalkan Adjective clause yang menerangkan noun. Empat jenis relative pronouns yaitu who (manusia), which (benda), that (manusia dan benda), whose (obyek pronoun) dan whose (kepemilikan).

Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris mengenai kata ganti. Jangan bingung lagi ya dalam menggunakan pronouns 🙂

Leave a Comment