fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Menggunakan Simple Present Tense

Gede Murta

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Menggunakan Simple Present Tense

Seperti yang kalian ketahui , simple present tense adalah suatu tense bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang terjadi secara faktual atau sesuai fakta. Tense ini juga bisa digunakan untuk mengungkapkan kebiasaan yang dilakukan secara berulang kali atau secara reguler. Namun, untuk menuangkannya ke dalam sebuah percakapan, mungkin di antara kalian masih bingung kapan ya seharusnya memakai simple present tense dalam sebuah percakapan? Yuk simak percakapan di bawah ini guys!

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Simple present tense bisa digunakan dalam percakapan menanyakan seperti pekerjaan, tempat tinggal, tentang kebiasaan,  seperti contoh:

Andrew : Hi mate! How are you doing? (Hai teman! Bagaimana kabarmu?)

Bobi : I’m doing well. Thank you. What’s up? (Kabarku baik. Terima kasih. Ada apa nih?)

Andrew : I’m curious about that new student in our class, what is her name? (Aku penasaran dengan siswa baru yang satu kelas sama kita, siapa namanya?)

Bobi : Well, aaahhh Lisa. (Oohh, Lisa)

Andrew : How do you know her? (Bagaimana kamu bisa mengenal dia?)

Bobi : Well we have met before. She was my friend when we were in junior high school. (Jadi begini, kita udah sempat ketemu sebelumnya. Kita adalah teman waktu kita berada di sekolah menengah pertama).

Andrew : Oh, I see. Where does she come from? (Oh, begitu. Dia berasal dari mana?)

Bobi : She comes from New York, America. (Dia berasal dari New York, Amerika).

Andrew : What does she do then here? (Apa yang dia lakukan disini?).

Baca juga: penjelasan simple present tense beserta rumus dan contohnya

Contoh percakapan bahasa Inggris dengan menggunakan simple present tense

Bobi : Well, her parents often move to another country every four years. So now her parents have been transferred to Australia. That’s why now she is here and she works in the hospital as a Nurse. (Begini, orang tua dia sering pindah-pindah negara setiap empat tahun sekali. Jadi sekarang orang tua Lisa sedang di Australia. Maka dari itu dia disini sekarang dan dia bekerja di rumah sakit sebagi perawat).

Andrew : Really? Which hospital does she work? (Benarkah? Rumah sakit yang mana dia bekerja?).

Bobi : She works in Paramarta Hospital. (Dia bekerja di rumah sakit Paramarta).

Andrew : Does she like doing exercise? (Apakah dia senang berolahraga/berlatih?)

Bobi : No, she doesn’t.  Hahaha why are you so curious about her? I bet you like her, don’t you? (Tidak, dia tidak suka. Kenapa kamu sangat penasaran dengannya? Saya yakin kamu menyukainya, iyakan?).

Andrew : Hmmm Well yeah, she is beautiful and attractive. If you don’t mind, would you like to introduce her to me? (Hmm, iya dia cantik dan menarik. Jika kamu tidak keberatan, maukah kamu memperkenalkan dia ke saya?)

Bobi : That’s not a big deal brother. (Gampang, tidak masalah).

Andrew : Ok then. Thank you Bobi. (Ok deh. Terima kasih Bobi).

Baca juga: 15 contoh kalimat simple present tense positif, negatif, dan interogatif

Demikian contoh percakapan dengan menggunakan simple present tense, beberapa kalimat di atas menggunakan simple present tense yang membicarakan mengenai pekerjaan, tempat tinggal, hal yang pasti/bersifat fakta. Jadi percakapan di atas merupakan salah satu topik ketika kalian ingin menggunakan simple present tense dalam sebuah percakapan.

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa Inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa Inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa Inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris adalah dibawah ini:

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan bahasa Inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar bahasa Inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas bahasa Inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Comment