fbpx

How to Use Apostrophes (‘) in a Correct Way

Gede Murta

Have you heard about the word “APOSTROPHES” before? Nah apaan sih “Apostrophes” itu? It sounds weird but in Bahasa artinya tanda petik (‘), namun dalam bahasa  Indonesia penggunaan tanda petik fungsinya berbeda dengan penggunaan fungsi  dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris tanda petik (‘) digunakan untuk menyatakan possession (kepemilikan). Yuk lihat pembahasan bagaimana cara menggunakan apostrophes yang baik dan benar di bawah ini:

Cara Menggunakan Apostrophes Yang Baik dan Benar

  • Cara menggunakan apostrophes yang baik adalah ketika subjeknya adalah PEOPLE dan ANIMAL

Example:

Jane’s bag is expensive.  (Bukan the bag of Jane)

How old is Tom’s son? (Bukan son of Tom)

What is your brother’s name?

Watch out!! Don’t step on the dog’s tail!

Ada beberapa peraturan bagaimana cara menggunakan apostrophes:

  • Singular Noun

Example:

My brother’s room (his room – one brother)

Mrs. Kelly’s house (her house)

  • Plural Noun

Jika Plural Noun (kata benda jamak) diakhiri dengan huruf “s”  seperti brothers, sisters atau friends maka penambahan (‘) diletakkan pada akhir kata tersebut, seperti contoh:

Example:

My brothers’ room (their room – two or more brothers)

My friends’ mobile phone

Alright guys, itu dia cara menggunakan apostrophes yang baik dan benar. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang penggunaan apostrophes dalam suatu kalimat berbahasa Inggris? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga Artikel lainnya dari English Cafe:

Leave a Comment