fbpx

Hindari Ngobrol Seperti Robot, Yuk Kenali Word Stress!

Gede Murta

Hindari Ngobrol Seperti Robot, Yuk Kenali Word Stress!

Dalam berbicara Bahasa Inggris kita tidak hanya dituntut untuk lancar berkomunikasi tapi kita harus mengetahui penekanan pada syllable (suku kata) di masing-masing kata. Kalian bisa belajar penekanan kata (word stress) dari mendengarkan lagu – lagu berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris memiliki ritme-nya sendiri, artinya salah satu bagian dari kata tertentu bisa diucapkan lebih keras penekanannya dan lebih lama dibandingkan dengan bagian yang lain pada kata yang sama.Itulah yang disebut dengan Word Stress. Maka word stress adalah ketika sebuah kata memiliki penekanan pada masing-masing syllable-nya, apakah itu lebih tinggi, lebih lama, atau lebih keras.

word stress2

Masih bingung ? Kita lihat contohnya aja yuk! Kata reLAX memiliki 2 syllable yaitu “re” dan “LAX”,pada kata relax, syllable yang memiliki penekanan adalah LAX. Nada pada syllable “re” diucapkan dengan intonasi lebih rendah dibandingkan dengan syllable “LAX”. Sedangkan kata “deLIcious” memiliki 3 syllable yaitu “de”, “LI” dan “cious”.

Penekanan terjadi pada syllable “LI”. Maka syllable “LI” memiliki penekanan lebih dibandingkan syllable lainnya. Nah dari contoh di atas bisa dilihat penekanan kata terdapat pada syllable yang memakai huruf kapital, penekanan pada masing-masing syllable tersebut bisa memiliki intonasi yang lebih panjang, lebih tinggi, ataupun lebih lama. PENTING! ·Satu kata hanya memiliki satu “word stress” ,jika mungkin memiliki 2 penekanan, maka salah satu penekannya akan lebih rendah dan lemah.·Hanya huruf vocal yang memiliki stress, bukan konsonan.

Baca juga:

 

Leave a Comment