Belajar bahasa akan erat kaitannya dengan level bahasa tersebut seperti informal, semi-formal, dan formal. Kalimat yang halus biasanya digunakan untuk situasi formal, bahasa yang digunakan ke teman kantor biasanya semi-formal, dan bahasa dengan teman sebaya adalah informal. Seperti halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris  juga memiliki level bahasa seperti ini. Salah satu contohnya adalah saat ada seseorang yang menawarkan sesuatatu, dan kita ingin menolaknya secara ramah, kita bisa menggunakan kalimat yang sesuai. Dalam pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang cara lain untuk menolak tawaran dari seseorang secara halus dalam bahasa inggris. Ini untuk menghindari persepsi lawan bicara agar tidak menganggap kita

Ketika seseorang menawarkan atau mengajak kamu, dan kamu ingin menolak nya secara halus tetapi tidak tahu bagaimana mengucapkannya, maka kalimat yang paling tepat untuk  digunakan adalah sebagai berikut. Perhatikan kalimat yang dicetak tebal tersebut.

  1. “I wish I could, but” (saya harap saya bisa, tapi …)

Misalkan:

Jeremy             : “Hi, would you like to come to my graduation day tomorrow morning?” (Hei, bisakah kamu datang ke hari wisuda ku besok pagi?)

You                   : “I wish I could come to your graduation day, but I have to look after my grandma” (Saya harap saya bisa datang ke hari wisuda mu, tapi saya harus merawat nenek saya)

  1. Thank you for asking, but…” (terima kasih sudah menawarkan, tapi …)

Misalkan:

Axels         :”Hi do you want a cigarette?” (Hai apa kamu mau sebatang rokok?).

You           :”Thank you for asking, but I have already quitted smoking.” (Terima kasih sudah menawarkan, tapi saya sudah berhenti merokok).

  1. I think I’ll pass on that…”(saya rasa saya tidak bisa, ….)

Misalkan:

Radcliff   : “Can you meet me tomorrow at school?” (Bisakah kamu menemui saya besok di sekolah?)

You           :”I think I’ll pass on that, because I’ve already had another meeting tomorrow?” (Saya rasa saya tidak bisa, karena saya sudah ada janji lain besok).

  1. I want to, but unfortunately…” (saya ingin, namun sayangnya …)

Misalkan:

Melvin       :”Do you want to join us to play basketball tonight?” (Apakah kamu mau gabung dengan kita untuk bermain bola basket malam ini?)

You           :”I want to, but unfortunately my hands are still sprained.” (Saya sebenarnya ingin ikut, tapi tangan saya masih keseleo).

  1. Thank you so much for the invitation, but

Kata ini bisa dipakai di saat kondisi formal, contoh penggunaannya:

Boss          :”I invite you tomorrow to come to celebrate our achievement in last 1 month” (Saya mengundang anda besok untuk datang merayakan pencapaian kita dalam 1 bulan terakhir).

You           :”Thank you so much for the invitation boss, but I have family gathering to attend tomorrow” (Terimakasih bos atas undangan nya , tapi saya sudah ada acara keluarga yang akan saya hadiri besok).

Jika kalian ingin mengetahui kemampuan dasar bahasa inggris dan mengetahui level bahasa inggris anda, silahkan coba 2 minutes test di website ini. Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WA kami di 0821 4545 8411.