fbpx

Cara Lain untuk Bilang “I don’t know”

Gede Murta

“Saya tidak tahu” atau “i don’t know” adalah kalimat yang sering diucapkan ketika seseorang tidak mengetahui sesuatu. Namun, tahukah kamu tentang cara lain untuk bilang “i don’t know”?. Mungkin banyak dari kalian yang merasa terlalu sering menggunakan kalimat itu, sehingga ingin menemukan cara lain untuk menggantikan kalimat tersebut.

Ketika seseorang bertanya sesuatu kepada kamu, dan kamu tidak bisa menjawabnya atau bahkan kamu sama sekali tidak memiliki bayangan atau informasi tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, ingin menggunakan kalimat “I don’t know” rasanya sudah terlalu sering digunakan, jawaban anti mainstream berikut ini bisa menjadi soluinya, simak pembahasannya dibawah ini!

 

  • “I have no idea”

 

Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, “I have no idea” berarti “saya tidak ada ide” yang memiliki makna bahwa saya tidak tahu.

Misalkan:

Thomas : “Hi do you know if James is coming for the movie?” (Hai, apakah kamu tahu James datang untuk menonton film?)

You         : “I have no idea, I haven’t spoken to James” (Saya tidak tahu, saya belum berbicara dengan James)

 

  • “I have no clue” atau  “I haven’t the foggiest idea”

 

Kalimat ini digunakan ketika kamu tidak punya informasi tentang jawaban dari pertanyaan yang ditujukan padamu. I have no clue berarti saya tidak ada petunjuk sama sekali, sedangkan i haven’t the foggiest idea merupakan sebuah idiom yang memiliki arti “ide yang kabur”.

Misalkan:

Cindy          :”Hi do you know who broke this glass?” (Hai apakah kamu tahu siapa yang memecahkan gelas ini?).

Karena kamu tidak berada disana ketika gelas itu pecah, maka kamu tidak tahu siapa pelakunya, oleh karena itu kalimat yang bisa kamu pakai adalah:

You              :”I have no clue.” Atau “I haven’t the foggiest idea.” (saya tidak tahu).

 

  • “How should I know?”

 

“Bagaimana mungkin saya tahu?” adalah arti secara langsung dari kalimat tanya ini. Kalimat ini digunakan ketika kamu merasa sedikit risih dengan pertanyaan orang lain padamu.

Misalkan:

Daniel         : “Hi do you know James has started dating Gina?” (Hey apakah kamu tahu James sudah mulai berkencan dengan Gina?)

You :”How should I know?” (bagaimana mungkin aku tahu?)

 

  • “Don’t ask me …”

 

Kalimat ini hampir sama dengan kalimat nomor 3 sebelumnya yaitu digunakan ketika kamu merasa sedikit risih dengan pertanyaan orang lain padamu. “Don’t ask me” dalam bahasa indonesia berarti “jangan tanya saya”

Misalkan:

Dessy :”Do you know who stole money from my wallet?” (apakah kamu tahu siapa yang mencuri uang di dompet saya?)

You :”Don’t ask me” (jangan tanya saya).

 

  • “Search me …”

 

Kata ini sedikit sarkastik yang jika diterjemahkan secara langsung berarti “geledah saya/cari saya”. Kalimat ini hampir sama dengan kalimat nomor 3 dan 4 sebelumnya. Contoh penggunaannya:

Boss   :”Hi Nadia, do you know who helped Aryo with this project?” (Hey Nadia, apakah kamu tahu siapa yang membantu Aryo dalam proyek ini?

You :”Search me

Kata “search me” merupakan kata slang word yang berarti “cari saja” karena jawabannya tidak akan ketemu. Jadi ibarat tidak akan menemukan jawabannya. Ungkapan lain untuk menyatakan tidak tahu.

 

  •  “It beats me”

 

Ketika kalian merasa tidak paham atau mengerti tentang suatu hal, misalkan ketika kalian sedang berada di kampus dan dosen kalian sedang mengajar dan kalian tidak dapat mengerti pelajaran yang dia ajarkan, kemudian teman kalian bertanya apakah kalian bisa mengerti yang dosen itu ajarkan. Untuk menjawabnya kalian bisa menggunakan kalimat ini:

Your friend : “Do you understand what he is saying?” (apakah kamu mengerti apa    yang dia katakan?)

You              : “It beats me

 Beats me” merupakan “phrase” yang memiliki arti tidak mengetahui, tidak mengerti akan penjelasan sesuatu.

 

  • “Not as far as i know”

 

Dalam keadaan ketika seseorang memberitahu atau bertanya kepada kalian, dan informasi yang ia berikan itu mungkin benar, tetapi berdasarkan informasi yang kalian miliki itu tidak benar, atau kalian tidak tahu sama sekali, misalkan:

Someone    : “Hi, you know what, Susan got married” (hai, kamu tahu ga, Susan sudah menikah).

Dan terakhir kali kalian bertemu Susan, dia belum menikah, maka kalian menjawab:

You              :  “Not as far as I know” (tidak sejauh yang saya ketahui)

Disini kalian berusaha menjawab bahwa, ya mungkin Susan sudah menikah, tetapi sejauh yang kalian ketahui dia belum menikah dan kalian tidak tahu apakah dia sudah menikah atau belum.

 

  • “Who knows”

 

Kalimat terakhir yang bisa kalian gunakan adalah “who knows”. Jadi, kapan kalian bisa menggunakan kalimat ini? Ketika benar-benar tidak ada jawaban untuk pertanyaan itu, tidak ada seorangpun yang tahu jawabannya, misalkan:

Your friend : “When will animals die?” (kapan hewan akan punah)

You              : “Who knows?” (siapa yang tahu?)

Itulah tadi beberapa kalimat yang bisa kalian gukanan sebagai pengganti kalimat atau ekspresi “I don’t know”, menarik bukan? Ternyata banyak ekspresi yang bisa kalian gunakan, jadi membuat kata-kata kalian lebih bervariasi. Yuk gabung dengan English café Bali. English café Bali adalah tempat kursus bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor 0361(481910) atau WA 0821 4545 8411.

Leave a Comment