fbpx

Berbicara Tanpa Berbicara

Gede Murta

2440A00600000578-0-image-a-96_1419432971058.jpg

Dilihat dari judulnya, mungkin Justin Bieber akan langsung bernyanyi… What do you mean? Hehe. Maksud judul artikel ini adalah mengenai bahasa tubuh. Apa hubungannya dengan bahasa Inggris? Ketika kita mempelajari suatu bahasa, tidak hanya bahasa Inggris, kita juga harus belajar mengenai budaya bahasa negara itu. Budaya tidak hanya terdapat pada seni tari atau kesenian lainnya, tetapi juga budaya berbahasanya, termasuk gesture dan gerakan tubuh yang memiliki maksud tertentu. Beberapa yang akan dibahas di bawah ini adalah yang paling populer dan banyak diketahui orang. Kita lihat sama-sama, yuk?

 

  • Penggunaan Jari atau Tangan

Hand Gesture 1

Gerakan tangan atau jari yang biasa kamu lakukan di lingkungan sekitarmu, bisa saja memiliki arti dan maksud lain di negara lain. Sebagai contoh, di Timur Tengah adalah sebuah penghinaan besar jika kamu makan atau memberikan sesuatu dengan menggunakan tangan kiri. Jika kamu akan mengunjungi negara Cina, Jepang, atau Amerika Latin, sebaiknya jangan menunjuk orang menggunakan tanganmu, karena itu dianggap sangat tidak sopan! Melingkarkan jari telunjuk dan jempolmu mungkin berarti ‘OK’, namun jika melakukan gerakan ini di Jepang, maka artinya adalah uang.

  • Salam Pembuka

handshake_2083366c

Bersalaman di negara-negara Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan sebaiknya jangan mencengkeram terlalu erat karena akan dianggap agresif. Mereka masih melakukan tradisi membungkuk untuk memberi salam, walaupun sesekali bersalaman juga. Di Timur Tengah, durasi bersalaman biasanya lebih lama daripada di negara-negara Eropa.

  • Cara Duduk

0PNd8K8LzNoiLLCpItPuGpR-LVY

Perhatikanlah cara dudukmu dalam pertemuan bisnis atau acara makan malam jika kamu mengunjungi negara lain. Duduk dengan menyilangkan kaki di Jepang dianggap sangat tidak sopan, apalagi jika berhadapan dengan orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. Di beberapa negara di Timur Tengah, sangatlah menghina jika kamu menunjukan telapak kakimu atau sol sepatumu ke orang lain. Sepatu juga menjadi suatu bentuk protes atau hinaan kepada seseorang. Seperti di tahun 2008, ketika mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush berkunjung ke Irak, beliau dilempari sepatu oleh salah satu pendemo disana. Wah, gak nyangka ya! Sebuah sepatu bisa menjadi hal yang bersifat menghina.

  • Kontak Mata

dnews--1364--why-does-everyone-hate-eye-contact--large.thumb

Kontak mata yang lama dan berkelanjutan dianggap menantang di negara Amerika Latin dan Afrika. Sedangkan di Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa Barat, kontak mata yang lama merupakan tanda bahwa kamu sangat tertarik dengan apa yang orang lain bicarakan dan adalah sebuah tanda bahwa kamu orang yang percaya diri. Di lain sisi, kontak mata antara jenis kelamin yang berbeda di negara Timur Tengah dianggap tidak pantas dan tidak sopan.

  • Sentuhan

touch-head

Di negara-negara benua Eropa Utara dan benua Asia Timur, bersentuhan adalah hal yang jarang sekali dijumpai dalam interaksi sehari-hari. Bahkan, tidak sengaja bersentuhan lengan pun, orang-orang di sana akan meminta maaf. Sebaliknya di negara Eropa Selatan, Timur Tengah, dan Amerika Latin, bersentuhan merupakan salah satu bentuk bersosialisasi. Namun, bersentuhan pun ada batasnya. Di Arab Saudi, jika sesama pria bertemu, mereka akan berjabat tangan dan mencium tangan. Jika pria bertemu wanita, hal itu tidak akan dilakukan. Di Laos, menyentuh kepala orang lain (bahkan anak kecil) adalah hal yang sangat tabu.

Jika tidak saling mengetahui tradisi ini, banyak orang akan menjadi salah paham dan timbul rasa ketidaksukaan antara satu sama lain. Jadi, tidak ada salahnya kita mempelajari unspoken language ini. Dalam mempelajari bahasa, hal seperti ini juga tidak kalah pentingnya untuk dibahas. Semoga bermanfaat ya! 🙂

 

Baca juga:

Leave a Comment