“Tak kenal maka tak sayang.” Pepatah klasik yang diucapkan ketika pertemuan pertama dengan orang baru di setiap situasi. Yap, perkenalan memang sangat penting untuk mengetahui siapa lawan bicara kalian. Ketika belajar bahasa Inggris, hal yang paling pertama dipelajari adalah belajar memperkenalkan diri atau belajar bagaimana atau cara kalian bisa memperkenalkan diri kepada orang lain. Begitu juga ketika kalian belajar berbicara, untuk mempraktikkan materi conversation yang diberikan oleh guru pasti didahului dengan self introduction. Bagaimana cara kalian memperkenalkan diri? Sepertinya sih gitu-gitu aja, ya. Nama lengkap, nama panggilan, tinggal dimana, etc. Tapi ketika saya meminta orang untuk memperkenalkan diri, mereka rata-rata bilang,”Duh, apa lagi ya?”. Jika kalian akan menghadapi interview, mungkin konsep untuk memperkenalkan diri dengan terstruktur dapat kalian gunakan untuk memperkenalkan diri agar persiapan kalian terlihat lebih matang.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

How to Introduce Yourself?

Rule #1

Sapalah terlebih dahulu orang-orang yang akan kalian ajak bertatap muka. Sapaan dapat berupa:
– Good morning/day/afternoon/evening, how are you?
– Hello everyone; Hello everybody; Hi everyone, how are you.

Rule #2

Utarakan maksud dan tujuan kalian berada di depan lawan bicara. Tujuan kalian kan ingin memperkenalkan diri nih, maka beberapa ucapan yang bisa kalian katakan sebelum terjun langsung ke perkenalan diri adalah sebagai berikut:
– Allow me to introduce myself. (Izinkan saya memperkenalkan diri saya)
– I’m here to introduce myself. (Saya disini untuk memperkenalkan diri saya)
– Let me introduce myself. (Izinkan saya memperkenalkan diri)
– May I introduce myself first? (Bolehkah memperkenalkan diri terlebih dahulu?)
– I would like to introduce myself first. (Saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu)

Rule #3

Kalian bisa menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Untuk nama lengkap dilanjutkan dengan menyebutkan nama panggilan, kalian bisa memulainya dengan sebagai berikut:

– My complete name is.., My nickname is.., (Nama lengkap saya adalah… Nama panggilan saya adalah..)
– My name is.., You can call me… (Nama saya adalah.., Anda bisa memanggil saya..)
– My full name is.. Everyone usually calls me.. (Nama lengkap saya adalah.. Orang-orang biasa memanggil saya..)
– I am… (Saya…)

Baca juga:

Rule #4

Lalu setelah nama, bisa langsung menyebutkan identitas diri secara lengkap seperti berikut:
– Katakan dimana serta kapan kalian lahir (I was born in (tempat), lalu dilanjutkan dengan tanggal. Contoh; I was born in Denpasar on March 12, 1993).
– Usia kalian saat ini. (I am (sebut umur))
– Tempat tinggal kalian seperti nama jalan dan alamat kalian saat ini. Contoh, I live in Surabaya, exactly at Pulau Ayu street number 3
– Hobby. Kalian bisa menggunakan kalimat I like…, My hobby is/my hobbies are.., My activities are.., dan My interests are…

Rule #5

Ceritakan sedikit tentang keluarga kalian mulai dari tinggal dengan siapa di rumah, berapa banyak saudara yang kalian punya, apa pekerjaan orang tua kalian, nama saudara kalian, atau bisa juga kalian sebut kalian lulusan mana, memiliki pengalaman apa saja dan sebut tugas utama kalian.

Contoh: I live with my family. I have 1 older sister. She is a student. My parents’ work is a civil servant. About my college, I graduated from Bikini Bottom University, majoring in Marine Engineering. As a fresh graduate, I have an internship experience at PT Bahagia Bersama for 3 months. My main responsibilities there are working with my supervisor to supervise Spongebob and Patrick as the main staff to fix the ship.
Artinya: Saya tinggal bersama keluarga saya. Saya memiliki 1 kakak perempuan. Dia adalah seorang pelajar. Pekerjaan orang tua saya adalah pegawai negeri. Tentang kuliah saya, saya lulus dari Bikini Bottom University, jurusan Teknik Kelautan. Sebagai lulusan baru, saya memiliki pengalaman magang di PT Bahagia Bersama selama 3 bulan. Tanggung jawab utama saya di sana adalah bekerja dengan supervisor saya untuk mengawasi Spongebob dan Patrick sebagai staf utama untuk memperbaiki kapal.

Rule #6

Buat kalimat penutup. Beberapa kalimat penutup dalam memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris bisa kalian lakukan dengan beberapa kalimat ini:

– That’s all, this is the end of my self-introduction, thank you for your attention, dan nice to meet you.
– That’s all about my introduction. Thank you for your attention and pleased to meet you.
– That’s the end of my introduction. Thank you and have a nice day. 

Baca juga:

Berikut contoh lengkapnya:

Introduction:

Hi. Good Morning. Let me introduce myself first. My name is Serena Salim. You can call me Serena like everyone usually does. I was born in Jakarta on the twenty-second of April nineteen ninety-nine (22 April 1999). I am now 21 years old and this year less than 4 months I’m turning 22. I live with my family including my parents at Pulau Serangan street number 23, Denpasar. I have some that I usually spend on my weekend such as dancing, singing and playing the guitar. About my education, I am a recent graduate from Maju University passed with a GPA of 3.51, a bachelor’s degree in Psychology with a speciality in Human Resources. I have 2 internship experiences. Firstly, at PT Kemilau for 3 months as an HR staff and secondly at PT Laju as a recruitment staff for 6 months. That’s all about my introduction. Thank you.

Meaning/artinya:

Hai. Selamat pagi. Izinkan saya memperkenalkan diri dulu. Nama saya Serena Salim. Anda bisa memanggil saya Serena seperti yang biasanya dilakukan semua orang. Saya lahir di Jakarta pada tanggal dua puluh dua April sembilan belas sembilan puluh sembilan (22 April 1999). Umur saya sekarang 21 tahun dan tahun ini kurang dari 4 bulan umur saya 22 tahun. Saya tinggal bersama keluarga termasuk orang tua saya di Jalan Pulau Serangan nomor 23, Denpasar. Saya memiliki beberapa hal yang biasanya saya habiskan di akhir pekan seperti menari, menyanyi, dan bermain gitar. Tentang pendidikan saya, saya lulusan baru dari Universitas Maju lulus dengan IPK 3,51, gelar sarjana Psikologi dengan spesialisasi dalam Sumber Daya Manusia. Saya memiliki 2 pengalaman magang. Pertama, di PT Kemilau selama 3 bulan sebagai staf HR dan kedua di PT Laju sebagai staf rekrutmen selama 6 bulan. Itu semua tentang perkenalan saya. Terima kasih.

Nah itulah cara atau bagaimana belajar memperkenalkan diri di depan seseorang. Sebelum terjun langsung, alangkah baiknya kalian berlatih terlebih dahulu dengan teman kalian atau jika malu kalian bisa berlatih sendiri di depan kaca. Tapi lebih baik dengan teman, karena jika salah kalian bisa memintanya untuk mengoreksi. Dengan sering berlatih belajar memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, nantinya kalian akan lancar tidak tidak gugup. Good luck!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!