“Tak kenal maka tak sayang.”

Pepatah klasik yang diucapkan ketika pertemuan pertama dengan orang baru, di setiap situasi. Yap, perkenalan memang sangat penting untuk mengetahui siapa lawan bicara kalian. Ketika belajar bahasa Inggris, hal yang paling pertama dipelajari adalah bagaimana kalian bisa memperkenalkan diri kepada orang lain. Begitu juga ketika kalian belajar speaking, untuk mempraktikkan materi conversation yang diberikan oleh guru pasti didahului dengan self introduction.

Bagaimana cara kalian memperkenalkan diri? Sepertinya sih gitu-gitu aja, ya. Nama lengkap, nama panggilan, tinggal dimana, etc. Tapi ketika saya meminta orang untuk memperkenalkan diri, mereka rata-rata bilang,”Duh, apa lagi ya?”

Jika kalian akan menghadapi interview, mungkin konsep untuk memperkenalkan diri dengan terstruktur dapat kalian gunakan untuk memperkenalkan diri agar persiapan kalian terlihat lebih matang.

How to Introduce Yourself?

Rule #1
Sapa dulu orang-orang yang akan kalian ajak bertatap muka. Sapaan bisa berupa
– Good morning/day/afternoon/evening, how are you?
– Hello everyone, Hello everybody, Hi everyone, how are you.

Rule #2
Utarakan maksud dan tujuan kalian berada di depan lawan bicara. Tujuan kalian kan ingin memperkenalkan diri nih, maka beberapa ucapan yang bisa kalian katakan:
– Allow me to introduce myself.
– I’m here to introduce myself.
– Let me introduce myself.
– May I introduce myself?
– I would like to introduce myself.

Rule #3
Kalian bisa menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Untuk nama lengkap dilanjutkan dengan menyebutkan nama panggilan, kalian bisa memulainya dengan
– My complete name is.., My nickname is..,
– My name is.., You can call me…
– I am…

Rule #4
Identitas diri secara lengkap seperti:
– Katakan dimana serta kapan kalian lahir (I was born in (tempat), lalu dilanjutkan dengan tanggal, misalnya I was born in Denpasar, March 12, 1993).
– Usia kalian saat ini.
– Tempat tinggal kalian seperti nama jalan dan alamat kalian saat ini.
– Hobby. Kalian bisa menggunakan kalimat I like…, My hobby is.., My activities are.., dan My interests are…

Rule #5
Ceritakan sedikit tentang keluarga kalian mulai dari tinggal dengan siapa di rumah, berapa banyak saudara yang kalian punya, apa pekerjaan orang tua kalian, nama saudara kalian, berapa umurnya atau sebut profesinya sekarang.

Rule #6
Buat kalimat penutup. Beberapa kalimat penutup dalam memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris bisa kalian lakukan dengan beberapa kalimat ini,  that’s all, this is the end of my self-introduction, thank you for your attention, dan nice to meet you. Jangan lupa mengucapkan terima kasih 😉

Semoga kalian tidak grogi dan kehabisan kata lagi dalam memperkenalkan diri. Penggunaan kalimat juga disesuaikan dengan situasi formal atau informal yang kalian hadapi.

Good luck!