Kalian seorang pekerja? Atau mungkin seorang fresh graduate yang sedang mencari kerja? Kalian tahu nggak sih kalau ada berbagai istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris?
Seperti yang kita semua tahu, di zaman yang serba modern dan semua hal berpusat pada skala internasional ini, bahasa Inggris akan sangat-sangat penting untuk dikuasai agar bisa bertahan di persaingan dunia kerja yang keras. Selain untuk meningkatkan value diri, penguasaan bahasa Inggris juga akan berpengaruh pada semakin tingginya potensi untuk peningkatan karir kalian.
Untuk itu, penting bagi kalian untuk mengetahui dan menguasai berbagai vocabulary dan juga istilah-istilah bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia kerja. Apa saja itu? English Cafe Bali, sebagai salah satu tempat kursus terbaik untuk kursus bahasa Inggris di Bali, akan memberikan beberapa contoh istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris beserta artinya untuk kalian berikut ini!
- Istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris
- Meningkatkan karir dengan memahami istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris
Ingin memiliki karir di dunia kerja yang bagus? Atau ingin bersaing di pasar internasional? Pahami istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris bersama English Cafe Bali, disini!
Istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris
Pemahaman istilah kerja dalam bahasa Inggris untuk kalian yang akan mencari kerja ataupun sudah bekerja, akan menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai. Jadi untuk memudahkan kalian mengerti dan terbiasa menggunakannya dalam dunia kerja nantinya, bisa disimak beberapa contoh istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris berikut ini beserta dengan penjelasannya.
-
Daily stand up
Istilah ini berarti meeting singkat yang berdurasi hanya 10-15 menit saja dan dilakukan setiap pagi hari, guna membahas rencana kerja pada hari tersebut ataupun perkembangan proyek yang sedang berlangsung. Nantinya, setiap anggota tim akan menyampaikan mengenai hal yang sedang dikerjakan, kesulitan yang dihadapi, dan juga rencana kerja yang akan dilakukan pada hari tersebut.
-
Town Hall
Ini berarti suatu meeting yang diadakan oleh perusahaan secara sengaja untuk menyampaikan update, terkait kondisi perusahaan, keadaan bisnis, serta pencapaian lainnya, dan juga town hall ini digunakan untuk menyelaraskan kembali visi dan misi semua karyawan.
-
Timeline
Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris berikut ini berarti perkiraan waktu atau perencanaan waktu yang dibutuhkan oleh seorang karyawan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
-
MoM (Minutes of Meeting)
Istilah untuk catatan yang dibuat selama meeting. MoM ini akan berisi rangkuman dan juga hal-hal penting yang dibahas saat meeting berlangsung. Dan nantinya MoM ini akan berguna untuk pengingat untuk para peserta meeting agar tidak lupa akan hal apa yang harus dikerjakan ataupun sebagai bahan evaluasi akan yang terjadi sebelumnya.
-
Conference Call
Concall sebutan familiar untuk conference call adalah istilah untuk sebuah kondisi dimana seorang karyawan melakukan pembicaraan dengan dua orang yang berbeda atau bahkan lebih dalam waktu yang bersamaan. Para karyawan yang tergabung dalam concall dapat berbicara, bertukar informasi, dan mendengarkan pembicaraan antara satu orang dan yang lainnya.
-
TBD dan TBC
TBD atau To Be Discussed adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu topik yang memerlukan pembahasan lebih lanjut nantinya. Dan TBC atau To Be Confirmed adalah istilah untuk kondisi dimana suatu informasi atau proyek yang harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak yang terkait.
-
Weekly Sync
Dalam istilah ini weekly berarti mingguan dan sync adalah singkatan dari synchronize yang dalam bahasa Indonesia berarti sinkronisasi. Jadi, istilah ini berarti meeting atau pertemuan yang dilakukan per-minggu dan melaporkan/mendiskusikan tentang apa yang sudah dikerjakan oleh setiap tim yang ada dalam periode 1 minggu terakhir.
-
SOP (Standard Operational Procedure)
Dalam dunia kerja, istilah ini berarti standar yang menjadi panduan untuk semua karyawan dalam bekerja dan ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan dibuatnya SOP adalah untuk membuat karyawan bekerja dengan teratur.
-
Overtime
Kalian yang seorang pekerja, pernahkan kalian bekerja melebihi waktu yang ditentukan? Nah jika pernah, inilah yang dimaksud dengan overtime, atau mungkin kalian sering menyebutnya dengan lembur. Karyawan yang bekerja melebihi jam kerja normal, biasanya untuk mengejar deadline yang diminta oleh atasan.
-
SOW
Istilah ini adalah singkatan dari Scope Of Work atau dikenal dengan instruksi yang isinya berupa persetujuan kerjasama dan perjanjian antara suatu perusahaan dengan talent atau influencer untuk membuat sebuah promosi.
-
Monthly Report
Monthly report adalah istilah untuk laporan bulanan yang biasanya disampaikan oleh setiap tim/divisi kepada manajer yang bertanggung jawab. Laporan di sini bisa berbentuk dokumen seperti excel/google sheet, powerpoint/google slides, ataupun laporan yang ditulis secara naratif di word/google docs. Hal ini nantinya akan kembali pada jobdesk masing-masing karyawan.
-
KPI
Pernah dengar istilah KPI atau Key Performance Indicator? Ini adalah istilah untuk alat ukur atau indikator untuk menilai kinerja atau performa dari seorang karyawan. KPI biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melihat sejauh mana karyawan tersebut bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
-
Workflow
Biasanya dikenal dengan alur kerja dari seorang karyawan saat mengerjakan task atau tugas yang dibebankan. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan urutan bisnis atau jalannya sebuah pekerjaan, yang nantinya akan membentuk sebuah proses bisnis. Dan istilah workflow ini biasanya akan berkaitan erat dengan SOP sebuah perusahaan.
-
Self Assessment/Self Review
Istilah ini adalah untuk penyebutan penilaian diri karyawan akan kinerja mereka sendiri dalam kurun waktu tertentu yang telah ditentukan oleh perusahaan. Penilaian ini akan menyangkut mengenai apakah tujuan yang disepakati sudah tercapai atau apa saja kiat-kiat mereka untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
-
Peer Review
Peer review adalah istilah lanjutan setelah self review. Ini adalah istilah untuk meminta penilaian dan menilai yang dilakukan oleh sesama rekan kerja, khususnya kepada rekan yang berada dalam 1 tim/divisi. Melalui penilaian ini akan terlihat apakah komunikasi sesama anggota tim/divisi berlangsung dengan baik.
-
Performance Review
Kedua assessment yang telah dibahas pada nomor 12 dan 13 adalah bagian dari istilah ini. Istilah ini adalah istilah untuk periode penilaian bagi setiap karyawan dalam periode 2 kali dalam setahun. Saat performance review, manajer akan melihat dan menilai improvisasi apa saja yang sudah kalian lakukan, apa saja aspek yang perlu ditingkatkan, dan apa saja kontribusi yang sudah kalian berikan kepada tim ataupun perusahaan.
-
HQ
HQ atau Headquarter adalah istilah untuk menyebutkan perusahaan pusat. Umumnya istilah ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki lebih dari 1 cabang atau gedung operasional. Semua administrasi dan juga inventaris biasanya akan disimpan di kantor HQ.
-
Family Gathering
Family gathering adalah istilah untuk acara dimana semua karyawan berkumpul dan mengadakan acara di suatu tempat dengan membawa sanak keluarganya masing-masing.
-
Happy Hour
Istilah ini berarti acara kumpul-kumpul sebuah tim baik secara online maupun offline dan biasanya dilakukan dalam hitungan jam saja. Nantinya pertemuan ini akan diisi dengan games, makan bersama, saling bercerita, dan aktivitas lainnya untuk membentuk bonding dengan rekan tim.
-
Outing
Salah satu kegiatan kantor yang bertujuan untuk rekreasi dan bersenang-senang, hal ini dilakukan biasanya untuk mengapresiasi kerja keras dan juga pencapaian para karyawan.
-
FU
FU atau Follow Up adalah istilah yang digunakan untuk suatu tindakan yang dilakukan untuk menanyakan ataupun memberikan informasi lanjutan terkait suatu pekerjaan dari/kepada orang lain.
-
Pitching
Usaha yang dilakukan oleh karyawan untuk menyakinkan orang lain/client/kolega, tujuannya pun bisa bervariasi seperti mendapatkan pendanaan, berkolaborasi dengan perusahaan besar, dan lain sebagainya.
-
Remote Working
Merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris untuk kondisi kerja jarak jauh dimana karyawan bebas bekerja darimana saja selama bisa menyelesaikan tugas dalam kurun waktu dan target yang telah disepakati.
-
Cut off
Istilah ini digunakan untuk menunjukkan suatu kondisi dimana kamu sudah tidak boleh memasukkan data-data untuk keperluan tertentu. Misal, cut off presensi untuk gajian itu di tanggal 20, maka kalian hanya memiliki waktu hingga tanggal 20 saja untuk memenuhi presensi kehadiran.
-
Revenue
Istilah ini adalah istilah paling umum di dunia kerja. Revenue adalah pendapatan atau dana yang diperoleh oleh suatu bisnis dalam kurun jangka waktu tertentu. Biasanya revenue ini diperoleh dari hal penjualan produk, baik berupa barang maupun jasa.
-
Profit
Profit adalah istilah dalam dunia kerja yang berarti pendapatan yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi oleh modal dan biaya-biaya lainnya.
-
Payroll
Istilah ini berarti proses penghitungan dan pembayaran gaji kepada karyawan sebuah perusahaan. Proses payroll ini dilakukan secara berkala, misalnya mingguan atau bulanan, tergantung dengan kebijakan perusahaan.
-
Reimburse
Reimburse dapat diartikan sebagai ganti rugi perusahaan atas biaya-biaya yang dikeluarkan, sementara, secara pribadi untuk keperluan-keperluan kantor.
-
Layoff
Layoff atau biasanya dikenal dengan istilah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), merupakan pengurangan jumlah karyawan dalam suatu perusahaan karena alasan bisnis tertentu.
-
Work Life Balance
Istilah ini merujuk pada keseimbangan antara pekerjaan dan juga kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Istilah ini mengacu pada kemampuan seseorang mencapai kebahagian dan kepuasan dalam kehidupan pekerjaan maupun pribadi.
Baca juga : 60+ Istilah Fashion Dalam Bahasa Inggris
Meningkatkan karir dengan memahami istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris
Sebagai seorang fresh graduate yang sedang mencari kerja ataupun sebagai orang yang sudah bekerja, pemahaman akan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris sangat penting bagi kelangsungan karir kalian. Selain untuk membuat komunikasi dengan rekan kerja menjadi lebih mudah, hal ini juga agar kalian paham benar akan apa yang harus kalian kerjakan/lakukan nantinya. Banyaknya istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris, akan membuat kalian diharuskan secara tidak langsung untuk mulai belajar dan menguasai, paling tidak bahasa Inggris dasar. Karena jika bahasa Inggris dasar saja kalian tidak paham, akan berdampak sangat besar pada pemahaman kalian akan istilah-istilah penting lainnya. Dan tentu hal tersebut akan berpengaruh juga pada penilaian kalian sebagai seorang karyawan, yang mana bisa mengancam karir kalian untuk kedepannya.