Kalau kamu masih belajar bahasa Inggris menggunakan buku bahasa Inggris yang menjanjikan kamu akan lancar berbahasa Inggris dalam 40 jam, itu artinya kamu kuno. Di zaman ketika teknologi sudah semakin berkembang, media untuk belajar bahasa Inggris juga semakin berkembang. Penggunaan buku sudah semakin ditinggalkan karena kamus pun sudah tersedia di ponsel. Jika kamu termasuk orang yang suka belajar dengan cara yang menyenangkan, mungkin opsi menonton film untuk belajar bahasa Inggris bisa dicoba. Mau tau gimana caranya? Yuk, kita baca penjelasan di bawah ini.

Sebelum lanjut membaca, Kamu juga bisa melakukan tes bahasa inggris gratis

Tes Bahasa Inggris Gratis

 

1. Pilih film yang kamu sukai

belajar bahasa inggris sambil menonton film

Mungkin tips ini yang terdengar paling mudah (dan menyenangkan, pastinya). Ada banyak sekali film menarik yang bisa kamu pilih untuk membantumu belajar bahasa Inggris. Tapi pastikan bahwa film itu tidak akan membuatmu bosan. Jika kamu bosan, maka sudah bisa dipastikan kamu akan malas menyimak isinya, dan kamu tidak akan belajar sama sekali. Pilihlah film sesuai dengan genre favoritmu. Tapi jangan pilih film bisu, ya! Hehe.

Baca juga: Cara lancar bahasa inggris dengan film

 

2. Sesuaikan film dengan kemampuan bahasa Inggrismu

Menonton Film sambil belajar bahasa inggris

Setelah kamu memilih beberapa film yang kamu sukai, sekarang tinggal kamu sesuaikan film-film tersebut dengan kemampuan bahasa Inggrismu. Jika kamu sudah cukup fasih berbahasa Inggris, mungkin kamu bisa menonton film Romeo and Juliet. Atau kamu juga bisa mencoba menonton adegan film terkenal untuk belajar bahasa inggris dengan subtitle Bahasa Indonesia atau English di SINI. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa Inggris era Shakespeare yang tingkat kesulitannya cukup tinggi; bahkan penutur asli pun kadang tidak begitu paham dengan bahasa ini. Namun jika kamu masih tergolong pemula, tidak ada salahnya menonton film animasi untuk anak-anak, lho!

Baca juga: Cara belajar tenses dengan film

 

3. Gunakan subtitle atau tidak sama sekali

Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film

Jika kamu masih sulit mendengar dan mengerti apa yang dikatakan si karakter dalam film itu, kamu bisa menggunakan subtitle. TAPI… pastikan kamu menggunakan subtitle bahasa Inggris ya! Coba kunjungi chanel youtube ini sebagai contohnya. Kalau kamu menggunakan subtitle bahasa Indonesia, sama saja kamu tidak belajar bahasa Inggris. Nah, kalau kamu suka dengan tantangan, coba menonton film tanpa subtitle. Kalau kamu bisa mengerti apa yang dibicarakan dalam film tersebut, maka kemampuanmu berbahasa Inggris sudah termasuk mahir.

Baca juga: Contoh perkenalan diri dari film

 

4. Cari di kamus

Saat kita menonton film berbahasa Inggris, pasti akan menemukan banyak kata baru yang belum familiar atau jarang kita gunakan. Tidak ada salahnya kok untuk mencari arti kata yang kita temukan itu di kamus. Tidak harus membuka kamus yang tebalnya minta ampun. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari arti kata tersebut atau kamu bisa menggunakan aplikasi kamus di smart phone kamu. Belajar bahasa Inggris sudah ‘gak seribet dulu!

Baca juga: Belajar bahasa inggris melalui film

 

5. Tiru kata-kata yang muncul di film

Di sepanjang film, kamu mungkin akan menemukan ungkapan yang keren untuk dipraktekkan dalam percakapan sehari-hari. Ungkapan seperti ‘hell yeah!’, ‘you betcha’, atau ‘for real’ adalah ungkapan yang sering digunakan oleh native speaker. Nah, dengan meniru apa yang dikatakan si karakter itu, kamu bisa mengingatnya dalam waktu yang lama. Salah satu kelebihan belajar bahasa Inggris melalui film adalah kamu bisa belajar bahasa Inggris ASLI. Maksudnya adalah bahasa Inggris yang memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan textbook English.

Baca juga: Situs belajar bahasa inggris fun yang tidak banyak orang tahu

 

6. Just relax and enjoy it!

Ini hanya film, kamu tidak akan dinilai oleh siapapun jika kamu tidak mengerti isi film itu. Jika saat menonton film kamu ketinggalan suatu kata yang menarik, tidak usah terlalu dipikirkan. Menonton film seharusnya membuatmu terhibur, bukannya malah menjadi stres dan frustrasi karena terlalu terfokus untuk belajar. Relax! Masih ada waktu untuk belajar sambil menonton film.

 

Kenapa kamu masih belum bisa bahasa inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya jika kamu tidak bisa datang langsung. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.
Coba Sekarang

 

Di English Cafe, kita adalah professional di program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau Conversational kelas, General dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED