fbpx

Belajar Sambil Nonton Film? Hmm…

Gede Murta

Bosan kali ya, belajar bahasa Inggris dengan cara yang biasa-biasa saja. Mendengarkan guru mengajar, menjawab latihan soal, bikin PR, repeat. Sesekali cara konvensional itu perlu diubah lho, misalnya belajar dengan media lagu atau mengunjungi tempat-tempat wisata dan merekam percakapanmu dengan salah satu bule di sana.

Metode baru ini tidak hanya membuat skill kamu makin terasah, tapi juga membuat rasa percaya dirimu meningkat jika berbicara dengan orang asing.

Tidak sempat pergi di waktu luang karena jalanan ke tempat wisata macet? Atau lagi nggak punya uang buat bayar tiket masuk? Hehehe, tenang, ada kok solusi gampang kalau ingin santai di rumah tapi tetap belajar bahasa Inggris. Caranya adalah belajar menggunakan media film! Bedanya, belajar kali ini kamu nggak perlu pakai subtitle untuk mengerti isi film itu.

Simpan jauh-jauh dulu subtitlenya sewaktu menonton. Oke, ini dia step bagaimana kamu bisa belajar bahasa Inggris menggunakan film dengan mudah. Kalian akan bisa bertukar pikiran dan menebak-nebak kira-kira apa sih yang diceritakan oleh film tersebut?

1. Rencanakan kelompok kecil

Dengan membentuk kelompok kecil, kamu akan lebih mudah mendiskusikan isi film dengan sesama teman kelompok dengan pandangan yang berbeda-beda, tentu saja. Kamu bisa membantu teman yang ketiduran saat menonton (hahaha) dan minta dia mengulang kembali review film tersebut di depan teman-teman yang lain menggunakan bahasa Inggris.

Bisa juga kamu minta bantuan temanmu yang lebih mahir dalam skill mendengar, sehingga scene yang tidak kamu mengerti bisa ditanyakan kepada temanmu. Rencana ini sangat bagus jika diaplikasikan ke sekolah-sekolah.

Kamu bisa mengemukakan gagasan ini pada guru di sekolah dan pilihkan short movie sebagai bahan praktek, misalnya untuk film-film dokumenter yang pernah mendapatkan penghargaan. Selain menghemat waktu, itu juga bisa dimengerti oleh teman-teman yang lain karena tidak banyak dialog dan tentu saja, ada nilai moral yang bisa kalian petik dari tontonan tersebut.

2. Pilih jenis film yang akan di putar

Pilihan film juga sangat menentukan dalam proses belajar lho. Jauhkan dulu deh, film-film bertema horror atau pembunuhan dan kumpulan masalah yang terlalu pelik! Pilihan film harus melalui musyawarah sehingga bisa diputuskan bersama. Hindari film dengan adegan yang aneh-aneh.

Cari sinopsis di internet terlebih dahulu tentang film yang akan ditonton. Mulailah dengan film yang bisa ditonton oleh anak-anak, karena dialognya lebih mudah dimengerti. Note: tontonlah film yang belum pernah sama sekali ditonton. Nggak asyik dong kalau salah satu dari kalian sudah tahu jalan ceritanya -_-

3. Siapkan alat

Bukan bertempur namanya kalau sudah menyiapkan strategi tapi nggak bawa alat tempur. Gadget canggih sayang kalau nggak dimanfaatkan. Ayo mulai catat catat, rekam rekam, tonton tonton dengan semangat! Eits, jangan lupa siapkan kamusnya 🙂

Ayo, dikumpulin dulu koleksi film-film terbarumu sama teman-teman. Dijamin deh dengan metode ini kamu bisa menambah kosakata baru, termasuk slang yang sering muncul di film-film. Siap mencoba?

P.S. : Don’t forget your popcorn and cola!

Leave a Comment