fbpx

Beberapa Idiom Yang Bisa Digunakan Untuk Mendeskripsikan Sifat Seseorang

Gede Murta

Setiap orang tentunya memiliki sifat yang berbeda-beda. Sifat sendiri merupakan pembawaan dari sejak lahir. Tiap orang memiliki sifat baik dan buruk dan terkadang kita selalu berusaha untuk merubah sifat buruk yang kita miliki.

Ketika kita ingin menggambarkan/ mendeskripsikan sifat seseorang, kata-kata yang biasa digunakan tentunya adalah kata sifat/ adjectives. Seperti halnya galak, pelit, rajin, murah hati, dan lain sebagainya. Nah selain kata sifat/ adjectives, kita juga bisa mendeskripsikan sifat seseorang menggunakan suatu idiom. Penasaran apa saja idiom-idiomnya? Yuk dibaca beberapa idiom yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan sifat seseorang berikut ini guys!

1. Two-faced (bermuka dua/ munafik)

Example:

  • There are some two-faced employees in his working place. (Ada beberapa karyawan bermuka dua di tempatnya bekerjanya).
  • I don’t want to be your friend because you are a two-faced man. (Aku tidak ingin menjadi temanmu karena kamu orang bermuka dua).

2. Well-off (kaya)

Example:

  • Because of their hard work, they are quite well-off now. (Karena kerja keras mereka, mereka sekarang cukup kaya).
  • Mr. Tommy is very well-off and he is a generous man. (Mr. Tommy sangat kaya dan dia adalah orang yang bermurah hati).

3. Tight-Fisted (pelit/ tidak ingin menghabiskan atau memberikan banyak uang)

Example:

  • My mother is very tight-fisted with money. (Ibu saya sangat pelit/ perhitungan dengan uang).
  • Although he is a movie lover, he likes to think twice before buying a movie ticket in cinema because he is so tight-fisted. Walaupun dia adalah pecinta film, dia suka berpikir dua kali sebelum membeli tiket film di bioskop karena dia tidak ingin menghabiskan banyak uang).

4. Full of beans (penuh semangat)

Example:

  • She is so full of beans to win the singing competition. (Dia sangat bersemangat untuk memenangkan kompetisi menyanyi).
  • The students are so full of beans to celebrate the school birthday (Murid-murid sangat penuh semangat untuk merayakan ulang tahun sekolah).

5. Hot-blooded (sangat emosional)

Example:

  • He was so hot-blooded when he knew his helmet was stolen. (Dia sangat emosional ketika dia tahu jika helmnya dicuri).
  • Toni is a hot-blooded man. Therefore, his brother is really careful when he talks with him. (Toni adalah laki-laki yang sangat emosional. Maka dari itu, saudara laki-lakinya sangat berhati-hati ketika berbicara dengannya).

6. Long in the tooth (sudah berumur/ tua)

Example:

  • I May be long in the tooth, but I’m still young at heart. (Aku mungkin sudah berumur,namun jiwaku masih muda).
  • Although he is already long in the tooth, he can run fast. (Walaupun dia sudah tua, dia bisa berlari kencang).

7. Light-fingered (tidak jujur/ suka mencuri)

Example:

  • He doesn’t have friend because he is a light fingered person. (Dia tidak memiliki teman karena dia suka mencuri).
  • A police caught a light fingered in a market last morning. (Seorang polisi menangkap seorang pencuri di pasar tadi pagi).

Nah itu dia beberapa idiom yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan sifat seseorang. Setelah kalian membaca contoh diatas, yuk coba untuk membuat contoh kalian sendiri dengan menggunakan salah satu idiom di atas. Jika kalian tertarik untuk mempelajari idiom lainnya, yuk gabung segera di English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910 atau melalui WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment