Tahukah kalian, dalam Bahasa Inggris ada beberapa idiom yang menggunakan kata bulan/ moon. Jadi, dalam kalimat idiomnya menyisipkan kata “moon”. Tentunya, tiap-tiap idiom memiliki arti dan penggunaan yang berbeda.

Adakah yang sudah tahu sebelumnya beberapa idiom yang menggunakan kata “moon” guys? Penggunaan idiom yang menggunakan kata “moon” dalam suatu kalimat tidaklah susah. Agar kalian bisa lebih paham lagi, yuk dibaca penjelasan tentang beberapa Idiom dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata “moon” beserta kalimatnya berikut ini.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

1. Once in a blue moon

Meaning: very rarely (sangat jarang).

Example:

  • I only see him once in a blue moon because he works abroad .(Saya sangat jarang melihatnya karena dia bekerja di luar negeri).
  • I meet my best friends once in a blue moon because they are all busy. (Saya sangat jarang bertemu dengan sahabat-sahabat saya karena mereka semua sibuk).

2. Over the moon

Meaning: to be very happy (sangat senang).

Example:

  • Tony was over the moon when his father bought a new car for him. (Tony sangat senang ketika ayahnya membelikan sebuah mobil baru untuknya).
  • He is over the moon about his new job. (Dia sangat senang dengan pekerjaan barunya).

3. Ask for the moon

Meaning: to want something that is impossible to get (menginginkan sesuatu yang mustahil untuk didapatkan).

Example:

  • My son wanted to stay in a new apartment. He asked for the moon to me. (Anak laki-laki saya ingin tinggal di sebuah apartemen baru. Dia meminta sesuatu yang mustahil untuk didapatkan).
  • A traveling package to London for your birthday present? You are asking for the moon to me. (Sebuah paket perjalanan ke London untuk kado ulang tahunmu? Kamu menginginkan sesuatu yang mustahil untuk didapatkan).

Baca Juga:

4. Promise the moon

Meaning: to make extravagant promises (membuat janji-janji yang berlebihan)

Example:

  • He promised the moon and he never realized it. Dia membuat janji yang berlebihan dan dia tidak pernah merealisasikannya).
  • My manager promised the moon, but she never gave me a raise. (Manajer saya membuat janji-janji yang berlebihan, namun dia tidak pernah memberi saya kenaikan gaji).

5. Many moons ago

Meaning: a long time ago (dahulu kala).

Example:

  • My family and I went to Bandung many moons ago. (Keluarga saya dan saya pergi ke bandung dahulu kala).
  • I grew up in this neighbourhood many moons ago. (Saya dibesarkan di lingkungan ini dahulu kala).

6. Reach for the moon

Meaning: to try to achieve something that is particularly difficult (mencoba untuk mencapai sesuatu yang sangat/lumayan sulit).

Example:

  • Although it’s hard to pass the test, I will reach for the moon. (Walaupun susah untuk lulus tes, saya akan berusaha untuk mencobanya).
  • My father always asks me to reach for the moon. (Ayah saya selalu meminta saya mencoba untuk mencapai suatu hal yang lumayan sulit untuk dicapai).

Nah guys, itu dia beberapa idiom dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata “moon” lengkap dengan contoh kalimatnya. Setelah kalian membaca contoh diatas, yuk coba untuk membuat contoh kalimat kalian sendiri dengan menggunakan salah satu idiom di atas ya.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!