Bahasa Inggris untuk Corporate Perhotelan – Solusi Di Tengah Persaingan Industri Perhotelan yang Makin Kompetitif
Dalam industri perhotelan yang makin kompetitif, kursus bahasa Inggris untuk corporate perhotelan dirasa perlu dan penting untuk dilakukan. Kemampuan berbahasa Inggris staf/ pegawai hotel yang lancar dan mumpuni memiliki andil yang sangat penting bagi suatu hotel. Hotel yang berkualitas tentu akan menjadi tempat tujuan menginap favorit saat berlibur baik wisatawan domestik maupun internasional.
Memiliki staf/ pegawai yang tidak hanya kompeten di bidangnya namun juga memiliki kemampuan komunikasi khususnya berbahasa Inggris dengan lancar merupakan poin plus tersendiri. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, staf/ pegawai dapat memberikan pelayanan bintang 5 kepada tamu yang menginap, memenuhi kebutuhan mereka dengan baik, dan menangani permasalahan atau komplain yan mungkin akan terjadi secara profesional.
Adapun beberapa hal yang akan kami bahas pada artikel kali ini diantaranya:
- Apa itu kursus Bahasa Inggris Untuk Corporate Perhotelan?
- Pentingnya Mengadakan Kursus Bahasa Inggris untuk Staf/ Pegawai Hotel
- Memilih Penyedia Kursus Bahasa Inggris Terbaik untuk Corporate Perhotelan
- Topik/ Materi Kursus Bahasa Inggris yang Tepat untuk Corporate Perhotelan
- Kursus Bahasa Inggris untuk Corporate Perhotelan Bersama English Café Bali
Apa Itu Kursus Bahasa Inggris Untuk Corporate Perhotelan?
Bahasa Inggris untuk corporate perhotelan adalah pelatihan/ kursus yang diadakan oleh suatu instansi hotel untuk staf/ pegawainya guna meningkatkan kemampuan dan skill berbahasa Inggris staf/ pegawai di hotel tersebut. Dengan mengadakan kursus Bahasa Inggris untuk corporate perhotelan atau dalam hal ini untuk staf/ pegawai, hotel secara tidak langsung melakukan investasi yang berharga untuk meningkatkan pelayanan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kompeten dan profesional.
Dapatkan pelatihan bahasa Inggris untuk corporate perhotelan yang profesional dari pengajar berpengalaman kami. Daftar sekarang untuk merasakan segera peningkatkan yang signifikan untuk hotel anda bersama kami disini!
Pentingnya Mengadakan Kursus Bahasa Inggris untuk Staf/ Pegawai Hotel
Mengadakan training/ kursus bahasa Inggris untuk staf/ pegawai hotel tentu memiliki banyak manfaat. Kemampuan staf/ pegawai akan makin terasah dan tentu akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada tamu hotel yang tentu saja akan berdampak baik untuk perkembangan hotel nantinya. Beberapa manfaat mengadakan kursus bahasa Inggris corporate perhotelan untuk staf/ pegawai hotel antara lain:
- Mempermudah komunikasi dengan tamu internasional
- Peningkatan kualitas pelayanan di hotel
- Tingkat kepuasan tamu dan peningkatan sales/penjualan
Mempermudah Komunikasi dengan Tamu Internasional
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang wajib dikuasai oleh staf/ pegawai hotel. Dalam ruang lingkup kerja di dunia perhotelan khususnya di Bali, tentu bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan tamu internasional. Dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik, tentu akan mempermudah komunikasi staf/ pegawai dengan para tamu yang menginap serta dapat memenuhi semua kebutuhan mereka.
Peningkatan Kualitas Pelayanan di Hotel
Kemampuan berbahasa Inggris yang cakap dan lancar tentu menjadi perhatian khusus bagi para staf/ pegawai di hotel yang akan berpengaruh pada kinerja mereka. Kualitas dan kinerja staf/ pegawai yang baik akan berimplikasi pada perkembangan suatu hotel kearah yang lebih baik dan makin professional.
Tingkat Kepuasan Tamu dan Peningkatan Sales/ Penjualan
Dengan pelayanan yang baik, tentu akan berpengaruh pada tingkat kepuasan tamu ketika menginap di hotel. Tamu-tamu tersebut bisa jadi akan memberikan penilaian atau ulasan di google yang dapat dibaca oleh orang-orang yang berencana menginap di hotel tersebut dan ulasan tersebut dapat lebih meyakinkan calon customer untuk memantapkan diri menginap di hotel tersebut nantinya dan hal tersebut tentu akan berimbas pada tingkat penjualan/ sales di hotel.
Baca juga: Bahasa Inggris sebagai Kunci Sukses untuk Industri Perhotelan 2023
Memilih Penyedia Kursus Bahasa Inggris Terbaik Untuk Corporate Perhotelan
Untuk meningkatkan mutu dan kualitas bahasa Inggris para staf/ pegawai, penting bagi suatu hotel untuk memberikan pelatihan/ kursus bahasa Inggris untuk corporate perhotelan secara rutin. Ada beberapa faktor dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum menentukan penyedia kursus bahasa Inggris untuk corporate perhotelan yang tepat untuk hotel anda, diantaranya:
Program/ Materi Kursus Bahasa Inggris yang Sesuai Kebutuhan
Penting untuk suatu hotel mengetahui pasti apa saja yang menjadi kebutuhan staf/ pegawainya. Dengan mengetahui kekurangan serta hal-hal yang ditargetkan tentu akan mempermudah penyedia kursus untuk menyusun program/ materi kursus yang akan diberikan nantinya.
Harga Kursus yang Ditawarkan
Hotel perlu memastikan harga kursus terbaik namun tetap berkualitas agar sesuai dengan anggaran yang disediakan. Harga kursus juga bisa disesuaikan dengan jumlah meeting yang diinginkan.
Fleksibilitas Jadwal dan Waktu Kursus Bahasa Inggris
Mengingat peserta kursus nantinya adalah staf/ pegawai yang bisa saja berasal dari departemen yang berbeda, tentu fleksibilitas jadwal dan waktu kursus menjadi hal krusial dan patut dipikirkan dengan baik agar tidak mengganggu jam kerja staf/ pegawai.
Tenaga Pengajar yang Disediakan
Untuk mendapatkan output/ hasil yang baik, diperlukan tenaga pengajar yang berkualitas dan profesional dibidangnya. Hotel harus mengetahui background pengajar yang disediakan oleh penyedia kursus nantinya.
Baca juga: Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Reservation
Topik/ Materi Kursus Bahasa Inggris yang Tepat Untuk Corporate Perhotelan
Suatu instansi perhotelan diharapkan memahami betul kebutuhan yang diperlukan oleh staf/ pegawainya. Dengan mengetahui kelemahan berbahasa Inggris staf/ pegawai di lapangan nantinya akan memudahkan untuk mengatur dan merancang program kursus Bahasa Inggris untuk perhotelan yang tepat dan sesuai kebutuhan.
English Café Bali memberikan berbagai jenis pilihan materi/ topik pembelajaran bahasa Inggris yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Sebelum kelas dimulai, tiap staf akan diberikan free placement test untuk mengetahui kompetensi dan level bahasa Inggrisnya untuk mempermudah dalam pengelompokan kelas/ grup belajar.
Module yang nantinya akan diberikan serta materi yang nantinya dibahas disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal-hal atau permasalahan yang kerap ditemui di lapangan seperti handling reservation, handling complaints, dan lain sebagainya akan dikupas tuntas. Untuk beberapa detail materinya, kalian bisa simak pada penjelasan berikut.
1. Greeting, receiving guests, and introducing self
Salam sapa adalah hal dasar yang penting untuk dapat dikuasai dan dilakukan dengan benar ketika akan menyapa dan menerima tamu yang datang. Staf/ pegawai juga diharapkan untuk mampu memperkenalkan diri dengan baik.
2. Dealing with guest’s requests
Materi ini mengajarkan staf/ pegawai untuk menggunakan berbagai ekspresi/ ungkapan yang digunakan untuk merespon permintaan tamu. Jadi, staf/ karyawan diharapkan agar bisa merespon permintaan tamu dengan cepat.
3. Handling reservations
Resevasi merupakan hal pertama yang akan dilakukan oleh tamu sebelum menginap. Agar proses reservasi berjalan dengan baik, pemahaman akan “handling reservation” yang baik akan diajarkan kepada staf/ pegawai.
4. Dealing with problems and complaints
Masalah atau komplain adalah hal yang kerap dijumpai ketika sedang bekerja. Dengan mempelajari materi ini, staf/ pegawai diharapkan mampu menggunakan ekspresi/ ungkapan yang digunakan untuk menangani masalah dan komplain dari tamu.
5. Making comparisons
Staf/ pegawai diharapkan mampu untuk memberikan penjelasan tentang perbandingan harga kamar, jenis layanan, serta fasilitas yang di dapat oleh tamu. Hal tersebut akan membantu mempermudah mereka dalam menentukan pilihan sebelum menginap.
6. Giving and receiving compliments
Apabila kita memberikan layan yang baik, tak kerap tamu akan melontarkan pujia atas service yang kita berikan. Topik ini mengajarkan staf/ karyawan agar bisa memberikan respons atas pujian yang diberikan serta memberikan pujian balik kepada tamu.
7. Offering help and advice
Staf/ pegawai dituntut agar sigap dan cekatan ketika ada tamu yang hendak memerlukan bantuan. Pada topik ini, staf/ pegawai akan diajarkan berbagai ekspresi/ungkapan yang digunakan untuk, menawarkan dan merespon bantuan serta memberi saran.
8. Asking for repeats
Terkadang akan ada saja hal yang terlewatkan atau kurang jelas kita dengar ketika berbicara dengan tamu. Setelah mempelajari topik ini, staf/ pegawai diharapkan mampu menggunakan ekspresi/ ungkapan untuk meminta tamu agar mengulang perkataan yang sebelumnya telah diucapkan.
9. Describing hotel facilities
Fasilitas hotel yang baik dan lengkap tentu akan menarik minat tamu untuk memilih tempat menginap. Oleh karenanya, staf/ karyawan diharapkan mampu menjelaskan serta merespon permintaan tamu yang meminta informasi terkait fasilitas hotel yang tersedia.
10. Asking for and giving direction
Pada materi ini, staf/ pegawai akan diajarkan ragam ekspresi/ ungkapan untuk giving direction/ memberi petunjuk arah. Jadi, ketika tamu ingin menanyakan arah suatu tempat baik di dalam atau luar area hotel, staf/ karyawan diharapkan mampu untuk memberikan petunjuk arah dengan jelas.
11. Using the telephone
Bagian front office tentunya hampir setiap hari bersinggungan dengan penggunaan telefon. Nah pada topik ini, staf/ pegawai akan diajarkan untuk menggunakan ekspresi/ ungkapan yang digunakan ketika menelfon.
12. Bill Settlement
Ketika tamu akan selesai menginap, atau melakukan pemesanan makanan di restoran atau bar hotel, tentu mereka akan menanyakan tagihan pembayaran/ bill. Staf/ karyawan diharapkan untuk mampu menggunakan ekspresi/ ungkapan yang digunakan ketika memberikan tagihan atau menerima pembayaran tamu.
Baca juga: Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Check-in
Kursus Bahasa Inggris untuk Corporate Perhotelan Bersama English Cafe Bali
English Café Bali adalah satu-satunya lembaga kursus bahasa Inggris non-formal di Bali bernuansa café yang nyaman dan dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Suasana dan ruang kelas yang unik membuat kegiatan belajar mengajar di English Cafe Bali terasa lebih santai dan nyaman. Selain itu dukungan guru-guru yang berkualitas, kreatif, profesional, berpengalaman dan sangat bersahabat juga menjadikan English Café Bali berbeda dari tempat kursus bahasa Inggris lainnya.
Selain membuka program kursus untuk umum, English Café Bali juga menyediakan kursus bahasa Inggris untuk perhotelan baik untuk individu maupun perusahaan atau corporate. Program khusus bahasa Inggris pariwisata di English Cafe dirancang khusus untuk membantu meningkatkan skill dan memperlancar Bahasa Inggris karyawan pada berbagai bidang pekerjaan seperti hotel, restoran, villa, dan bidang lainnya yang diharapkan memberi dampak signifikan untuk pengembangan bisnis.
English Cafe Bali menyediakan jadwal kursus yang fleksibel, sesuai dengan ketersediaan waktu dari masing-masing karyawan sehingga dapat memberikan waktu belajar terbaik. English Cafe Bali menawarkan beberapa pilihan harga kursus yang terjangkau dan dapat disesuaikan dengan jumlah pertemuan yang diinginkan. Harga kursus sudah termasuk fasilitas yang akan diperoleh peserta selama kursus berlangsung.
Dengan fasilitas yang disediakan English Cafe Bali, seperti kursus bahasa Inggris interaktif, diskusi kelompok, dan berbagai kegiatan berbahasa Inggris lainnya, para peserta kursus dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan pemahaman mereka dengan percaya diri. English Cafe Bali telah membuktikan diri sebagai tempat yang ideal untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggris, sambil menikmati fasilitas yang disediakan.
Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan servis terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.
Hubungi kami segera di Whatsapp +62 878-3873-3111, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan kami. NO HURT FEELING GUARANTEED.