fbpx

Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Reservation

Gede Murta

Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Reservation

Sebelum menginap pada suatu hotel, hal yang harus kita lakukan adalah melakukan pemesanan kamar/ reservasi. Pemesanan kamar ini bisa kita lakukan di bagian reservasi/ front office suatu hotel.

Cara untuk melakukan reservasi pun bisa dilakukan melalui telepon ataupun langsung datang ke hotel yang kita inginkan.

Telepon kita akan diangkat oleh bagian resepsionis ataupun ketika kita datang langsung maka kita akan disambut oleh resepsionis yang bertugas disana.

Apabila kalian bekerja sebagai seorang resepsionis pada suatu hotel, tentunya kalian tidak akan asing lagi mengenai proses reservasi yang dilakukan oleh seorang tamu yang akan menginap.

Ketika seorang tamu melakukan reservasi, ada beberapa hal yang perlu kalian tanyakan seperti atas nama siapa reservasi yang dilakukan, seberapa lama akan menginap, kamar tidur seperti apa yang diinginkan, dan beberapa hal-hal penting lainnya.

Nah apabila kalian ingin bekerja sebagai seorang resepsionis, maka ada baiknya kalian membaca contoh percakapan antara seorang resepsionis dan seorang tamu yang ingin melakukan reservasi berikut ini. Disimak baik-baik ya.

Before We Start

Sebelum kita lanjut ke materi yang akan dibahas, English Cafe mau ngasih tau nih kalau kita punya video – video “Latihan Soal Ujian Nasional Untuk SMP & SMA” di Channel Youtube kita.

Penasaran? Check aja video dibawah ini.

CONTOH LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP 2019 INVITATION TEXT (1)

Receptionist   : Good afternoon, Sir. Welcome to Highland Hotel. (Selamat siang Pak. Selamat datang di hotel Highland).

Mr. Brown     : Hi, good afternoon. (Hi, selamat siang).

Receptionist   : How may I help you, Sir? (Adakah yang bisa saya bantu Pak?).

Mr. Brown     : I’d like to make a reservation for the second weekend in March. Do you have any vacancies? (Saya ingin membuat reservasi untuk akhir pekan di minggu kedua pada bulan Maret. Apakah anda memiliki kamar yang kosong?).

Receptionist   : Ok Sir, let me check it for you. Please wait a moment. Yes sir, we have several rooms available for that particular weekend. What is the exact date of your arrival? (Baik Pak, persilahkan saya mengeceknya untuk anda. Mohon tunggu sebentar. Baik Pak, kami memiliki beberapa kamar yang tersedia pada saat itu. Tanggal berapa tepatnya kedatangan anda Pak?).

Mr. Brown     : March 16th. (16 Maret).

Receptionist   : How long will you be staying, Sir? (Berapa lama anda akan menginap Pak?).

Mr. Brown     : I’ll be staying for 2 days. (Saya akan menginap selama 2 hari).

Receptionist   : Okay Sir. How many people is the reservation for? (Baik Pak. Untuk berapa orang reservasi yang anda pesan Pak?).

Mr. Brown     : There will be two of us. So, I want to reserve only 1 room. (Akan ada dua orang. Jadi, saya hanya ingin memesan 1 kamar).

Receptionist   : Would you like a room with twin beds or a double bed, Sir? (Apakah anda ingin kamar dengan tempat tidur twin atau double, Pak?).

Mr. Brown     : A double bed, please. (Sebuah tempat tidur double).

Receptionist   : Okay Sir. Would you like to have a room with a view of the mountain? (Baik Pak. Apakah anda ingin memiliki kamar dengan pemandangan gunung?).

Mr. Brown     : If that type of room is available, I would love to have that. What’s the rate for the room? (Jika kamar dengan jenis itu tersedia, saya akan senang dengan itu. Berapa harga ruangannya?).

Receptionist   : The rate is five hundred dollars per night. What name will the reservation be listed, Sir? (Harganya 500 dolar per malam. Atas nama siapakah reservasinya akan di daftarkan Pak?).

Mr. Brown     : Daniel Brown. (Daniel Brown).

Receptionist   : Could you spell your last name, please? (Bisakah anda mengeja nama belakang anda Pak?).

Mr. Brown     : Sure. B-R-O-W-N. (Tentu. B-R-O-W-N).
Receptionist    : Okay, thank you Mr. Brown. May I have your phone number, please? (Baik, terima kasih Bapak Brown. Bisakah saya memiliki nomor telepon anda?).

Mr. Brown     : Yes, my phone number is 1234-5678. (Ya, nomor telepon saya adalah 1234-5678).

Receptionist   : Well Mr. Brown, now I’ll need your credit card information to reserve the room for you. What type of card is it? (Baik Bapak Brown, sekarang saya akan memerlukan informasi kartu kredit anda untuk mereservasi ruangan untuk anda. Apakah jenis kartunya?).

Mr. Brown     : It’s Visa. The number is 43211234. (Kartunya Visa. Nomornya adalah 43211234).

Receptionist   : What is the name of the cardholder, Sir? (Siapakah nama pemegang kartunya Pak?).

Mr. Brown      : My name itself, Daniel Brown. (Nama saya sendiri, Daniel Brown).

Receptionist   : Alright, Mr. Brown, your reservation has been made for the 16th of March for one room with a double bed and view of the mountain. Check-in is at 1 P.M. Should you have another questions, please do not hesitate to contact us.

(Baik, Bapak Brown, reservasi anda telah dibuat untuk tanggal 16 Maret untuk 1 ruangan dengan tempat tidur double dan pemandangan gunung.  Jam masuk adalah jam 1 siang. Apabila anda memiliki pertanyaan lain, silahkan jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami).

Mr. Brown     : Okay, thank you so much. (Baik, terima kasih banyak).

Receptionist    : My pleasure, Sir. See you in March, Mr. Brown. Have a nice day. (Dengan senang hati, Pak. Sampai jumpa di bulan Maret Bapak Brown. Semoga hari anda menyenangkan).

Mr. Brown      : Sure, see you and have a nice day too.  (Tentu, sampai jumpa dan semoga hari anda juga menyenangkan).

Jadi seperti itu kurang lebihnya proses reservasi yang terjadi. Semoga dapat memberikan gambaran ya bagi kalian yang belum tahu sebelumnya dan ingin bekerja di bidang pariwisata khususnya di suatu hotel.

Nah, untuk mengetahu hal – hal lain yang menyangkut dunia perhotelan, yuk bergabung segera dengan English Café Bali karena disini kami menyediakan program kursus ESP (English for Specific Purpose) atau Bahasa Inggris yang menyangkut suatu jenis bidang pekerjaan tertentu.

English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No 16A Denpasar. Apabila kalian memiliki pertanyaan mengenai biaya dan program kursus disini, kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Keep studying English guys!

Baca Juga : Contoh Percakapan Turis Dengan Pemandu Wisata

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Guest Request

Baca Juga : Contoh Percakapan Dengan Turis Asing di Tempat Wisata

Baca Juga : Ungkapan Bahasa Inggris Tentang Meminta, Memberi dan Menawarkan Bantuan

Baca Juga : Memulai Obrolan Dengan Turis Asing

 

Leave a Comment