fbpx

Bahasa Inggris Britania Vs Bahasa Inggris Amerika

Gede Murta

Bahasa Inggris yang biasa dipakai di dunia bisa dikategorikan menjadi dua macam, yaitu Bahasa Inggris Amerika dan Britania. Bahasa Inggris Amerika sering dipakai di negara Amerika Serikat dan negara-negara yang dipengaruhi oleh AS (seperti Filipina ) sedangkan ejaan Britania dipakai di negara Inggris (Kerajaan Britania) dan negara-negara Persemakmuran contohnya Australia, India, dan Malaysia.

Kedua ejaan Bahasa Inggris ini memiliki perbedaan yang signifikan, terutama disebabkan karena konflik antara Inggris dan koloni Amerika yang berujung pada perang kemerdekaan Amerika Serikat. Rakyat Amerika Serikat pada waktu itu berusaha melepaskan diri dari pengaruh Kerajaan Britania dan mencari jati diri mereka sendiri dan bahasa Inggris merupakan salah satu aspek tersebut.

url

Di Kanada, meskipun sebagian besar menggunakan ejaan Britania, namun ejaan Amerika juga digunakan karena letak Kanada yang berdekatan dengan AS. Berikut perbedaan bahasa Inggris British dan Amerika ditinjau dari beberapa sudut pandang.

Ejaan (Spelling)

Bahasa Inggris British cenderung mempertahankan ejaan banyak kata yang asalnya dari Perancis sedangkan Inggris Amerika mencoba untuk mengeja kata lebih mendekati cara mereka melafalkannya dan mereka menghilangkan huruf-huruf yang tidak diperlukan.

British

American

Colour

Color

Labour

Labor

Metre

Meter

Catalogue

Catalog

Theatre

Theater

Centre

Center

Apoligise

Apologize

Defence

Defense

Pelafalan (Pronunciation)

Orang Amerika biasanya melafalkan huruf “r” dengan menggulung lidah mereka ke belakang dan merapatkannya ke langit-langit mulut sedangkan kebanyakan orang Inggris tidak melafalkan huruf “r” dalam kata, khususnya jika terdapat pada akhir kata.

Dalam bahasa Inggris Amerika kata “can” dan “can’t” kedengaran sangat mirip sedangkan dalam bahasa inggris British Anda bisa membedakannya secara jelas.

Orang Amerika cenderung melafalkan kata seperti “reduce”, “produce”, “induce”, “seduce” (kata-kata kerja yang berakhiran “duce”) dengan lebih rileks, yang berarti bahwa setelah huruf “d” mengikut bunyi/huruf “u”. Dalam bahasa Inggris British setelah huruf “d” ditambahkan “j”. Orang Amerika memiliki kecenderungan untuk mereduksi kata dengan menghilangkan beberapa huruf. Kata “facts” misalnya dalam bahasa inggris Amerika dilafalkan sama dengan kata “fax” – “t” tidak diucapkan.

Kadang-kadang huruf dihilangkan dalam bahasa Inggris British seperti dalam kata “secretary”, dimana huruf “a” tidak diucapkan.

Dalam bahasa Inggris Amerika, kombinasi huruf “cl” dalam kata seperti “cling”, “climat”, “club” dll, kedengaran lebih frikatif. Anda dapat menghasilkan bunyi ini dengan menegangkan pita suara. Penekanan kata terkadang juga berbeda. Contoh, kata “details” mendapatkan penekanan pada huruf “e” dalam Inggris British dan pada “ai” dalam Inggris Amerika.

Kosakata (Vocabulary)

Dari segi kosakatanya perhatikan tabel berikut :

British

American

Anti-Clockwise

 Counter-Clockwise

Articulated Lorry

Trailer Truck

Autumn

Autumn, Fall

Barrister

Attorney

Bill ( Restaurant )

Bill, Check

Biscuit

Cookie

Block of Flats

Apartement

Bonnet ( Cloth )

Hat

Bonnet ( Car )

Hood

Boot

Trunk

Bumper ( Car )

Bumper, Fender

Caravan

Trailer

Car Park

Parking Lot

Chemist’s Store

Drug Store, Pharmacy

Chest Of Drawers

Dresser, Bureau

Chips

Fries, French Fries

Cinema

Movies

Clothes Peg

Clothespin

Coffin

Casket

Ternyata keragaman Bahasa Inggris menarik untuk disimak ya…! Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut belajar Bahasa Inggris yang seru dan ga ngebosenin, yuk gabung bersama English Cafe! We’ll get you addicted to English! SHARE OUR ARTICLE and get IDR 100.000 discount to be used with your first course with us!

Leave a Comment