fbpx

Advice dan Advise, Apa Bedanya?

Gede Murta

Guys, di awal bulan Juli ini saya kembali lagi dengan sebuah posting yang memang menarik untuk disimak. Kenapa? Karena banyak sekali kata-kata dalam bahasa Inggris yang pengucapannya hampir sama, tetapi spellingnya berbeda. Ada yang bedanya di huruf ‘s’ dan ‘c’, atau juga ‘s’ dan ‘z’ atau ‘a’ dan ‘e’. Membingungkan? Memang. Tapi, ada baiknya kalau kita kenal dulu bedanya dimana, seperti dua kata yang akan kita bahas sekarang, Advice dan Advise.

advice dan advise

~ Advice
‘Advice’ merupakan kata benda (noun) yang mendefinisikan sebuah opini tentang apa yang dapat atau harus dilakukan pada suatu masalah.
Contoh:
I need an advice from my older sister for this problem.
I need your advice on what to wear for my job interview.

~ Advise
‘Advise’ merupakan kata kerja (verb) yang berarti memberi saran atau menyarankan. Advise adalah apa yang diberikan dan tindakan advice atau disebut advising (or to advise).
Contoh:
My father advised me to enter the University A.
She is advising her children about which foods are better to eat.

Okay, mungkin kalian bisa belajar dari contoh-contoh tersebut di atas untuk memberikan pemahaman yang lebih mengenai perbedaan advise dan advice. Nanti saya akan kembali lagi dengan perbedaan kata yang lainnya. Ada pertanyaan? Feel free to drop your comment below 🙂

Leave a Comment