fbpx

10 Contoh Penggunaan Conditional Sentence

Gede Murta

Setiap orang tentunya pernah berandai – andai/ mempunyai angan – angan. Tentunya hal tersebut sah-sah saja kan guys. Dalam bahasa Inggris, kalimat pengandaian disebut dengan conditional sentence.

Ada 3 jenis conditional sentence, yaitu conditional sentence type 1, conditional sentence type 2, dan conditional sentence type 3.

Perbedaan conditional sentence type 1 dengan type 2 atau type 3 adalah kemungkinan terjadinya  pengandaian adalah 90% atau memungkinkan untuk terjadi.

Conditional sentence itu sendiri adalah merupakan gabungan dua kalimat dimana salah satunya adalah kalimat bersyarat (if clause) dan kalimat lain adalah akibat/ hasil (result) yang ditimbulkan dari terpenuhi atau tidaknya syarat tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang conditional sentence type 1.

Kalimat pengandaian yang ke-1 ini digunakan untuk mengungkapkan pengandaian yang dibuat dimana pengandaian ini memiliki kemungkinan untuk terjadi.

 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

Berikut rumus yang bisa dipakai untuk membentuk conditional sentence type 1.

  • If + Subject + Simple Present Tense, Subject + will + Verb 1
    atau kita bisa juga membaliknya menjadi:
  • Subject + will + Verb 1If + Subject + Simple Present Tense

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan dibaca beberapa contoh kalimatnya dibawah ini.

  1. If I have a long holiday, I will go to Java (Jika saya memiliki liburan panjang, saya akan pergi ke Jawa).
  2. I will buy Play Station 3 if I have enough money (Saya akan membeli PS 3 jika saya punya cukup uang).
  3. If Lita forgets to make the homework, her teacher will give her a low mark (Jika Lita lupa mengerjakan PR, gurunya akan memberinya nilai yang rendah).
  4. Rony will not graduate from his University if he doesn’t pass the thesis exam (Rony tidak akan lulus dari Universitasnya jika ia tidak lulus ujian skripsi).
  5. If we travel to London, we will visit the London Bridge (Jika kami bepergian ke London, kami akan mengunjungi Jembatan London).
  6. They will buy the concert ticket if it is not expensive (Mereka akan membeli tiket konser jika harganya tidak mahal).
  7. If I get the first rank, my mother will buy a laptop for me (Jika saya medapat juara 1, ibu saya akan membelikan saya laptop).
  8. I will send an invitation to Widya if I find her address (Saya akan mengirim sebuah undangan ke Widya jika saya dapat menemukan alamat rumahnya).
  9. If the weather is sunny, I will go to the park (Jika cuacanya cerah, saya akan pergi ke taman).
  10. Mita will come to my birthday party if she has free time (Mita akan datang ke pesta ulang tahun saya jika dia mempunyai waktu luang).

type-1

Semoga contoh diatas dapat menambah wawasan kalian ya dan nantinya dapat membantu kalian ketika ingin membuat kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris.

Bagi kalian yang suka berandai – andai untuk mendapat nilai yang bagus, terutama di pelajaran bahasa Inggris, yuk wujudkan pengandaian kalian tersebut dengan belajar bahasa Inggris di English Café Bali.

English Café Bali beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No 16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Keep dreaming and make it happen!

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Conditional Type I

Baca Juga : 15 Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Baca Juga : 15 Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif, Negatif dan Interogatif

Baca Juga : 15 Contoh Kalimat Simple Present Continuous Tense Positif, Negatif dan Interogatif

Baca Juga : Bagaimana Membaca Waktu Dalam Bahasa Inggris

Leave a Comment