fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Menggunakan Conditional Type I

Gede Murta

Conditional sentence type 1 adalah struktur kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah rencana yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Dari ketiga jenis conditional sentence, jenis inilah yang paling mudah digunakan karena tidak memerlukan perubahan kata melainkan kata dasar.

Berikut contoh percakapan bahasa inggris dengan menggunakan conditional type I yang dapat dijadikan panduan jika kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan jenis kalimat ini dalam kehidupan sehari – hari.

Percakapan 1

Jessy : Well it’s an amazing Sunday, isn’t it? (Betapa hari Minggu yang menyenangkan, iya ga?)

Justin : Yeahh it’s true, and this weekend will be our last amazing weekend. (Ya benar, dan akhir pecan ini akan menjadi hari terakhir yang indah.)

Jessy : Why? (Kenapa?)

Justin : Because next week we gonna have a final exam. Haa. I am afraid if I can’t pass the exam. (Karena minggu depan kita akan mengikuti ujian akhir. Haa. Aku takut kalau tidak lulus ujiannya).

Jessy : No, you will. If you study with all of your effort, you will definitely pass the exam. (Ga, kamu pasti bisa. Jika kamu belajar dengan seluruh usahamu, kamu pasti lulus ujiannya).

Justin : hahaha yaah I know, but feel lazy to study that hard. (hahahaa yaa aku tahu, tapi males untuk belajar terlalu keras).

Jessy : Then if you do so, you know the answer. (Jika kamu tetap malas, ya kamu tahu pastilah apa jawabannya).

Justin : (Bubbling)…. I won’t pass the exam if don’t study hard. (Bergumam)… (Aku tidak akan lulus ujian jika aku tidak belajar dengan giat).

Jessy : There you got it. (Nah itu kamu ngerti).

Justin : Ok, I’ll do my best. Because I will have a big party if I pass the exam. (Ok, aku akan melakukan yang terbaik. Karena aku akan mengadakan pesta yang besar jika aku lulus ujian nanti).

Jessy : Waoww don’t forget to invite me, huh! (Waow jangan lupa mengundang aku ya!)

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Percakapan 2

Janet : Have you ever imagined living abroad? (Pernah ga kamu membayangkan tinggal di luar negeri?)

Dessy : That is one of my goal of my life. (Itu merupakan salah satu cita-cita dalam hidupku)

Janet : Which country do you want to live? (Negara mana yang ingin kamu tinggali?)

Dessy : If I can speak English better, I will go to England. (Jika aku lebih bisa berbicara bahasa Inggris, aku akan pergi ke Inggris).

Janet : But you can speak English, can’t you? (Tapi bukannya kamu sudah bisa bahasa Inggris?)

Dessy : I can but I need a lot of improvement to prepare my IELTS score. (Aku bisa tapi aku butuh penyempurnaan untuk mempersiapkan nilai IELTS).

Janet : How many score that you have to achieve? (Berapa jumlah nilai yang harus kamu dapat?)

Dessy : 7.0. If I get that score, I will go to England. 7.0. Jika saya mendapatkan nilai itu, saya akan pergi ke Inggris).

Janet : Terrific! Awesome! (Luar biasa! Keren!)

Dessy : How about you Jane? What is your plan? (Bagaimana dengan kamu Jane? Apa rencanamu?

Janet : I have dream to live in Japan. (Aku mempunyai mimpi tinggal di Jepang).

Dessy : Do you also need IELTS to go there? (Apakah kamu juga membutuhkan nilai IELTS untuk pergi kesana?)

Janet : Nope, I just need to learn Japanese language and do some other requirement. I will go to Japan if I speak Japanese well. (Engga, Aku hanya perlu belajar bahasa Jepang dan melakukan beberapa persyaratan lainnya).

Dessy : Yayyy, do better for our brighter future. (Yay, lakukan yang lebih baik untuk masa depan yang lebih cerah).

conditionals-1

Nah, bagaimana? Termasuk ke jenis apakah kalimat yang dicetak tebal di atas? Ayoo ada yang ingat? Kalimat yang dicetak tebal di atas merupakan kalimat jenis kalimat conditional sentence type I yang bermakna sebuah rencana yang bisa terjadi di masa sekarang atau masa depan.

Jadi dengan contoh percakapan di atas merupakan contoh sebuah rencana atau kegiatan yang bisa terjadi di waktu dekat maupun waktu mendatang.

Semakin banyak kalian menggunakan bahasa Inggris pada percakapan sehari-hari, semakin lancar dan fasih kalian berbahasa Inggris.

Practice makes perfect!

Leave a Comment