fbpx

Understanding Past Perfect Tense

Gede Murta

past-perfect-english-grammar-1

Jika kita belajar tenses, tentu kita harus memahami perubahan kata kerja seperti “eat, ate, eaten”. Dimana setiap kata kerja tersebut ditempatkan pada tenses yang berbeda. Selain itu, ketika kita mempelajari sebuah tenses, kita harus mengetahui kegunaan tenses tersebut, kapan seharusnya tenses tersebut digunakan pada periode waktu tertentu. Pada artikel ini, akan difokuskan mengenai penggunaan “Past Perfect Tense”.

Kegunaan Past Perfect Tense

Perhatikan contoh di bawah ini:

  • Membicarakan sesuatu yang terjadi di masa lalu/masa lampau.

Contoh: Paul arrived at the concert. (Past Tense)

Ini adalah kejadian awal mula cerita. Nah apa yang terjadi sebelum kejadian itu. Pada kejadian sebelumnya itulah digunakan tense “Past Perfect Tense” (had + V3) digunakan. Perhatikan contoh di bawah ini:

Contoh: When Paul arrived at the concert, the audience had already gone home. (Ketika Paul tiba di konser, penonton telah pulang ke rumah).

Ini dapat diartikan bahwa, kejadian yang terlebih dahulu terjadi ketika Paul tiba di konser adalah penonton telah pulang terlebih dahulu sebelum Paul tiba.

Perhatikan contoh yang lain di bawah ini:

  1. When we got home last night, we found that somebody had broken the window.
  2. Sarah didn’t want to watch the movie with us because she had already watched the movie.

Dengan kata lain, tenses ini digunakan untuk mengungkapkan aktivitas yang terjadi sebelum aktivitas lainnya di masa lampau. Ada jarak dari past perfect ke past tense, seperti kegiatan yang kita mulai 2 minggu lalu dan selesai seminggu yang lalu.

Contohnya:

I had fixed my bike 2 weeks ago and finished a week ago.

(Saya telah memperbaiki sepeda saya 2 minggu yang lalu dan selesai seminggu yang lalu)

 

Mudah bukan untuk dimengerti? Dengan penjelasan yang tidak sulit dan mudah dimengerti akan membuat kamu untuk belajar tenses dengan gampang. Yuk gabung bersama kami English Café, kami akan memberikan beberapa teknik dan metode yang seru selama kegiatan belajar mengajar. Kami berlamat di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar, kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910. Learning English with us will make you feel much easier.

 

Baca juga:

Leave a Comment