fbpx

Mari kita kenali beberapa kegunaan Present Perfect Tense

Gede Murta

 

maxresdefault

Tahukah kalian kapankah kita menggunakan tenses ini? Kata kunci apa saja yang menjadi pembeda tenses ini dengan tenses lainnya? Mari kita perhatikan satu per satu pengertiannya di bawah ini:

Present Perfect Tense memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  1. Digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian/aktivitas yang terjadi di masa lampau namun masih berpengaruh hingga sekarang.

Contoh: I can’t find my key. Have you seen it? (The key was lost in the past, do you know where it is now?

  1. Digunakan untuk menyatakan suatu pengalaman yang dari dulu sampai sekarang yang pernah atau tidak pernah dialaminya. Biasanya mengacu pada sebuah peristiwa/kejadian yang terjadi beberapa peristiwa pada kehidupan kamu dengan menambahkan ever/never pada kalimat.

Contoh: Has she ever eaten dog’s meat before? (In her life)

I’ve never climbed Mount Everest. (in my life)

  1. Digunakan untuk menyatakan kegiatan/aktifitas yang baru saja terjadi. Biasanya diungkapkan dengan kata “just” yang artinya baru saja.

Contoh:

A: Have you got your lunch?

B: Yep, I’ve just had my lunch. (I recently ate lunch= Saya baru saja selesai makan siang)

  1. Peristiwa yang telah terjadi sampai sekarang (yet). Biasanya “yet” digunakan pada kalimat negatif dan kalimat tanya, dan peletakan ‘yet’ terletak pada akhir kalimat.

Contoh:

A: Does Jane know about the news?

B: No I haven’t told her yet.

(But B is going to tell her soon)

  1. Peristiwa yang telah terjadi sebelum waktu yang kamu harapkan. (already). Biasanya already digunakan pada kalimat positif.

Contoh:

I’ve already graduated from University. (I expected to graduate at later date).

Demikian beberapa kegunaan present perfect tense. Gampang bukan untuk dipelajari dan digunakan dalam percakapan sehari- hari. So, let’s practice it without any doubt and join with us now. English Café is the best solution for your English problem.

 

Baca juga:

Leave a Comment