fbpx

Tips Persiapan Interview Kerja dengan Bahasa Inggris

Gede Murta

Hello job seeker! How’s your progress so far?

Masih belum bisa diterima kerja juga? Wah, patut ditelusuri lebih dalam lagi nih, kira-kira bagian mana yang membuat kamu gagal dalam interview? Grogi saat wawancara kerja atau persiapannya belum matang? Sebagian diantara kalian pasti mengalami nervous saat wawancara, apalagi ketika skill bahasa Inggris kamu yang memang harus ‘dipertaruhkan’.

Bukan hanya perusahaan multinasional atau internasional saja yang interview-nya pasti menggunakan bahasa Inggris, tetapi saat ini perusahaan lokal (terutama di lokasi dengan pariwisata berkembang seperti Bali) juga sudah menyisipkan sejumlah pertanyaan dalam bahasa Inggris kepada calon karyawannya.

Hal ini membuktikan bahwa betapa pentingnya kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris pada era modern ini, sampai-sampai semua perusahaan mencari resource yang aktif berbicara bahasa Inggris.

Interview-2

1. Siapkan dengan matang

Menghadapi wawancara memang gampang-gampang susah dan tentu dibutuhkan persiapan sebaik mungkin mulai dari baju apa yang akan dipakai nanti, kelengkapan dokumen yang akan dibawa, serta kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara. Hal yang perlu dipersiapkan tentu saja kemungkinan pertanyaan yang akan muncul dan jawaban yang akan kamu lontarkan.

Catat dalam selembar kertas, dan latih sesering mungkin dengan siapapun yang kamu anggap mahir berbahasa Inggris. Pertanyaan umum yang muncul biasanya seputar identitas dan latar belakangmu, riwayat pendidikan dan pekerjaan, keahlian apa saja yang kamu miliki, dan pertanyaan remeh temeh lainnya.

Kemudian beranjak pada pertanyaan kenapa kamu memilih posisi tersebut, berapa gaji yang kamu inginkan, dan behaviour questions lainnya yang harus disikapi dengan hati-hati namun tetap jujur, karena dari pertanyaan-pertanyaan selanjutnya ini karakteristikmu akan sangat dinilai.

2. Ketahui seluk beluk perusahaan dan posisi yang akan dilamar

Penting sekali untuk mengetahui bagaimana seluk-beluk perusahaan dan posisi yang kita inginkan, agar kamu bisa menghubungkan pengalaman kerja maupun pelatihan-pelatihan yang diikuti yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Sah-sah aja sih kalau background pendidikan kita tidak sesuai, asalkan pengalaman kerja sebelumnya memang memadai dengan apa yang diinginkan perusahaan.

3. Cara menjawab

Pewawancara tidak suka jawaban yang berbelit, panjang dan mengada-ada alias tidak jujur. Kamu harus menjawab semua pertanyaan dengan santai, sopan dan jelas, tidak perlu buru-buru dalam menjawab dan jangan sampai kamu terlihat ‘sok’ atau ‘menggurui’ di mata pewawancara.

Panduan cara menjawab bisa kamu lihat di situs Youtube, atau buku-buku panduan interview untuk cara menjawab berbahasa Inggris. Ketika kita bicara dengan ritme yang sesuai, kita bisa memikirkan kalimat-kalimat yang akan kita lontarkan sehingga jawaban-jawaban yang kita berikan sesuai dan tepat sasaran.

Gunakan bahasa yang baku dan jangan menggunakan bahasa ‘slang’, seperti ‘gonna’, ‘wanna’, ‘ain’t’, dan sebagainya.

4. Siapkan pertanyaan tentang yang ingin kamu ketahui

Ketika tiba saat di akhir wawancara nanti, selalu sediakan pertanyaan untuk seorang interviewer. Ini membuat Anda terlihat sangat tertarik dengan perusahaan mereka dan memberikan apresiasi khusus terhadap perusahaan tersebut.

Jadi usahakan jangan kamu aja yang diberi pertanyaan, siapkan pertanyaan untuk si pewawancara juga ya 🙂

Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan adalah :

  • Would you mind to describe the detailed task of this position?
  • What kind of management style of this company and how it done?
  • What are the best things about working here?

Nah itu dia beberapa tips bagi kamu untuk mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris. Susah latihan sendiri? Ayo, English Cafe menyediakan peluang belajar bagi kamu yang ingin sukses berbahasa Inggris! Kalau bukan sekarang, kapan lagi? 🙂

Telepon ke (0361) 481 910 dan kamu nggak usah khawatir lagi dengan interview bahasa Inggrismu!

Baca juga:

Leave a Comment