fbpx

Penggunaan “Too” dan “So” beserta Contoh Kalimatnya

Gede Murta

Too” dan “so” merupakan dua kata dalam bahasa Inggris yang sangat sederhana dan sangat dasar, tapi kadang disalahpahami pengertian dan penggunaannya. Ketika menggunakan kata “so” kita cenderung mengarah kepada ukuran, seperti “so big”, “so tall”, “so small” dan lain-lain sedangkan penggunaan kata “too” biasanya lebih cenderung kepada cara berfikir yang negatif, misalkan “too much” padahal juga tidak semua bermakna negatif. Tak jelas, maka tak paham. Mari perhatikan penjelasan berikut untuk mengetahui penggunaan “too” dan “so” beserta contoh kalimatnya secara lebih baik.

  • TOO

Kata ini merupakan adverbs yang dapat memodifikasi adverbs lain, adjective, dan verbs. “Too” berarti sesuatu yang lebih dari apa yang kita inginkan/butuhkan atau yang diperbolehkan, atau lebih mudahnya biasa kita sebut berlebihan.

Contoh:

  • James usually talks too fast, so I don’t understand what he says” (James biasanya berbicara terlalu cepat, jadi saya tidak mengerti apa yang dia katakan).

Karena James berbicara tertalu cepat, jadi kita tidak bisa mendapatkan informasi yang dia berikan.

  • Saudi Arabia is too hot for me” (Saudi Arabia terlalu panas untukku).

Tetapi jangan salah, “too” juga bisa digunakan pada kalimat yang positif meskipun sangat jarang, misalkan:

  • You are too kind, you come and see me every time I need you” (kamu sangat baik, kamu datang dan melihatku setiap aku membutuhkanmu).

Disini kita tidak berbicara sesuatu yang berlebihan, tetapi hanya mengatakan bahwa yang ia lakukan itu sangat baik. Selain bermakna berlebihan baik positif maupun negatif, “too” juga dapat bermakna “as well” yang berarti “juga”, contohnya:

  • Jessy likes cake, and I like it too” (Jessy suka ke, dan saya juga).
  • He went and I went too(dia pergi dan akupun ikut).

Baca juga:

SO

Kata ini dapat bermakna “extend” atau “how much” yang biasanya digunakan bersama dengan kata “quickly” atau “shortly”, contohnya adalah:

  • He speaks so quickly, it’s hard to understand him” (dia berbicara begitiu cepat, sulit untuk memahaminya). Dalam kalimat ini kita membicarakan tentang seberapa cepat lelaki itu berbicara.
  • She moved so quietly, nobody noticed” (dia bergerak begitu pelan, tidak ada yang menyadarinya). Kita tidak berbicara tentang dia terlalu pelan, tetapi seberapa pelankah dia sampai kita tidak menyadarinya.

Seperti yang kita bahas tadi bahwa “too” dapat berarti sesuatu yang berlebihan, sesuatu yang melebihi batas, sedangan “so” dapat memiliki arti yang hampir sama, tetapi bedanya, ketika kita menggunakan kata “so”, kita sampai pada batas, sedangkan “too” berarti kita melewati batas.

Contoh:

  • The soup was so hot, I had to leave it and eat it an hour later” (sup nya sangat panas, aku harus meninggalkannya dan memakannya satu jam kemudian).

Ini tidak berarti bahwa sup nya terlalu panas “too hot” sehingga kita tidak bisa memakannya sama sekali.

  • But you know what, the soup was so good, I asked for a second bowl” (tapi kamu tahu, supnya sangat enak, aku meminta mangkok kedua).

Berbeda dengan “too”, “so” memiliki fungsi lain yaitu menjadi sebuah kata penghubung atau “conjunction”. Contoh:

  • I wasn’t feeling well, so I went to the doctor” (saya tidak enak badan, jadi saya pergi ke dokter).

Kata “so” disini menggabungkan dua kalimat, yaitu “I wasn’t feeling well” dan “I went to the doctor”.

  • “It was cold outside, so I got my jacket” (diluar sangat dingin, jadi saya mengambil jaket)

Yang terakhir, “so” juga dapat bermakna “truth” atau kebenaran, misalkan:

  1. A: “Was it raining yesterday?” (kemain hujan?)

B: “I thought so” (saya pikir begitu).

  1. A: “Did he bring the book?” (apa dia membawa buku)

    B: “I think so” (saya pikir begitu).

So” disini memiliki arti bahwa kita berfikir hal yang sama, dimana kita membenarkan atau mempercayai apa yang si A katakan.

Itulah penjelasan diatas mengenai penggunaan kata “too” dan “so” beserta contoh kalimatnya. Semoga kalian sudah tidak bingung lagi tentang penggunaannya ya. Yuk segera praktekkan penggunaan too dan so dalam kehidupan sehari-hari kalian agar bahasa Inggris kalian semakin lancar dan tentunya kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris pasti terasah dan meningkat. Kalian bisa mempraktekkannya dengan teman ataupun sanak saudara kalian di rumah. Good luck, yah!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

 

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA SEKARANG[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment