fbpx

Penggunaan Kata “Yet”

Gede Murta

Kata “yet” sering kita temukan penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris terutama saat belajar grammar. Kata “yet” memiliki beberapa arti seperi belum, namun, tetapi dan biasa digunakan dalam kalimat tanya ataupun kalimat negative untuk membicarakan tentang sesuatu hal yang kita harapkan terjadi, namun belum terjadi. Penggunaan kata “yet” bisa jadi membingungkan jika kita tidak tahu cara penggunaannya dengan pasti. Agar kalian tidak bingung lagi dan bisa menggunakannya dengan benar, berikut beberapa cara penggunaan kata “yet”.

1. “Yet” dalam conversation umum

Kata “yet” sering digunakan dan diucapkan atau kita dengar dalam obrolan sehari-hari.  Contohnya seperti berikut:

  • Have you seen Natasha yet? (Apakah kamu sudah melihat Natasha atau belum?).
  • No, I haven’t seen Natasha yet. (Tidak, aku belum melihatnya).

Atau bisa juga dijawab dalam bentuk singkat seperti berikut:

  • Have you seen Natasha yet? (Apakah kamu sudah melihat Natasha atau belum?)
  • Not yet (Belum).

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

2. “Yet” sebagai conjunction (kata penghubung)

Kata “yet” juga bisa digunakan sebagai kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa, ataupun klausa. Contohnya sebagai berikut:

  • She never study hard, yet she always get the high score. (Dia tidak pernah belajar dengan giat, tapi dia selalu mendapatkan nilai tinggi).
  • I always eat healthy food, yet I get sick easily. (Aku selalu makan makanan sehat, tapi aku mudah sakit).

Jika diperhatikan, kata “yet” disini berarti “tapi” dikarenakan kata “yet” boleh dikatakan juga merupakan sinonim dari kata “but”. Namun, kata “yet” lebih mengarah kepada perbandingan antara dua frasa atau klausa yang berlawanan.

Baca Juga:

3. “Yet” dalam formal English

Untuk konteks formal, kata “yet” tidak diletakkan di belakang kalimat melainkan diletakkan setelah verb (kata kerja). Dalam konteks formal, kita menambahkan kata “to” setelah kata “yet”. Penggunaan ini digunakan untuk mengatakan sesuatu yang belum terjadi namun sudah dilakukan, terutama ketika kita berpikir bahwa sesuatu itu harusnya sudah dilakukan.

  • The Director of this company has yet to make a formal announcement. (Direktur dari perusahaan ini belum membuat pengumuman resmi).
  • We have yet to speak to the manager of this project. (Kita belum bicara dengan manajer dari proyek ini)

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment