fbpx

Menambahkan Imbuhan “ING”

Gede Murta

Untuk kamu yang masih belajar bahasa Inggris pada tingkat awal (Beginner), kata kerja dengan imbuhan Ing atau kata kerja yang berakhiran Ing terlihat simple dan mudah, tapi pernah ga sih kamu perhatikan, kenapa kata berikut tidak sama?:

RUN                      RUNNING

OPEN                     OPENING

TAKE                     TAKING

Nah, ga segampang itu bukan untuk menambahkan imbuhan ING pada kata – kata dalam bahasa Inggris. Apa yang menyebabkan kata-kata tersebut berbeda? antara Run, Open, dan Take, mengapa Run menjadi Running (dengan double “N”), sedangkan kata Open hanya mendapatkan imbuhan “ING”, dan tidak dengan double “N” dan Take, mengapa Take tidak menjadi TAKEING saja? Nah, mau tahu cara jelasnya seperti apa, berikut penjelasan penggunaan imbuhan ing secara detail.

Verb Ing

  • Ketika kata kerja (Verb) diakhir oleh huruf “KonsonanVokalKonsonan” dan ketika kamu mengucapkan dengan “TEKANAN” saat mengucapkannya, pada kata tersebutlah ditambahkan dengan double huruf pada akhir kata. Untuk penekanan kata diberi tanda garis bawa pada setiap kata. Perhatikan contoh di bawah ini:
put=>putt + ing=>putting
swim=>swimm + ing=>swimming
plan=>plann + ing=>planning
begin=>beginn + ing=>beginning
  • Tetapi jika kita tidak memberi tekanan pada kata tersebut, maka tidak adanya penambahan double kata pada akhir kata. Coba perhatikan contoh di bawah ini
open=>open + ing=>opening
eat=>eat + ing=>eating
draw=>draw + ing=>drawing      
  • Jika kata kerja yang diakhiri dengan huruf “e

Ketika sebuah kata kerja diakhiri dengan huruf “e”, maka pertama kita harus menghilangkan dan hanya menambah imbugan “ing” saja.

Pada contoh di bawah ini, huruf “e” menggunakan warna merah.

come=>com + ing=>coming
prepare=>prepar + ing=>preparing
live=>liv + ing=>living
joke=>jok + ing=>joking
  • Jika kata kerja yang diakhiri dengan huruf “ie

Ketika sebuah kata kerja diakhiri dengan huruf “ie”, maka “ie” akan berubah menjadi huruf “y” dan langsung tambahkan “ing

lie=>ly + ing=>lying
die=>dy + ing=>Dying
tie=>ty + ing => Tying

Bagaimana? Sudah paham perbedaannya? Sekarang yang rumit bias jadi simple kan?

Itu dia contoh – contoh penambahan imbuhan ing yang baik dan benar. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

Leave a Comment