fbpx

Hambatan Belajar Bahasa Inggris

Gede Murta

Kalian masih menyebut diri kalian tidak bisa berbahasa Inggris? Mungkin perlu diralat pernyataan tersebut. Pada dasarnya, setiap orang yang pernah mengikuti pelajaran dasar bahasa Inggris di kelas SD, SMP, SMA bahkan kuliah, atau orang yang tidak pernah belajar namun tahu beberapa kosakata, kalian disebut bisa berbahasa Inggris. Beda halnya dengan orang yang tidak bisa bahasa Inggris sama sekali. Mereka tidak pernah belajar atau kenal satupun kosakata, sehingga kalau diajak ngobrol, dia sama sekali tidak mengerti.  Nah, masalahnya, mereka yang per­nah bela­jar bahasa ing­gris sejak SD atau SMP dan hingga saat ini masih belum bisa lancar meng­gu­nakan bahasa Ing­gris, ten­tunya bisa jadi disebabkan oleh hambatan belajar bahasa Inggris atau faktor-faktor lainnya. Well, let’s check out apakah ada salah satu diantaranya yang menjadi alasan hambatan belajar Bahasa Inggris kalian.


Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Berikut beberapa hambatan belajar bahasa Inggris atau alasan kenapa orang-orang kurang berhasil dalam belajar bahasa Inggris. Apakah kalian merasa:

a. Bingung harus jawab apa ketika ditanya dalam bahasa Inggris
b. Tidak terbiasa dalam mengucapkan bahasa Inggris sehingga proses berbicara pun tersendat-sendat
c. Takut salah mengucapkan karena belum paham grammar dengan baik
d. Tidak PD/malu berbicara dengan orang yang lebih pintar atau native speaker
e. Kurangnya vocabulary/ kosa kata
f. Pengajarnya kurang pandai ketika menyampaikan materi/ membosankan
g. Tidak fokus belajar dalam satu kelas dengan banyak orang di dalamnya
h. Sulit mengucapkan karena cara baca bahasa Inggris yang berbeda

Baca juga:

i. Perlu waktu lama berpikir untuk men-translate apa yang ingin diucapkan
j. Susah memahami teks dalam bahasa Inggris
k. Susah ngomong apa yang sudah ada di kepala
l. Tidak ada pat­ner untuk berlatih
m. Merasa bahasa Ing­gris adalah pela­jaran yang sulit dan tidak menyukainya
n. Khawatir dalam mem­buat kesala­han
o. Mampu mema­hami namun tidak dapat mengutarakannya

Hambatan-hambatan yang bersumber dari diri kalian sendiri, seperti rasa takut atau malu dan tidak percaya diri, bisa diatasi dengan meninggikan keinginan kalian untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Ingat tujuan awal untuk belajar, misalnya saat ini kalian ditun­tut untuk studi ke luar negeri, mencapai karir yang bagus, punya teman bule yang banyak, liburan ke luar negeri, dan alasan lain yang bisa memotivasi kalian untuk terus menerus belajar.

Sementara itu, ada juga hambatan yang bersifat teknis, yang mem­bu­tuhkan pema­haman lebih jauh lagi hingga bisa berba­hasa Ing­gris seperti mengikuti kur­sus bahasa ing­gris atau berlatih berba­hasa inggris. All you need is PRACTICE. The more you practice, the experienced you’ll be.

Jadi, apa hambatanmu? 😉

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment