fbpx

Macam-macam Ketawa dalam bahasa Inggris

Gede Murta

“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang” begitulah bunyi pepatah yang sering kita dengar sampai sekarang atau mungkin jika kalian pernah dengar pernyataan “tertawalah sebelum kotak tertawamu kering”. Tertawa terbukti dapat menyehatkan jiwa dan raga seseorang. Hal tersebut sudah terbukti dari banyaknya penelitian yang telah membuktikannya.

Tidak cuma dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa inggris ada juga berbagai jenis tertawa. Nah, untuk mengetahuinya, yang pertama adalah perlu mengetahui kosakata-kosakata yang memiliki makna yang sama untuk menambah kosakata kita dalam bahasa Inggris. Misalnya, ketika kita ingin mempelajari sebuah kata baru, atau ingin menambah kosakata, tentu kita harus mengetahui persamaan kata tersebut. Contoh, kata pretty persamaan katanya adalah beautiful, attractive, elegant dan lain-lain.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas macam-macam ketawa dalam bahasa Inggris. Tertawa/ketawa dalam bahasa Inggris tidak hanya disebut sebagai laugh, tetapi ada banyak jenis ketawa lainnya. Apakah itu? Yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

Macam-macam ketawa dalam bahasa Inggris

Smirk = Slight, often fleeting upturning of the corners of the mouth, completely voluntary and controllable. (senyuman menyeringai)

Example: Adam smirked in his triumph after beating his enemy (Adam menyeringai penuh kemenangan setelah mengalahkan musuhnya)

macam ketawa dalam bahasa Inggris

 

Smile = Silent, voluntary and controllable, more perceptible than a smirk; begins to release endorphins. (senyuman lepas)

Example: My dad is smiling when he sees his granddaughter’s laugh (Ayah saya tersenyum saat melihat tawa cucunya)

macam ketawa dalam bahasa Inggriss

Grin = Silent, controllable but uses more facial muscles. (senyuman lebar/meringis)

Example: My sister is grinning hearing our father’s jokes (Kakak saya tersenyum mendengar lelucon ayah kami)

macam ketawa dalam bahasa Inggrisss

Snicker = the first emergence of sound with facial muscles but still controllable. (Tertawa terkekek-kekek/terkikik-kikik).

Example: My friend snickers at her enemy when her enemy is falling (Temen saya terkekek-kekek ketika musuhnya jatuh)

macam ketawa dalam bahasa Inggrissss

Giggle = Has a 50 percent chance of reversal to avoid a full laugh; the sound of giggling is amusing; efforts to suppress it tend to increase its strength. (Tertawa kecil atau tertawa genit)

Example: Anita’s son is giggling when I tempted him. (Anaknya Anita tertawa genit saat aku menggodanya)

Chuckle = Involves chest muscles with deeper pitch. (Tertawa cekikikan)

Example: Diandra gives a chuckle at her boss’s jokes. (Diandra tertawa kecil mendengar lelucon bosnya)

tawa

Chortle = originates even deeper in the chest and involves muscles of torso; usually provokes laughter others. (Tertawa besar kegirangan)

Example: Thomas shared his chortle when he saw his friend accidentally hit a trash can (Thomas terkekeh saat melihat temannya tak sengaja menabrak tong sampah)

Laugh = Involves facial and thoracic muscles as well as abdomen and extremities; the sound of barking or snorting. (tertawa)

Example: Watching comedy makes us laugh (Menonton komedi membuat kami tertawa)

Baca juga:

Cackle = First involuntary stage; pitch is higher and the body begins to rock, the spine extends and flexes, with an upturning of the head. (Tertawa cekikikan dengan nada tinggi di awal)

Example: A comedian on the television makes us cackle (Seorang komedian di televisi membuat kita terkekeh)

Guffaw = Full body response; feet stomp, arms wave, thighs slapped, torso rocks, the sound is deep and loud; may result in free-flowing of tears, increased heart rate, and breathlessness; strongest solitary laughter experience. (Tertawa terbahak-bahak)

Example: I hate when my friends give guffaw at me when I fall in front of my crush (Aku benci ketika teman-temanku menertawakanku saat aku jatuh di depan gebetanku)

Howl = Volume and pitch rise higher and higher and the body becomes more animated. (Tertawa/Teriakan panjang, nyaring dan mengerikan yang diucapkan seekor hewan seperti seekor anjing atau serigala)

Example: Why is your laugh like a wolf’s howl? (Mengapa tawamu seperti lolongan serigala?)

Shriek = Greater intensity than howl; a sense of helplessness and vulnerability. (Intensitas yang lebih besar dari lolongan)

Example: Your daughter’s shriek makes me surprised. (Tertawanya anak mu membuatku terkejut)

Roar = Lose individuality; i.e…, the audience roars! (Teriakan penuh, dalam, berkepanjangan yang diucapkan oleh singa atau binatang liar lainnya)

Example: Are you gonna hear me roar like a wolf? (Apakah kamu akan mendengarku tertawa mengaum seperti serigala?)

 

Nah itu dia macam-macam ketawa dalam bahasa Inggris. Jadi bagaimana guys, sudah menambah kosakata kalian kan? Jadi tertawa, tidak hanya berarti laugh ya. Selain melatih daya ingat dalam menghafal kosakata diatas, kalian juga bisa melatih kemampuan berbicara kalian, lho. Kalian bisa praktekkan kosakata-kosakata diatas ke dalam kalimat atau conversation sehari-hari. Dengan begitu, ilmu bahasa Inggrismu pasti meningkat dan terasah.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment